Comscore Tracker

Mirip Mike Tyson, Petinju Mau Gigit Lawan di Olimpiade Tokyo

Aksi sang petinju di #Tokyo2020 begitu memalukan

Jakarta, IDN Times - Insiden gigit kuping duel Mike Tyson versus Evander Holyfield nyaris terulang dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020. Petinju asal Maroko, Youness Baalla, mencoba menggigit telinga lawannya, David Nyika.

Kejadian ini terjadi saat keduanya berduel di babak 16 besar kelas berat (81-91 kilogram), Selasa (27/7/2021). Nyika memang unggul jauh atas Baalla. Di akhir, skor mayoritas berpihak kepada Nyika dan akhirnya dinyatakan sebagai pemenang.

Baalla ternyata tak terima. Tiba-tiba, saat sedang berpelukan, dia hendak menggigit telinga Nyika.

1. Kalah secara tidak hormat

Insiden ini disadari oleh wasit dan juri. Meski Baalla sudah dipastikan tersingkir, tetap saja hukuman diberikan.

Karena aksinya yang tak sportif, Baalla dinyatakan tersingkir secara tidak hormat. Sikapnya yang tak sportif membuat Baalla dijatuhi hukuman diskualifikasi.

"Tindakannya tak bisa diterima karena berniat menggigit telinga atau wajah lawan di ronde tiga pertarungan," begitu pernyataan resmi #Tokyo2020 dikutip Al Araby.

Baca Juga: Ancaman Serius Wujudkan Duel Klasik Mike Tyson Vs Holyfield

2. Dua kali jadi korban gigitan

Nyika sadar dengan aksi Baalla. Ketika sedang berpelukan, Nyika sadar kalau telinganya hampir digigit oleh Baalla.

"Untungnya tak tergigit karena dia memakai pelindung gigi. Saya sudah pernah digigit di dada saat Gold Coast Commonwealth Games 2018 lalu. Tapi, ayolah kawan, ini Olimpiade," ujar Nyika.

3. Deja vu aksi Mike Tyson

Mirip Mike Tyson, Petinju Mau Gigit Lawan di Olimpiade Tokyodailyexpress.com

Aksi Baalla tentu mengingatkan kita akan aksi Tyson pada duel tinju melawan Holyfield jilid dua pada 28 Juni 1997. Kala itu, Tyson yang kesal dengan pergerakan kepala Holyfield, tiba-tiba melakukan tindakan mengejutkan.

Gigitan Tyson mulai terjadi kala ronde ketiga kontra Holyfield. Saat keduanya berada dalam posisi clinch, Tyson mulai terganggu. Dia kemudian menggigit telinga sang lawan.

Wasit Mills Lane kemudian menghentikan laga, hendak melihat kondisi telinga Holyfield. Kala itu, memang sudah ada luka di telinga Holyfield, namun dokter menyatakannya masih bisa berlaga.

Duel dilanjutkan, posisi clinch kembali tercipta. Tiba-tiba, Tyson kembali menggigit telinga kiri Holyfield. Kali ini, gigitannya menimbulkan luka yang cukup lebar. Lane kemudian menjatuhkan diskualifikasi untuk Tyson.

Gigitan Tyson itu hingga kini masih jadi bahan pembicaraan hangat di kalangan publik. Belakangan, Tyson mengaku emosi dengan pergerakan kepala Holyfield yang mengganggunya.

"Dia menanduk saya. Beberapa kali dia melakukannya, membuat saya kesal. Seharusnya tak seperti itu. Saya diprovokasi dan tak dilindungi. Wasit Mills Lane membiarkan tandukan itu. Dia tak bisa mengontrol situasi," kata Tyson dikutip BBC Sports.

Baca Juga: Sinyal Kuat Duel Legendaris Mike Tyson Vs Evander Holyfield Terulang

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya