Cuaca Ekstrem MotoGP Qatar Jadi Musuh Besar Valentino Rossi

Suhu di sirkuit Losail terbilang ekstrem

Jakarta, IDN Times - Pembalap Petronas Yamaha, Valentino Rossi, merasa begitu antusias menghadapi balapan seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu 28 Maret 2021. Rossi merasa sudah semakin kuat dengan tunggangan barunya di Petronas Yamaha.

Keseimbangan motor telah ditemukan oleh Rossi. Hanya saja, racikan terbaik dari motornya belum ditemukan.

Namun, Rossi cukup percaya diri bisa bicara banyak di musim ini. Hasil di sesi latihan bebas pertama dan kedua, dengan Rossi ada di papan tengah, jadi modal kuat baginya.

"Saya sudah menemukan keseimbangan motor dan merasa begitu nyaman. Tapi, kami harus mengembangkan secuil detail dari motor ini," kata Rossi dilansir Crash.

Baca Juga: Cerdas dan Hangatnya Petronas Yamaha Bikin Rossi Girang

1. Pemilihan komposisi ban jadi krusial

Cuaca Ekstrem MotoGP Qatar Jadi Musuh Besar Valentino RossiInstagram/valeyellow46

Detail kecil yang dimaksud Rossi adalah soal pemilihan komposisi ban. Cuaca di Qatar, dijelaskan Rossi, terbilang ekstrem dalam dua hari belakangan.

Temperatur sedang tinggi dan membuatnya harus pintar-pintar mengatur ban. Dalam suhu yang begitu panas, memang ban menjadi cepat aus, memaksa pembalap untuk cermat dalam mengatur kecepatan serta momen pengereman.

"Pemilihan ban jadi yang krusial. Selama dua hari terakhir, cuaca begitu panas. Rencana semua orang berantakan. Tapi, mungkin minggu nanti tak sepanas ini. Selain itu, masalah sistem elektronik harus diperbaiki agar bisa mendongkrak tenaga motor," terang Rossi.

2. Ancaman angin kencang

Cuaca Ekstrem MotoGP Qatar Jadi Musuh Besar Valentino RossiGPone.com

Selain masalah cuaca, Rossi juga menyoroti angin kencang yang berembus di Losail. Kecepatan angin memang menentukan pula dalam balapan.

Para joki harus cermat membaca arah angin agar manuvernya di atas lintasan tak terganggu.

"Ya, anginnya begitu kuat. Cerita di balapan nanti juga akan ditentukan dari mana arah angin datang," jelas The Doctor.

3. Angin kencang bisa seret pasir ke lintasan

Cuaca Ekstrem MotoGP Qatar Jadi Musuh Besar Valentino Rossimotogp.com

Sudah cukup lama para pembalap MotoGP bermukim di Qatar. Mereka di sana sejak awal Maret 2021, demi melakoni sesi uji coba.

Tentunya, ini menjadi modal bagi mereka untuk beradaptasi dengan kondisi cuaca Qatar dan menyeimbangkan performanya di atas lintasan.

"Soal angin, pasir bisa terbawa karena kekuatannya yang luar biasa. Kalau itu terjadi, maka balapan akan menjadi gila. Namun, kami yakin di Minggu besok tak akan demikian," terang Rossi.

Baca Juga: Melempem di Pramusim, Rossi Kelewat Pede Hadapi MotoGP 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya