Penuh Haru, Pemakaman Haringga Sirilla Diwarnai Tangis Ibunda 

Haringga tewas dikeroyok oleh oknum Bobotoh di Bandung

Jakarta, IDN Times - Isak tangis Mirah, ibunda almarhum Haringga Sirila tak berhenti sejak jenazah putra kesayangannya tiba di rumah duka. Pemuda berusia 23 tahun itu tewas dikeroyok ketika akan menyaksikan pertandingan sepak bola tim Persib Bandung kontra Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat pada Minggu (23/9). 

Menurut keterangan polisi, Haringga tewas akibat luka dari benda tumpul yang dipukul di bagian kepala. Pelaku pengeroyokan diketahui memang menggunakan balok kayu dan menghantamnya berkali-kali ke kepala Haringga. 

Jasad Haringga akhirnya dimakamkan di TPU Blok Jembatan, Desa Kebulen Kecamatan Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat pada Senin (24/9). Proses pemakaman itu dipimpin langsung oleh Wakapolres Indramayu Kompol Ricardo Condrat Yusuf. 

Lalu, apa harapan keluarga terhadap pelaku pengeroyokan yang telah mencabut nyawa anaknya?

1. Ibunda Haringga meminta agar pelaku pengeroyokan dihukum berat

Penuh Haru, Pemakaman Haringga Sirilla Diwarnai Tangis Ibunda (Pemakaman Haringga Sirla di Indramayu) ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Kepada media, Ibunda Haringga, Mirah, berharap kepada polisi agar pelaku pengeroyokan segera ditangkap dan dijatuhi hukuman seberat-beratnya. 

"Pokoknya, jangan sampai ada satu pun yang lolos. Semuanya harus dihukum setimpal," ujar Mirah di kediaman keluarga besarnya pada Senin (24/9). 

Menurutnya, apa yang diterima oleh Haringga sudah benar-benar di luar batas kewajaran. Dari video yang beredar di media sosial, Haringga dipukul berulang kali dengan menggunakan balok kayu. Wajahnya berlumuran darah. 

"Anak saya dipukul kepalanya hingga luka," tutur Mirah sambil menghapus air matanya. 

Baca Juga: Cerita Sang Kakak Soal Haringga, Suporter Persija yang Tewas Dikeroyok

2. Ayah Haringga berharap agar pelaku dihukum mati

Penuh Haru, Pemakaman Haringga Sirilla Diwarnai Tangis Ibunda (Jasad Haringga Sirla dimakamkan di Indramayu) ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Sementara, ayah Haringga, Siloam menginginkan agar semua pelaku yang menghabisi nyawa putranya dihukum mati. Ia berharap hukum bisa ditegakan. 

"Kalau saya (berharap) pelaku dihukum mati semua," ujar Siloam. 

Baik Siloam dan Mirah mengetahui putranya menjadi korban pengeroyokan dari media sosial. Informasi itu diperoleh kerabatnya yang menyaksikan adanya video pengeroyokan Haringga yang viral di grup The Jakmania Bogor pada Minggu kemarin. 

"Dia (kerabat) bilang, itu saudara saya dipukuli, langsung laporan ke saya," ujar Mirah di kediaman rumah keluarga besar di Indramayu. 

Informasi serupa kemudian disampaikan oleh Ketua RW di kediaman Mirah di area Cengkareng. 

3. Haringga menjadi korban tewas ketujuh yang dikeroyok oleh oknum suporter

Penuh Haru, Pemakaman Haringga Sirilla Diwarnai Tangis Ibunda (Ilustrasi pengeroyokan) IDN Times/Sukma Shakti

Haringga bukan lah korban pengeroyokan pertama yang tewas ketika akan menyaksikan laga Persija kontra Persib. Dalam catatan komunitas Save Our Soccer, Haringga menjadi korban tewas ketujuh. Tiga di antaranya adalah suporter Persija, termasuk Haringga. Sisa empat di antaranya adalah suporter Persib. 

Detailnya yakni sebagai berikut sesuai keterangan tertulis yang diunggah di media: 

  • 27 Mei 2012 

Rangga Cipta Nugraha (22 tahun), Bobotoh, Persija VS Persib tusukan senjata tajam 

  • 27 Mei 2012

Lazuardi (29 tahun), Bobotoh, Persija VS Persib pengeroyokan

  • 27 Mei 2012

Dani Maulana (17 tahun), Bobotoh, Persija VS Persib pengeroyokan

  • 6 November 2016

Gilang (24 tahun), Jakmania, jatuh dari kendaraan usai menyaksikan pertandingan Persija VS Persib di Stadion Manahan, Solo

  • 6 November 2016

Harun Al Rasyid Lestaluhu (30 tahun), Jakmania, tewas usai dikeroyok di Tol Palimanan Cirebon usai menyaksikan Persija VS Persib 

  • 22 Juli 2017

Ricko Andrean, Bobotoh, tewas usai dikeroyok oleh oknum Bobotoh sendiri di Stadion GBLA

Baca Juga: Begini Kronologi Pengeroyokan Suporter Persija Hingga Tewas

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya