Djokovic Semprot Menteri Australia Usai Visa Dicabut

Djokovic kecewa tak dapat kesempatan untuk membela diri

Jakarta, IDN Times - Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, benar-benar marah ketika visanya dicabut oleh pemerintah Australia. Djokovic menyatakan sama sekali tak diberi kesempatan untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Menteri Imigrasi Australia, Alex Hawke, dengan tegas mencabut visa Djokovic atas berbagai alasan. Salah satunya adalah Djokovic belum mendapat vaksin COVID-19 dan berpotensi membahayakan penduduk Australia.

Selama ini, Djokovic memang dikenal sebagai salah satu atlet yang anti-vaksin COVID-19. Dia menentang vaksin COVID-19 karena dianggap belum ada bukti klinis terkait efek samping di masa mendatang. Hal ini ternyata berdampak buruk buat Djokovic saat harus menjalani ajang Australian Open.

Baca Juga: Novak Djokovic Luntang-lantung di Australia karena Wawancara

1. Dianggap tak rasional

Djokovic Semprot Menteri Australia Usai Visa Dicabutindependent.ie

Pengacara Djokovic menyatakan kalau keputusan Hawke sangat tak rasional. Sebab, Australian Open 2022, menurut mereka, menggunakan sistem bubble dan ada pengecualian terhadap atlet.

Mereka juga menilai kalau Hawke dan pemerintah Australia memaksakan kehendak supaya Djokovic menerima vaksinasi COVID-19.

"Keputusannya tak logis, irasional, atau tidak beralasan buat kementerian untuk mencabutnya atas sentimen anti-vaksin," begitu pernyataan pengacara Djokovic dilansir The Guardian.

2. Tak sepenuhnya anti-vaksin?

Djokovic Semprot Menteri Australia Usai Visa Dicabuttwitter.com/DjokerNole

Pengacara Djokovic juga menyatakan kalau kliennya tak sepenuhnya anti-vaksin COVID-19. Mereka sebenarnya berharap ada audiensi yang digelar terkait masalah ini dan pemerintah Australia bisa mendengar pandangan Djokovic.

"Tak ada bukti ketika kementerian menuding Djokovic memengaruhi orang-orang agar tak divaksinasi," lanjut pernyataan pengacara Djokovic.

Baca Juga: Visa Dibatalkan, Novak Djokovic Batal Tampil di Australian Open

3. Publik minta Djokovic sadar

Djokovic Semprot Menteri Australia Usai Visa Dicabutbleacherreport.com

Konsultan Hawke, Stephen Lloyd, kemudian merespons pernyataan dari Djokovic yang dilontarkan lewat pengacaranya. Menurut Lloyd, kalau Djokovic memang mau divaksinasi, seharusnya sudah menerimanya.

Status Djokovic yang merupakan bintang dunia, menurut Lloyd, cukup efektif buat memengaruhi orang terkait pandangan vaksin COVID-19. Maka dari itu, Lloyd menyatakan pemerintah harus menempatkan keselamatan warga Australia terlebih dulu.

The Joker sebenarnya juga sempat menerima kecaman dari sejumlah pihak di Australia. Publik Australia meminta Djokovic agar pulang, karena belum menerima vaksinasi COVID-19. Sikap Djokovic, mereka anggap, tak hormat karena sebanyak 90 persen warga Australia sudah menerima vaksin COVID-19.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya