Comscore Tracker

Skenario MotoGP Mandalika Bisa Digelar di 2021

Dorna Sports baru saja blusukan ke sirkuit Mandalika

Jakarta, IDN Times - Operator MotoGP, Dorna Sports, baru saja melakukan kunjungan ke sirkuit Mandalika yang masih dalam proses pembangunan. Kunjungan itu dilakukan pada Rabu (7/4/2021) kemarin.

Direktur Manajerial, Carlos Ezpeleta, datang langsung meninjau kondisi sirkuit Mandalika. Dia ditemani oleh dua pejabat teras lainnya, Loris Capirossi (Direktur Balap) dan Franco Uncini (Safety Officer FIM).

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo, menemani kunjungan ketiganya. Sekaligus, Bamsoet menjelaskan kalau sirkuit Mandalika sudah bisa digunakan pada Oktober 2021 mendatang.

Sebab, menurut Bamsoet, proses homologasi akan selesai pada Mei 2021 mendatang. Hingga, Juni 2021 sirkuit ini sudah bisa dipakai.

Baca Juga: Dorna Masih Gantung Nasib MotoGP Indonesia di Mandalika

1. Senasib dengan Portimao musim lalu

Skenario MotoGP Mandalika Bisa Digelar di 2021Foto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bicara soal peluang, Dorna sampai sekarang saja masih belum bisa memastikan. Ezpeleta mengaku masih harus memperhitungkan berbagai hal sebelum akhirnya memutuskan apakah sirkuit Mandalika dipakai di balapan kali ini.

Salah satu indikatornya adalah perkembangan situasi di MotoGP musim 2021.

Ezpeleta sejauh ini masih yakin, seluruh rangkaian MotoGP di Eropa berjalan sesuai rencana. Hingga, belum ada rencana cadangan yang diaktifkan untuk menggelar balapan tunda di Mandalika.

Ya, sampai sekarang status Mandalika masih cadangan. Sebenarnya, kondisi ini sempat dialami oleh Portimao pada musim lalu.

Ketika seri Argentina dan Austin ditunda, Portimao baru ditunjuk sebagai sirkuit utama. Pertimbangannya, tentu karena kesiapan infrastruktur dan kebijakan imigrasi Portugal di tengah pandemik COVID-19.

2. Pengerjaan infrastruktur harus dikebut

Skenario MotoGP Mandalika Bisa Digelar di 2021Pengaspalan Sirkuit Mandalika tahap pertama ditarget hingga akhir Maret 2021/dok. Humas ITDC

Sementara, infrastruktur Mandalika sampai sekarang juga belum siap 100 persen. Infrastruktur pendukung lainnya juga masih dikebut pengerjaannya.

Namun, kubu Indonesia tampak begitu yakin pada akhir semester pertama 2021, semua pengerjaan telah selesai. Andai itu benar-benar terjadi, maka Mandalika bisa saja menggelar MotoGP di 2021.

Tinggal, bagaimana kebijakan pemerintah Indonesia terkait proses masuk para pembalap di tengah pandemik COVID-19.

3. Bukan satu-satunya sirkuit cadangan MotoGP 2021

Skenario MotoGP Mandalika Bisa Digelar di 2021ANTARA/Ahmad Subaidi

Peluang Mandalika sebenarnya masih terbuka untuk menjadi pengganti seri Asia. Saat rangkaian Eropa hampir pasti berjalan sesuai rencana, seri di Jepang, Thailand, Australia, dan Malaysia, masih belum jelas.

Sorotan tentu ada di Jepang. Kasus COVID-19 belakangan melonjak lagi di sana. Sejumlah daerah bahkan tak mau menjadi tuan rumah pawai Olimpiade 2020, Tokyo, demi menekan angka penularan COVID-19.

Kalau ada salah satu di antara seri Asia yang batal, bisa saja Mandalika menggelar MotoGP musim ini. Tapi, Mandalika sebenarnya tak sendirian jadi sirkuit cadangan. Ternyata, ada sirkuit KymiRing, Finlandia, yang juga jadi serep di musim ini.

Baca Juga: Dorna Blusukan ke Lombok, Tinjau Proyek MotoGP Mandalika

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya