Comeback Inspiratif, Lolos ke Olimpiade 2020 Usai Sembuh dari Leukemia

Rikako Ikee memang wonderkid Jepang

Jakarta, IDN Times - Kisah inspiratif datang dari perenang wanita Jepang, Rikako Ikee. Atlet yang dijuluki anak ajaib Jepang itu, lolos ke Olimpiade 2020, Tokyo, setelah sembuh dari leukemia.

Ya, Ikee sempat didiagnosis leukemia pasca ikut serta di Asian Games 2018, Jakarta-Palembang. Setelah menyabet gelar most valuable player alias atlet terbaik di Asian Games 2018, Ikee jatuh sakit.

Selama 10 bulan, dia harus menjalani perawatan di rumah sakit. Ikee juga harus terapi selama hampir setahun. Baru pada akhir 2020 lalu, Ikee kembali ke kolam renang.

Puncaknya adalah pada Minggu (4/4/2021) Ikee berhasil mengamankan satu tempat di Olimpiade 2020, lewat sesi uji coba.

Baca Juga: MVP Asian Games 2018, Rikako Ikee, Didiagnosis Terkena Leukimia

1. Finis di bawah 58 detik

Comeback Inspiratif, Lolos ke Olimpiade 2020 Usai Sembuh dari Leukemia“The Center Lane” film from SK-II STUDIO (YouTube/SK-II)

Ikee mencatatkan waktu 57,77 detik dalam nomor 100 meter gaya kupu-kupu di sesi tersebut. Dia menjadi yang terbaik, namun waktunya tak cukup untuk mengantarkan Ikee meraih tiket ke nomor individual.

Tapi, catatan waktu Ikee masih masuk untuk merebut tempat di nomor estafet putri, yang standar minimalnya adalah 57,92 detik.

2. Tak menyangka bisa lolos

Comeback Inspiratif, Lolos ke Olimpiade 2020 Usai Sembuh dari LeukemiaPerenang Jepang Rikako Ikee melambaikan tangan usai menjadi pemenang final 50 meter Gaya Bebas Putri Asian Games ke-18 Tahun 2018) ANTARA FOTO/INASGOC/M Risyal

Bisa lolos ke Olimpiade, jadi momen paling haru bagi wanita 20 tahun tersebut. Dia mengaku tak menyangka bisa memenangkan nomor 100 meter gaya kupu-kupu.

Pikirannya kacau saat berada di sisi lintasan. Ikee merasa kepercayaan dirinya jauh lebih rendah ketimbang lima tahun lalu, saat baru promosi ke tim renang Jepang.

"Tapi, saya berusaha menang dan terus berkata, 'Saya kembali', lalu masuk ke lintasan. Saya tak menyangka bisa masuk ke semifinal. Saya kaget bisa finis di bawah 58 detik, atau waktu yang dibutuhkan buat masuk ke nomor estafet. Jadi, saya sangat senang," ujar Ikee dilansir SwimSwam.

3. Masih ada harapan tampil di nomor individu

Comeback Inspiratif, Lolos ke Olimpiade 2020 Usai Sembuh dari LeukemiaTwitter/@rikakoikee

Kelolosan ke Olimpiade 2020 membuat Ikee semakin percaya diri dalam menjalani hidupnya. Dia merasa, lolos ke Olimpiade pasca sembuh dari leukemia jadi kado terindah.

"Masa yang sulit, periode yang begitu melelahkan. Saya merasa, segalanya harus ada kado seperti yang sekarang diterima. Saya begitu bahagia, segalanya memberikan kepercayaan diri yang tinggi," ujar Ikee.

Masih ada harapan bagi Ikee tampil di nomor individual. Sebab, uji coba masih menyisakan nomor 50 dan 100 meter gaya bebas.

Baca Juga: Rikako Ikee Raih Gelar Most Valuable Player Asian Games 2018

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya