Rafael Nadal Terdepak dari US Open 2022, Kalah dari Underdog

Nadal telan kekalahan perdana di Grand Slam pada 2022

Jakarta, IDN Times - Kejutan terjadi di US Open 2022. Rafael Nadal keok dalam duel melawan underdog asal Amerika Serikat, Frances Tiafoe dalam duel empat set, 6-4, 4-6, 6-4, dan 6-3, di USTA Billie Jean King National Tennis Center, Selasa (6/9/2022) pagi WIB.

Ini menjadi kekalahan perdana Nadal dalam ajang Grand Slam sepanjang 2022. Kekalahan ini, benar-benar di luar ekspektasi publik lantaran Nadal begitu diunggulkan.

1. Tiafoe banjir rekor

Rafael Nadal Terdepak dari US Open 2022, Kalah dari UnderdogPetenis Amerika Serikat, Frances Tiafoe (Instagram @BigFoe1998)

Tiafoe juga mencatatkan rekor di US Open. Dia merupakan pria Amerika pertama yang menembus perempat final US Open setelah John Isner pada 2018 silam. Dia juga menjadi petenis termuda yang mencapai fase tersebut sejak Andy Roddick di 2006.

Pun Tiafoe merupakan petenis Amerika pertama yang mengalahkan Nadal sejak James Blake pada 2005 silam. Tiafoe juga menghadiahkan Nadal kekalahan paling dini Nadal di US Open selama enam tahun terakhir.

Baca Juga: Nadal Ternyata Buat Marquez Tak Jadi Pensiun dari MotoGP

2. Tiafoe tak bisa bicara

Sukses mengalahkan Nadal, Tiafoe jadi agak gugup. Usai laga, dia mengaku tak bisa bicara banyak karena sukses mengalahkan salah satu bintang dunia.

"Bingung mau bicara apa, karena begitu bahagia. Bahkan, saya hampir menitikkan air mata. Saya tak percaya ini bisa terjadi. Saya menampilkan aksi yang luar biasa, tak percaya dengan apa yang terjadi," kata Tiafoe dikutip ATP Tour.

3. Kaki bak disemen

Rafael Nadal Terdepak dari US Open 2022, Kalah dari UnderdogPetenis Amerika Serikat, Frances Tiafoe (Instagram @BigFoe1998)

Sebenarnya, pria 24 tahun tersebut sempat gemetar ketika melawan Nadal. Kakinya kaku, bahkan disebutkannya seperti disemen.

Itu terjadi pada set keempat, ketika dia sudah unggul 40/0 dalam keunggulan 4-3. Ada perasaan dari Tiafoe, tak percaya kalau punya peluang mengalahkan Nadal.

"Ketika posisinya sudah 4-3 dan saya unggul 40/0, kaki ini rasanya seperti disemen. Saya cuma harus fokus dan berlaga. Kemudian, berdoa kepada Tuhan kalau saya belum siap untuk menerimanya. Saya begitu beruntung bisa melewati pertandingan ini. Hormat saya buat Nadal. Saya akhirnya bisa memenangkan laga ini di depan fans," ujar Tiafoe.

Baca Juga: Puja-puji Rafael Nadal untuk Roger Federer, Teman Tapi Saingan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya