Usai Serena Williams, Roger Federer Juga Putuskan Pensiun

Dua talenta terbaik tenis sudah gantung raket

Jakarta, IDN Times - Tenis dunia kembali kehilangan salah satu bintang besarnya. Usai Serena Williams yang memutuskan pensiun pasca US Open 2022, kali ini giliran Roger Federer yang melakukannya.

Federer secara resmi mengumumkan keputusan pensiun lewat rekaman suara dan surat terbuka yang diunggah melalui akun Twitter pribadinya, @rogerfederer.

Langkah ini diambil Federer, mengingat belakangan lebih sering berkutat dengan cedera dan operasi. Federer merasa, saat ini tubuhnya mulai mencapai batas dan sudah seharusnya pensiun.

"Saya sudah bekerja untuk bisa kembali ke level yang kompetitif. Namun, saya paham tubuh ini memiliki kapasitas dan batas. Saya sudah 41 tahun. Saya bermain lebih dari 1.500 pertandingan selama 24 tahun berkarier," ujar Federer.

1. Pekan depan jadi momen perpisahan Federer

Momen perpisahan akan digelar Federer dalam ajang Laver Cup pada pekan depan. Itu menjadi turnamen kelas ATP terakhir bagi pria Swiss tersebut.

Federer berjanji masih akan bermain tenis. Namun, dia tak akan berkiprah di kancah profesional.

"Keputusan pensiun menjadi yang paling pahit, karena saya akan merindukan segalanya. Namun, dalam waktu bersamaan, semua harus dirayakan. Saya merasa jadi paling beruntung di dunia, diberikan talenta spesial untuk bermain tenis, dan mencapai level di luar dugaan, bertahan lebih lama dari yang dibayangkan," kata Federer.

Baca Juga: Puja-puji Rafael Nadal untuk Roger Federer, Teman Tapi Saingan

2. Bertahan karena orang terdekat hingga fans

Usai Serena Williams, Roger Federer Juga Putuskan Pensiuntwitter.com/rogerfederer

Federer mengaku bisa bertahan di tenis dalam waktu lama atas dukungan dari sejumlah orang terdekatnya, baik istri, orang tua, hingga manajemennya. Pun, para rival juga menjadi salah satu yang bikin Federer bertahan lebih lama.

"Saya juga berterima kasih terhadap fans yang loyal. Anda tak akan pernah tahu bagaimana kekuatan dan kepercayaan diri yang saya dapat ketika mendengar teriakan. Tanpa kalian, kesuksesan ini akan terasa hampa," ujar Federer.

3. Salah satu petenis terbaik

Usai Serena Williams, Roger Federer Juga Putuskan PensiunRoger Federer (instagram.com/rogerfederer)

Harus diakui, Federer merupakan salah satu petenis terbaik yang pernah berkiprah di pentas profesional. Sebanyak 20 titel Grand Slam dia raih, dengan rincian enam dari Australian Open, satu French Open, delapan Wimbledon, dan empat US Open.

Secara keseluruhan, Federer sudah mengoleksi 111 trofi dari berbagai ajang dan nomor tenis. Selain main di nomor tunggal, Federer memang pernah main ganda dalam beberapa turnamen.

Petenis kelahiran Basel tersebut sudah menjadi salah satu pahlawan nasional pula di Swiss akan prestasinya.

Baca Juga: Iga Swiatek Juara US Open 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya