Mimpi Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Nyaris Pupus

IOC sudah memiliki jagoan tuan rumah Olimpiade 2032

Jakarta, IDN Times - Ambisi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 terancam pupus. Komite Olimpiade Internasional (IOC) terlihat lebih menjagokan Australia sebagai tuan rumah.

Indonesia memang harus bersaing dengan beberapa negara demi menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Selain Australia, Indonesia juga bersaing dengan Qatar, Hungaria, China, dan Jerman.

Baca Juga: Olimpian Hebat Jepang Jadi Presiden Olimpiade Tokyo 2020

1. Posisi Australia begitu kuat

Mimpi Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Nyaris Pupus(Presiden Komite Olimpiade Internasional IOC Thomas Bach) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Presiden IOC, Thomas Bach, yang mengungkapkan posisi Australia sudah begitu kuat dalam persaingan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Kenangan manis terhadap penyelenggaran Olimpiade Sydney di 2000 silam, menjadi acuan bagi IOC untuk berpihak kepada Australia.

"Kesuksesan di Olimpiade Sydney, pada 2000 silam, membuat kami yakin adanya dukungan publik. Kami memutuskan untuk membawa siklus 32 tahun untuk didiskusikan lebih lanjut," kata Bach dikutip Standard.

2. Australia didukung prestasi atlet

Mimpi Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Nyaris PupusIlustrasi medali untuk Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Tokyo2020.org

Kekuatan atlet Australia yang meningkat dalam beberapa dekade terakhir, menjadi alasan lain bagi IOC. Bach merasa, tuan rumah juga harus memiliki kapabilitas untuk menjadi contoh publik dalam segi pestasi.

"Kami menyadari, kekuatan tim Australia dan atlet lainnya dari kawasan Oceania, meningkat dalam beberapa edisi Olimpiade terakhir," ujar Bach.

3. Berpusat di Brisbane

Mimpi Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Nyaris Pupusstudentone.com/

Queensland merupakan negara bagian Australia yang akan jadi tuan rumah Olimpiade 2032. Sementara, Brisbane akan menjadi pusat dari pesta olahraga termegah dunia tersebut.

Pihak IOC ternyata sudah melakoni dialog yang terarah dengan pemerintah serta Komite Olimpiade Australia, terkait rencana tersebut.

Surat rekomendasi dari IOC, terkait penunjukkan Brisbane sebagai host city, kini tinggal menunggu waktu.

Baca Juga: Demi Kualifikasi Olimpiade, Gloria Legawa Gagal Tampil di All England

Topik:

  • Satria Permana
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya