39 Istilah Dalam Permainan Softball, Ketahui Sebelum Bermain Langsung

Dimainkan oleh dua regu

Softball atau permainan memukul bola menjadi salah satu olahraga yang termasuk ke dalam permainan bola kecil dan dilakukan secara berkelompok. Permainan softball biasanya terdiri atas dua tim atau dua regu dimana masing-masingnya terdiri dari 9 pemain yang tentu mempunyai tugas dan peran yang juga berbeda.

Sebelum terjun langsung untuk bermain softball, tentu kamu perlu mengetahui hal-hal seperti nama-nama posisi yang ada dalam softball, teknik-teknik yang digunakan, istilah teknis, serta perlengkapan yang dibutuhkan. Maka dari itu, telah dirangkum di bawah ini istilah-istilah dalam permainan softball yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk bermain. Yuk, disimak!

Baca Juga: Teknik Memukul Bola dalam Permainan Softball

1. Istilah posisi pemain dalam permainan softball

39 Istilah Dalam Permainan Softball, Ketahui Sebelum Bermain Langsungilustrasi pemain softball (pixabay.com/Keithjj)

Posisi pemain dalam permainan softball menjadi hal yang sangat penting karena setiap posisi mempunyai tugas beserta fungsinya masing-masing. Terdapat delapan posisi pemain dalam permainan softball yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Catcher

Seorang catcher memiliki tugas untuk menangkap bola yang dilemparkan oleh pitcher dan gagal dipukul batter. Selain itu, catcher juga harus menjaga home plate serta melempar bola ke base (1, 2, 3) yang bertujuan untuk mematikan pemain lawan.

2. Pitcher

Pitcher atau pelempar mempunyai tugas utama untuk melemparkan bola ke arah pemukul atau batter. Pitcher juga memiliki tugas untuk menjaga base pertama, dan membantu pemain yang posisinya ada di bagian belakang home plate.

3. Batter

Batter atau pemain dengan posisi pemukul tentu memiliki tugas untuk memukul bola dengan tujuan mencetak angka, lalu batter akan berlari menuju base, dan harus setiap base secara berurutan. Setelah itu, ia bisa kembali ke home plate.

4. First Baseman

First baseman adalah posisi bertahan di dalam permainan softball. First baseman mempunyai tugas untuk menangkap bola softball yang dipukul maupun dilempar ke base pertama.

5. Second Baseman

Jika sebelumnya adalah first baseman, maka ada juga second baseman yang merupakan pemain dengan posisi di antara first baseman dan juga base kedua, tapi biasanya lebih condong ke base kedua. Second baseman juga mempunyai tugas untuk menjaga areanya serta mematikan pelari lawan dengan cara melemparkan bola ke base satu.

6. Shortstop

Shortstop adalah posisi pemain yang menempati wilayah sekitar base kedua hingga base ketiga. Shortstop mempunyai tugas untuk menangkap bola yang menuju ke areanya. Selain itu, shortstop juga bertugas untuk membantu second baseman dalam menjaga base kedua.

7. Third Baseman

Lalu, terdapat juga third baseman yang merupakan pemain dengan posisi di dekat base ketiga hingga belakang shortstop. Third baseman mempunyai tugas untuk mematikan pelari dengan cara melempar bola ke first baseman.

8. Outfielders

Posisi selanjutnya adalah outfielders. Outfielders adalah posisi pemain yang ada di daerah luar atau outfield. Outfield sendiri merupakan kawasan berumput yang terletak di belakang infield. Terdapat tiga posisi outfielders, diantaranya yaitu center fielder, left fielder, dan right fielder.

2. Istilah teknik dalam permainan softball

39 Istilah Dalam Permainan Softball, Ketahui Sebelum Bermain Langsungilustrasi meluncur atau sliding dalam olahraga softball (littleleague.org)

Setelah mengetahui posisi-posisi para pemain dalam permainan softball, kamu juga perlu mengetahui teknik-teknik yang kerap kali digunakan dalam permainan softball agar ketika kamu turut memainkan permainan ini, kamu tidak lagi bingung. Berikut ini adalah istilah teknik dalam permainan softball:

1. Throwing

Throwing dalam permainan softball adalah melemparkan bola atau teknik melempar bola softball dilakukan oleh pitcher.

2. Catching

Seperti namanya, catching mempunyai arti sebagai menangkap bola, sehingga teknik catching atau teknik menangkap bola ini akan dilakukan pemain catcher.

3. Batting

Batting adalah teknik dimana pemukul memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher.

4. Bunting

Bunting adalah teknik memukul bola tanpa ayunan yang dilakukan batter atau pemukul dalam softball.

5. Baserunning & Sliding

Baserunning dan sliding adalah suatu teknik dalam softball dimana pemain berlari menuju base dengan cara meluncur.

6. Bunt

Pukulan yang dilakukan oleh seorang batter dengan kondisi bola hanya dikenakan pada tongkat pemukul tanpa disertai dengan ayunan disebut dengan bunt.

7. Assist

Istilah assist pada permainan softball adalah dimana pemain bertahan membantu menyerang pemain hingga bola mati.

8. Curve

Curve merupakan bola yang dilemparkan oleh pitcher. Bola ini cenderung melengkung ke arah bawah dan samping, seakan-akan membentuk seperti putaran.

9. Closer

Closer merupakan keahlian pelempar mematikan bola lawan menjelang permainan berakhir. Pemain akan dikeluarkan ketika pertandingan hampir berakhir agar kemenangan regu bisa dipertahankan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Softball dan Baseball, Bukan Hanya Durasi Permainan

3. Istilah teknis dalam permainan softball

39 Istilah Dalam Permainan Softball, Ketahui Sebelum Bermain Langsungilustrasi permainan softball (pixabay.com/Keithjj)

Setelah mengetahui istilah teknik dalam permainan softball, terdapat juga istilah teknis yang cukup khas dalam permainan softball yang akan dibahas di bawah ini:

1. Strike

Strike adalah kesalahan yang dilakukan pemukul atau batter ketika menerima bola dari pelempar. Pada kondisi strike, ayunan bat atau tongkat pemukul tidak mengenai bola.

2. Strike Zone

Jika sebelumnya adalah strike, maka kali ini terdapat strike zone. Strike zone adalah area antara lutut batter atau pemukul, hingga bagian tengah punggungnya. Biasanya, area yang disebutkan sebelumnya adalah area yang menjadi target pitcher atau pelempar bola. Lemparan bola dapat dikatakan sah, jika pelempar dapat melempar bola pada strike zone, dan nantinya akan dinilai oleh wasit.

3. Strike Out

Strike out adalah istilah yang digunakan dimana seorang pemain softball akan mendapatkan kesempatan untuk memukul bola sebanyak tiga lemparan. Jika pada tiga kali kesempatan tersebut terjadi strike, maka batter dinyatakan strike out yang mengharuskannya keluar dari arena permainan.

4. Ball

Ball merupakan keadaan dimana bola yang dilemparkan oleh pemukul tidak masuk ke area strike zone dan batter tidak mengayunkan tongkat softball-nya.

5. Foul Ball

Foul ball atau dapat juga disebut dengan out ball adalah hasil dari pukulan yang tidak sah, sehingga batter serta pelari tidak bisa melanjutkan lari ke base selanjutnya.

6. Fair Ball

Fair ball adalah istilah yang merujuk pada kondisi dimana bola hasil pukulan dinyatakan sah, sehingga batter dan base runner atau pelari dapat melanjutkan untuk lari menuju base berikutnya.

7. Error

Error adalah istilah yang digunakan untuk mengacu kepada kesalahan, khususnya ketika pemain bertahan membuat kesalahan saat permainan softball berlangsung.

8. Base Coach

Istilah ini menandakan jika pelatih berada dekat base 1 atau base 3. Coach atau pelatih akan menyampaikan instruksi kepada batter atau runner base dengan menggunakan gerakan tangan atau isyarat.

9. Batter Box

Batter box adalah daerah yang dibatasi oleh garis putih dan terletak di sebelah kiri dan kanan home plate.

10. Balk

Balk merupakan hukuman kepada pemukul atau batter karena melakukan kesalahan berupa membuat gerakan yang dilarang dalam aturan permainan softball.

11. Infield dan outfield

Infield adalah bagian lapangan yang mencakup lingkaran lemparan (pitcher’s circle) dan wilayah pertahanan di sekitarnya, termasuk bases pertama, kedua, dan ketiga. sedangkan outfield adalah bagian lapangan yang berada di luar wilayah infield, mencakup lapangan tengah (center field), lapangan kiri (left field), dan lapangan kanan (right field).

12. Home Run, Double dan Triple

Home Run adalah pukulan yang dilakukan oleh pemukul yang memungkinkannya untuk mengelilingi semua bases dan mencetak satu poin untuk timnya. Double adalah pukulan yang memungkinkan pemukul mencapai bases kedua dengan aman. Dan triple adalah pukulan yang memungkinkan pemukul mencapai bases ketiga dengan aman.

13. Groundball dan Flyball

Groundball adalah bola yang dipukul dan mengenai tanah sebelum dihadang oleh pemain lapangan. Dan flyball adalah bola yang dipukul tinggi ke udara dan dihadang oleh pemain lapangan yang mencoba menangkapnya sebelum bola menyentuh tanah.

14. Force Out

Saat pemain bertahan mencapai base berikutnya karena pemukul berhasil mencapai base pertama atau base lainnya, sehingga pemain bertahan terpaksa berlari ke base berikutnya untuk menghindari “force out”.

 

4. Istilah perlengkapan dalam softball

39 Istilah Dalam Permainan Softball, Ketahui Sebelum Bermain Langsungilustrasi bola softball (pixabay.com/pictureback)

Yang tidak kalah penting, jika kamu telah memahami istilah-istilah di atas, kamu juga harus tahu mengenai istilah terkait perlengkapan yang biasa digunakan dalam permainan softball. Perlengkapan juga menjadi elemen yang utama dan penting karena tanpa perlengkapan ini, permainan softball tidak akan bisa dilakukan.

Berikut ini adalah perlengkapan yang umum digunakan dalam permainan softball:

1. Backstop

Backstop adalah pagar yang letaknya berada di bagian belakang home plate.

2. Bats atau alat pemukul

Biasanya, alat pemukul terbuat dari material aluminium yang berbentuk bulat dan pada bagian pegangannya lebih kecil. Diameter batas umumnya adalah 2 1/4 inchi, panjang 34 inchi, bahan logam atau kayu, dan safety grip sepanjang 15 inchi dari material karet.

3. Ball atau bola

Bola yang digunakan dalam permainan softball umumnya memiliki bobot hingga 700 gr, khususnya jenis bola import. Keliling bola sebesar 11 atau 7/8 hingga 12 atau 1/8 inchi yang dipilih dengan menyesuaikan kebutuhan permainan.

4. Gloves atau sarung tangan

Dalam permainan softball juga ternyata menggunakan sarung tangan. Sarung tangan yang digunakan berukuran besar dan terbuat dari bahan kulit. Pada bagian ibu jari biasanya terdapat anyaman yang berfungsi menahan bola agar tidak terlepas dari tangan. Gloves digunakan oleh seluruh pemain, sedangkan mitts dipakai catcher dan first basement.

5. Body Protector dan Helmet

Seperti namanya, perlengkapan ini mempunyai fungsi untuk melindungi bagian tubuh. Sedangkan helm digunakan untuk melindungi kepala. Meski berguna untuk melindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan, body protector umumnya hanya dipakai oleh catcher atau penangkap bola.

6. Home Plate

Home plate mempunyai bentuk pipih yang dibuat dengan bahan karet atau kayu dan biasanya berwarna putih.

7. Pitcher Plate

Pitcher plate adalah perlengkapan dalam permainan softball yang berbentuk pipih dan terbuat dari bahan kanvas.

8. Base I, II, III

Base I, II, III mempunyai bentuk segi empat dengan bahan keset atau karung gula.

Demikianlah penjelasan tentang istilah-istilah dalam permainan softball. Semoga menambah wawasan kamu tentang olahraga permainan bola kecil ini, ya!

Baca Juga: 11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Sini

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya