Comeback Ajaib Charles Oliveira Demi Isi Tahta Kosong Khabib

Charles Oliveira tampil begitu luar biasa

Jakarta, IDN Times - Charles Oliveira jadi penguasa baru di kelas ringan Ultimate Fighting Championship. Dia merebut sabuk juara kelas ringan usai mengalahkan Michael Chandler dalam UFC 262, Minggu siang WIB (16/5/2021) di Toyota Center, Texas.

Penampilan Oliveira begitu luar biasa dalam duel ini. Sempat terdesak, Oliveira melakukan comeback ajaib dan akhirnya menang KO atas Chandler.

1. Sempat jadi sasaran empuk lawan

Status Oliveira di duel melawan Chandler sejatinya merupakan underdog. Berbekal kemenangan luar biasa atas Tony Ferguson, Oliveira tak dianggap sebagai favorit saat harus hadapi Chandler, yang merupakan mantan juara Bellator.

Ronde pertama, Chandler membuktikan kalau status underdog yang disandang Oliveira benar adanya. The Iron membuat Oliveira jadi target berjalan.

Rentetan pukulannya sukses menyudutkan Oliveira. Dalam momen itu, Do Bronxs sempat terkapar dan dihujani pukulan bertubi-tubi oleh Chandler. Namun, Oliveira bisa bertahan hingga bel ronde pertama berbunyi.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Kisah Inspiratif Gangster Insaf Jadi Bintang UFC

2. Celah kecil jadi momentum kebangkitan Oliveira

Comeback Ajaib Charles Oliveira Demi Isi Tahta Kosong KhabibInstagram @charlesdobronx / Aksi juara baru kelas ringan UFC, Charles Oliveira, saat hajar Michael Chandler

Momentum buat Oliveira bangkit ada di ronde kedua. Sejak bel pertandingan dibunyikan, Oliveira langsung tancap gas.

Dia mengubah strateginya. Jika dalam ronde pertama fokus mengajak Chandler bertarung di bawah, Oliveira justru mau berduel atas.

Tanpa ragu, Oliveira meladeni adu pukulan dengan Chandler. Hingga akhirnya, ada momentum bagi Oliveira melepaskan hook kiri ke rahang Chandler.

Seketika, Chandler terkapar. Kali ini, Oliveira yang menghujami Chandler pukulan.

Meski sempat bertahan, Chandler pada akhirnya tak kuat. Dia tumbang setelah menerima hook kiri keras untuk kali kedua di rahang kanannya.

3. Mengaku sengsara lawan Chandler

Comeback Ajaib Charles Oliveira Demi Isi Tahta Kosong KhabibInstagram @charlesdobronx / Aksi juara kelas ringan UFC, Charles Oliveira, saat menghajar Michael Chandler

Usai laga, dalam sesi konferensi pers virtual, Oliveira mengakui ketangguhan Chandler. Dia merasa Chandler merupakan monster baru di kelas ringan UFC.

Sebelum duel pun, Oliveira sudah sadar reputasi Chandler yang mengerikan di pentas mixed martial arts profesional.

"Pria ini benar-benar monster dan layak mendapat rasa hormat dari seluruh dunia. Saya juga menghormati seorang Michael Chandler, pria tangguh di divisi ini. Pastinya, akan sulit mempertahankan sabuk ini," kata Oliveira.

Saat berduel, Oliveira juga merasa begitu kesulitan menghadapi Chandler. Secara teknik, baik dalam urusan submission dan striking, menurut Oliveira, Chandler terbilang mumpuni.

Persaingan di kelas ringan, menurut Oliveira, akan lebih sulit. Selain munculnya Chandler, petarung seperti Dustin Poirier, Justin Gaethje, hingga Conor McGregor, masih menjadi ancaman nyata buat Oliveira.

"Gila, dia bikin saya terperangkap dengan teknik guillotine choke. Saya tak mau menyerah, meski hampir pingsan. Saya lakukan penyesuaian, dia melepaskan dan mengajak tarung di atas. Tapi, dia menghukum saya," terang Oliveira.

"Saat jeda, saya cuma beristirahat dan mencoba tenang, tarik napas. Hingga akhirnya saya bangkit. Sadar tangan ini berat dan punya kekuatan besar, saya lepaskan dan bikin dia jatuh," lanjutnya.

Baca Juga: [BREAKING] Duel Ajaib UFC Temukan Pengganti Khabib Nurmagomedov

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya