Luca Marini Anggap Tikungan 6 dan 7 Sirkuit Mandalika Terbaik di Dunia

Luca Marini begitu terpukau dengan keindahan Mandalika

Jakarta, IDN Times - Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini, menyatakan Sirkuit Pertamina Mandalika memiliki salah satu bagian terbaik di dunia. Dua tikungan di Sirkuit Mandalika, dianggap Marini, jadi yang terbaik di dunia.

Bagi Marini, tikungan enam dan tujuh merupakan yang terbaik di dunia. Pemandangan yang disajikan tikungan enam dan tujuh di Sirkuit Mandalika, membuat semuanya menjadi sempurna.

"Tikungan enam dan tujuh merupakan yang terbaik di dunia. Itu luar biasa. Saya sangat menikmatinya di setiap putaran. Saya rasa, trek ini jadi salah satu terbaik dalam satu musim kalender nanti," ujar Marini dilansir Crash.

1. Harus berbenah

Luca Marini Anggap Tikungan 6 dan 7 Sirkuit Mandalika Terbaik di DuniaLuca Marini saat tes pramusim di Jerez (motogp.com)

Tapi, Marini mengakui kalau pengelola Sirkuit Mandalika harus berbenah. Kebersihan trek harus dijaga.

Sebab, selama masa pramusim, dia merasa kesulitan akibat banyaknya kerikil yang berserakan di lintasan. Manuvernya juga jadi terbatas akibat kondisi tersebut.

"Harusnya lebih bersih. Sebab, jika kami menyalip dan kebetulan harus melewati sisi kotor, maka pasti sulit menghentikan motor. Itu sangat berbahaya. Jadi sudut yang tercipta begitu sempit," kata Marini.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang Jelang MotoGP Indonesia

2. Sirkuit Mandalika berbenah

Luca Marini Anggap Tikungan 6 dan 7 Sirkuit Mandalika Terbaik di DuniaPembalap Tim Ducati keluar dari paddock menuju lintasan Sirkuit Mandalika pada tes pramusim hari pertama, Jumat (11/2/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Semua masukan pembalap sejatinya sudah ditampung dan diterima oleh ITDC serta MGPA. Mereka akan melakukan perbaikan jelang seri Mandalika digelar pada 18 hingga 20 Maret 2022 mendatang.

Pengaspalan ulang akan dilakukan. Selain itu, sirkuit akan dibersihkan secara berkala oleh pengelola.

3. Izinkan mobil dan motor masuk

Luca Marini Anggap Tikungan 6 dan 7 Sirkuit Mandalika Terbaik di DuniaSirkuit Mandalika yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Motogp.com)

Tak cuma membersihkan sirkuit, ITDC dan MGPA akan menyiksa sirkuit dengan mengizinkan mobil atau motor masuk ke lintasan.

Mereka mengambil kebijakan tersebut sesuai dengan saran dari pembalap demi menciptakan cengkeraman aspal lebih kuat. Selain itu, tindakan ini diambil agar tercipta racing line yang lebih banyak.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya