Islam Makhachev, Petarung yang Bisa Kalahkan Khabib Nurmagomedov

Islam Makhachev punya segala macam atribut demi jadi juara

Jakarta, IDN Times - Khabib Nurmagomedov bukannya tak terkalahkan. Ternyata, ada satu petarung yang mampu membuat juara kelas ringan Ultimate Fighting Championship tersebut keok.

Islam Makhachev adalah orangnya. Menjadi rekan satu tim Khabib, Islam sangat sering bertarung melawannya di sesi latihan dan uji coba.

Pelatih Khabib, Javier Mendes, menyatakan Islam pernah mengalahkan Khabib di satu kesempatan.

"Dia menang sekitar satu ronde. Sudah sembilan tahun, Khabib bertarung tanpa terkalahkan, meski hanya dalam uji coba," ujar Mendes dikutip talkSPORT.

Baca Juga: Belum Menyerah, UFC Masih Rayu Khabib Nurmagomedov 

1. Pegulat terhebat UFC

Islam Makhachev, Petarung yang Bisa Kalahkan Khabib NurmagomedovInstagram @Islam_Makhachev / Petarung UFC, Islam Makhachev

Kemampuan luar biasa Islam juga diakui oleh salah satu petarung kelas menengah UFC, Darren Till. Menurutnya, Islam merupakan salah satu pegulat terhebat yang pernah ada di UFC.

Teknik gulatnya, disebutkan Till, tak bisa dipercaya. Tanpa harus mengeluarkan tenaga besar, Islam sudah bisa membuat lawannya tertekan, seperti yang dilakukannya terhadap Drew Dober di UFC 259.

"Kemungkinan, dia pegulat terbaik yang pernah saya lihat. Caranya menekan dari atas, luar biasa. Dia tak usah memukul, cuma menekan dengan bahu dan menyalurkan tenaganya, sudah cukup," terang Till.

2. Jalan masih panjang, tapi bisa jadi juara

Islam Makhachev, Petarung yang Bisa Kalahkan Khabib NurmagomedovInstagram @Islam_Makhachev / Islam Makhachev bersama Khabib Nurmagomedov

Namun, Till merasa jalan Islam untuk merangkak ke peringkat teratas di kelas ringan masih terlalu jauh.

Islam masih harus bersaing ketat dengan Charles Oliveira atau Dustin Poirier. Saat ini, keduanya menjadi yang paling menakutkan di kelas ringan, pasca Khabib menyatakan pensiun.

"Sekarang, memang mereka berdua yang menguasai kelas ringan. Saya penggemar berat Charles Oliveira. Tapi, Islam tentunya bisa jadi salah satu yang teratas, mungkin juara," ujar Till.

3. Lebih kuat dari raksasa 84 kilogram

Atribut pendukung Islam bukan hanya kemapanan teknik. Tenaga petarung 29 tahun tersebut begitu besar.

Bahkan, salah satu anggota timnya dari American Kickboxing Academy, Josh Thompson, menyatakan Islam lebih kuat dari pegulat yang bobotnya mencapai 84 kilogram.

"Fisik Islam sangat kuat. Ada seorang pegulat di AKA bernama Deron Winn. Dia petarung dengan bobot 84 kilogram, memiliki otot luar biasa dan fisik hebat. Tapi, Islam bisa mengalahkannya, meski beratnya cuma 70 kilogram," terang Thompson.

Baca Juga: Fakta Seram Khabib Nurmagomedov, Latihan Dikeroyok 8 Orang 

Topik:

  • Satria Permana
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya