Malu Banget Warganet +62, Aktor Inggris Disangka Wasit All England

Bahkan warganet sudah menyerang akun sang aktor, aduh

Jakarta, IDN Times - Insiden memalukan baru saja terjadi dan melibatkan warganet Indonesia alias negara +62. Karena tersulut emosi dan salah mengenali orang, mereka salah target dalam melancarkan makian.

Emosi warganet +62 masih begitu tinggi pasca tim All England Indonesia dipaksa WO. Mereka masih membombardir akun BWF dengan kata-kata yang kasar.

Baca Juga: Deretan Fakta Aneh Indonesia Dipaksa Mundur dari All England

1. Aduh, warganet blunder

Namun, ada satu blunder yang dilakukan warganet +62. Mereka sempat menyerang aktor sekaligus komedian Inggris, Stephen Fry.

Awalnya, ada akun instagram yang menyebutkan kalau Fry merupakan wasit pertandingan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melawan ganda Inggris, Ben Lane/Sean Vendy.

Dalam pertandingan itu, hakim servisnya berasal dari Inggris pula. Fenomena ini sudah disoroti oleh hampir semua tim Indonesia dan memang sangat aneh. Praveen Jordan yang paling keras menyuarakan kritik terhadap hal ini.

Warganet juga sempat menyoroti hal tersebut dan menyerang BWF hingga akun instagram All England dengan isu ini.

Tapi, warganet +62 melakukan blunder. Saat ada yang mengunggah foto Fry dan menyebutnya sebagai hakim servis di duel Hendra/Ahsan, langsung saja serbuan dilancarkan, tanpa adanya konfirmasi. Aduh aduuuuuh....

2. Sang akun pemicu sadar akan kesalahannya, warganet +62 langsung minta maaf

Belakangan, warganet +62 menyadari kesalahannya. Mereka ramai-ramai minta maaf kepada Fry. Kocaknya, banyak yang meminta maaf dengan bahasa Indonesia kepada Fry.

"Pa moon maap salah alamat pa," begitu komentar salah satu warganet

Akun @ina_badminton yang pertama kali memasang foto Fry, juga meminta maaf kepadanya.

"Kami minta maaf atas kesalahan yang dibuat, banyak ujaran kebencian yang bertebaran di akun Anda. Kami tak bermaksud demikian. Mohon maaf sedalam-dalamnya," begitu pernyataan resmi @ina_badminton di kolom komentar Fry.

Di sisi lain, ada warganet +62 pula yang menyerbut @ina_badminton. "Tanggung jawab lu!" tulisnya.

3. Jadi pelajaran agar lebih bijak di media sosial

Malu Banget Warganet +62, Aktor Inggris Disangka Wasit All Englandthesoftwarereport.com

Insiden ini layak jadi pelajaran bagi warganet +62 untuk bersikap lebih sopan di media sosial. Mereka juga harus cek fakta terkait berbagai berita yang bertebaran di media sosial.

Survei sempat digelar oleh Microsoft terkait tingkat kesopanan warganet Indonesia. Dari hasil survei mereka, dalam laporan Digital Civility Index, warganet Indonesia menempati posisi 29 dari 32 negara dengan tingkat kesopanan pengguna internet paling rendah.

Dengan hasil itu, Indonesia ada di tingkat terendah tentang kesopanan pengguna di internet dibanding seluruh negara Asia Tenggara.

Jadi, cek fakta dulu ya wahai warganet, jangan langsung main serbu saja.

Baca Juga: Dipaksa WO dari All England, Tim Indonesia Rugi Rp2,8 M

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya