Butet Gagal Persembahkan Medali Emas Sebelum Gantung Raket

Owi/Butet meraih medali perunggu di Asian Games 2018

Jakarta, IDN Times - Atlet ganda campuran bulu tangkis Liliyana Natsir, gagal mewujudkan mimpinya untuk mempersembahkan medali emas di ajang Asian Games 2018, sebelum akhirnya gantung raket. Di babak semi final yang digelar di Istora Senayan, Minggu (26/8), Liliyana dan Tontowi Ahmad harus mengakui keunggulan pasangan ganda campuran asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. 

Pasangan ganda campuran yang akrab disapa Owi/Butet itu tunduk dalam dua gim langsung dengan skor 13-21, 18-21. Durasinya pun hanya 35 menit. Lalu, apa yang terjadi ke Owi/Butet? Padahal, mereka termasuk salah satu pasangan yang diharapkan bisa mempersembahkan emas di ajang bergengsi ini. 

1. Pasangan ganda campuran China dinilai lebih cepat dan punya tenaga lebih

Butet Gagal Persembahkan Medali Emas Sebelum Gantung RaketANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Liliyana menilai pasangan ganda campuran yang kini duduk di peringkat satu dunia itu jauh lebih cepat dan memiliki tenaga yang lebih. 

"Dari keseluruhan permainan, mereka memang bermain lebih cepat dan mainnya memang bagus hari ini," ujar Tontowi mengomentari alur permainannya pada malam ini. 

Situasi semakin memburuk, kata Liliyana, karena selisih skor begitu jauh. Beda halnya kalau selisih skor tidak begitu jauh. 

"Kalau skornya mepet-mepet, mungkin kita bisa adu mental ya. Sementara, tadi kita ketinggalan poinnya terlalu jauh, jadi untuk menyamakan poin agak sulit dan mereka pasti semakin percaya diri," kata Liliyana. 

Baca Juga: Ucapan Pamit Butet Usai Memenangi Indonesia Open yang Bikin Haru

2. Owi/Butet mengaku sudah bermain all out di babak semi final

Butet Gagal Persembahkan Medali Emas Sebelum Gantung Raketbwfworldtour.com

Menurut Tontowi, kendati mereka takluk dari pasangan ganda campuran China, tetapi keduanya mengaku sudah bermain all out. Itu juga nasihat yang disampaikan oleh sang pelatih ke keduanya. 

"Memang hasilnya kurang memuaskan, tetapi kami sudah berupaya semaksimal mungkin. Pasangan China memang bermain baik. Kami akui, kami kalah 'power' dan 'speed'," tutur Butet seperti dikutip dari Antara pada Minggu (26/8). 

Padahal, di babak kedua, Owi/Butet sempat menunda pasangan China untuk mencapai match point. Tetapi, setelah smash dari Zheng tidak mampu untuk dikembalikan oleh pasangan Indonesia, mereka pun memperoleh tiket ke babak final. 

3. Butet sempat dilobi agar memperpanjang karier hingga Olimpiade 2020

Butet Gagal Persembahkan Medali Emas Sebelum Gantung Raket(Pasangan ganda campuran unggulan Indonesia Ow/Butet) www.instagram.com/@natsirliliyana

Rupanya keputusan Butet untuk gantung raket di awal tahun 2019 sudah semakin mantap. Walaupun, rekannya Owi sempat merasa berat. Sebab, keduanya sudah saling klop lantaran sudah berpasangan selama 9 tahun. 

"Apa pun keputusan Butet, saya tetap menghargai. Setelah Butet, mungkin saya akan berpasangan dengan yang baru dan pasti akan lebih berat lagi. Sebab, bersama Butet sudah 9 tahun, butuh adaptasi lagi dengan yang baru," kata Owi yang ditemui pada Indonesia Kaya Galeri, Grand Indonesia pada (11/7) lalu. 

Proses adaptasi itu antara lain terkait teknik dan kemampuan. Sementara, Butet sebenarnya telah berpikir untuk menggantung raket sejak Olimpiade Rio tahun 2016 lalu. Namun, usai berdiskusi dengan pelatih, orang tua dan Owi, ia akhirnya memperpanjang kariernya selama dua tahun. 

"Kami masih ingin melengkapi gelar di Asian Games," kata Butet. 

Tetapi, tidak demikian dari PB Djarum, tempatnya bernaung selama ini. Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, mengatakan akan tetap meminta Butet untuk bertahan. Paling tidak hingga Olimpiade 2020. 

"Bonusnya nanti akan ditingkatkan lagi supaya Butet tetap mau main hingga Olimpiade," kata Yoppy di tempat yang sama. 

Walau begitu, ia tetap menyerahkan keputusan akhirnya kepada pelatih dan Butet. Ia mengaku akan terus bernegosiasi. 

"Masalah berhasil atau tidak, itu nomor dua. Kami akan tetap bernegosiasi tidak hanya ke atlet, tetapi semuanya," kata dia lagi. 

Kira-kira, Butet akan menunda waktu untuk gantung raket tidak ya, guys? 

Baca Juga: Digadang-Gadang Jadi Penerus Owi/Butet, Ini Kata Hafiz Faizal

Topik:

Berita Terkini Lainnya