Comscore Tracker

Usai Pramusim Liga 1, Basket IBL Bakal Diberi Izin?

Menpora Zainudin Amali bakal fasilitasi izin IBL

Jakarta, IDN Times - Setelah turnamen pramusim Liga 1 bertajuk Piala Menpora 2021 diberikan izin, ada sinyal kompetisi di cabang olahraga lain juga menerima hal yang sama. Salah satu yang sedang diisukan bakal diberikan izin lagi adalah kompetisi Indonesian Basketball League atau IBL.

Hal tersebut makin nyata, ketika Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, membocorkannya kepada awak media, Jumat (19/2/2021).

Zainudin Amali menyatakan bakal bertemu dan menggelar rapat koordinasi lagi dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit pada Selasa 23 Februari 2021 mendatang.

Baca Juga: Jelang Piala Menpora, Arema FC Segera Mulai Latihan   

1. Tak sulit buat IBL

Usai Pramusim Liga 1, Basket IBL Bakal Diberi Izin?Simulasi IBL Musim 2021 (Dok. IBL)

Zainudin Amali menyatakan izin IBL tampaknya tak sulit dikeluarkan oleh kepolisian. Sebab, kompetisi basket lebih mudah diatur, karena hanya dalam lingkup kecil saja, tak seluas sepak bola.

"Selasa siang ada rapat koordinasi. Tak terlalu sulit karena satu tempat pertandingan. Jadi, semua pertandingan dipusatkan di satu tempat dan digelar indoor. Pemain juga di hotel yang sama," ujar Zainudin Amali.

2. Menunggu cabor lain

Usai Pramusim Liga 1, Basket IBL Bakal Diberi Izin?Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. IDN Times/Panji Galih Aksoro

Sejauh ini, menurut Zainudin Amali, baru PSSI dan Perbasi yang berjuang mengajukan izin kompetisi lewat Kemenpora. Zainudin Amali masih menantikan cabor-cabor lain untuk mengajukan hal serupa.

"Kita tunggu saja. Ini tanggung jawab kami juga. Setelah sepak bola dan basket, mungkin ada voli," kata Zainudin Amali.

3. Bukan intervensi, tapi tugas Menpora

Usai Pramusim Liga 1, Basket IBL Bakal Diberi Izin?Kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali ke Pelatnas PBSI bertemu Greysia Polii (IDN Times/PBSI)

Zainudin Amali meluruskan posisinya dalam kelolosan izin Piala Menpora 2021. Bukan intervensi terhadap kegiatan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru.

Namun, ditegaskan Zainudin Amali, memang hal ini menjadi tugasnya sebagai Menpora, jembatan antara cabor dengan pemangku jabatan lainnya.

"Sesuai Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional tahun 2005, sudah menjadi tugas kami, Kemenpora, dalam membantu cabor. Jadi, tak ada yang salah Menpora bantu cabor. Yang salah, kalau Menpora ikutan urusan ekspor-impor," terang Zainudin Amali.

4. Minta bantuan rakyat

Usai Pramusim Liga 1, Basket IBL Bakal Diberi Izin?Menpora Zainudin Amali (Dok.Humas Kemenpora)

Zainudin Amali juga berharap proses yang sedang dijalani PSSI, LIB, IBL, dan Perbasi, bisa didukung semua pihak.

Sebab, andai seluruhnya berjalan lancar, bisa jadi kompetisi olahraga nasional bergairah kembali di masa pandemi COVID-19. Tentunya, hal tersebut bisa terwujud jika protokol kesehatan ditaati sepanjang gelaran Piala Menpora 2021 dan IBL, termasuk tak adanya kerumunan suporter untuk nonton bareng hingga datang ke stadion.

Baca Juga: Piala Menpora Kunci Liga 1 Musim 2021/22

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya