Comscore Tracker

Unggahan Jojo soal Bonus Piala Thomas Tuai Polemik, Menpora Bereaksi

Menpora Zainudin Amali akan jelaskan ke PBSI

Jakarta, IDN Times - Apresiasi alias bonus untuk anggota tim Piala Thomas saat ini tengah menjadi polemik, setelah sejumlah pemain melayangkan sentilan di media sosial masing-masing. Jonatan Christie paling disorot karena beberapa kali mengunggah konten terkait bonus yang seharusnya didapat anggota tim Piala Thomas Indonesia.

Salah satu unggahan Jonatan atau Jojo di akun Twitternya, @jonatan979, yakni ucapan terima kasih kepada pengusaha beras yang telah menyiapkan bonus bagi para pemenang tim Piala Thomas.

"Terima kasih Pak Billy atas "APRESIASI" yg sangat luar biasa ini Bahkan sudah cair langsung, dan gak perlu ada gimmick2," tulis Jojo.

Warganet pun ramai berkomentar menanggapi unggahan Jojo. Bahkan ada yang menyatakan kalau "Negara kalah dengan Pengusaha" terkait bonus Piala Thomas.

Hal tersebut menimbulkan polemik tersendiri. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, buka suara soal masalah ini.

Zainudin menyatakan, pihaknya tak bisa sembarangan mengeluarkan bonus. Apalagi, sebelumnya tak ditegaskan dalam aturan terkait pemberian bonus ini.

"Kami harus hati-hati karena ini uang negara. Memang, belum dijelaskan pula (soal bonus) terkait ajang seperti Piala Thomas. Namun, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikannya (untuk memberikan bonus). SK sudah ada di ruangan saya," kata Zainudin, Sabtu (4/12/2021)

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Usai Indonesia Juara Piala Thomas

1. Publik harus tahu

Unggahan Jojo soal Bonus Piala Thomas Tuai Polemik, Menpora BereaksiMenpora Zainuddin Amali dalam penyambutan kontingen Paralimpiade Tokyo 2020 Indonesia tiba di Tanah Air (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kemenpora mendapat hujatan terkait unggahan Jojo. Mereka menilai kalau Kemenpora tak peduli dengan atlet.

Zainudin juga mengomentari apa yang diungkapkan warganet. Bonus dari negara, ujar Zainudin, memiliki prosedur yang ketat dan harus jelas landasannya. Selain itu, bonus juga jadi salah satu sektor yang akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

"Jadi, prosesnya bukan seperti belanja di warung. Publik jangan salah tafsir kami tak menghargai, mereka harus tahu proses. Kalau salah, maka Kemenpora yang akan kena dampaknya," ujar Zainudin.

2. Mau jelaskan ke PBSI

Unggahan Jojo soal Bonus Piala Thomas Tuai Polemik, Menpora BereaksiMenteri Pemudan dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada acara Webinar Series Alumni Muda Universitas Padjadjaran, Kamis (10/6/2021) malam. (Dok. Kemenpora)

Terkait hal ini, Zainudin mengaku akan bicara dengan PBSI. Dia enggan berpolemik dan mengomentari unggahan Jojo lebih jauh.

Zainudin juga menyatakan kalau tak akan menegur sang atlet. Sebab, dia merasa hanya perlu menjelaskan perkara bonus ke PBSI.

"Saya tak tahu ada gejala apa (dengan atletnya). Kami akan jelaskan ke PBSI kenapa harus hati-hati soal bonus. Ya, kami cuma komunikasi ke PBSI," jelas Zainudin.

3. Bonus sudah pasti cair

Unggahan Jojo soal Bonus Piala Thomas Tuai Polemik, Menpora BereaksiDebutan di skuad Indonesia yang menangkan Piala Thomas 2020 (twitter.com/INABadminton)

Bonus terkait Piala Thomas sudah pasti cair. Ini memang instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

Bahkan, para anggota Tim Piala Thomas akan diundang ke Istana Negara dalam waktu dekat. Mereka akan diberi penghargaan Satya Lencana pula.

"Besaran bonusnya nanti. Kami gelar konpers lagi Selasa atau Rabu ya," kata Zainudin.

Baca Juga: Cedera, Anthony Ginting Sudah Rasakan Sakit Sejak Final Piala Thomas

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya