Jump Shoot: Pengertian, Langkah-langkah, dan Macamnya 

Salah satu teknik dalam bola basket, nih!

Bagi kamu yang menyukai permainan bola basket, tentu familiar dengan teknik jump shoot. Jump shoot adalah salah satu teknik yang digunakan dalam permainan bola basket. Biasanya teknik ini digunakan untuk mencetak poin oleh para pemain basket. 

Para pemain melakukan jump shoot dengan tujuan untuk melakukan pertahanan yang paling baik dalam melakukan tembakan basket ke lawan dan untuk menghindari blocking dari tangan lawan. Mau tau lebih banyak lagi mengenai jump shoot mulai dari pengertian, langkah-langkah, serta macam-macam jenis jump shoot? Yuk, simak artikel di bawah ini.

1. Pengertian jump shoot

Jump Shoot: Pengertian, Langkah-langkah, dan Macamnya 

Jump shoot adalah suatu tembakan dalam permainan bola basket yang dilakukan sambil melompat dengan upaya untuk memasukkan bola ke ring. Jump shoot merupakan salah satu dari beberapa jenis shooting yang ada dalam bola basket. 

Jump shoot ini bertujuan juga untuk mendapatkan poin dengan cara melakukan lompatan lurus ke atas, lalu di pertengahan lompatan, pemain tersebut akan mendorong bola membentuk lengkungan ke arah ring.

Jump shoot dianggap lebih mudah dilakukan jika dilakukan dengan jarak yang cukup jauh karena lompatan akan mencapai posisi yang lebih tinggi sehingga tidak ada penghalang bagi bola yang hendak dilemparkan. Dampak dari gerakan ini adalah pemain lawan akan sulit untuk memblok tembakan.

Namun, jump shoot ini kerap kali digunakan karena memiliki keunggulan seperti lebih mempersingkat waktu untuk menghasilkan poin, sehingga durasi untuk eksekusi bisa jauh lebih cepat dibandingkan dengan mengoper ke pemain lain terlebih dahulu.

Baca Juga: Apa itu Three Point dalam Basket? Ini Pengertian dan Sejarahnya

2. Langkah-langkah melakukan jump shoot

Jump Shoot: Pengertian, Langkah-langkah, dan Macamnya ilustrasi permainan bola basket (pexels.com/captaintaha9)

Dalam melakukan jump shoot pun terdapat langkah-langkah yang harus diikuti. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan jump shoot:

  1. Jump shoot dilakukan dengan dua awalan yakni, dua kaki melompat bersamaan atau dengan gerakan kaki satu-satu
  2. Posisikan bola ke bagian depan agak ke atas kepala.
  3. Setelah berhenti melakukan dribble, fokuskan mata dan tertuju ke arah ring basket dan lalukanlah lompatan ke atas untuk menembak bola.
  4. Lepaskan bola disaat sampai pada titik tertinggi lompatan, kekuatan saat menembak bola bisa di atur dengan jarak posisi tubuh dengan ring basket.

3. Macam-macam jump shoot

Jump Shoot: Pengertian, Langkah-langkah, dan Macamnya ilustrasi permainan bola basket (pexels.com/multimediayreaccion)

Terdapat 4 macam jump shoot dalam bola basket. Berikut ini penjelasannya:

  • Drive and Jump Shoot

Ini adalah jenis jump shoot dasar yang dilakukan dengan cara men-dribble bola basket, lalu melompat sambil mengangkat bola untuk melakukan tembakan, dan lakukan pendaratan. 

  • Standing Jump Shoot

Teknik ini adalah teknik jump shoot yang dilakukan ketika posisi bebas. Saat pemain menerima passing dari teman satu timnya, fokuskan pandangan pada ring sambil melompat dengan membawa bola, tembakan bola ke arah ring, lalu lakukan pendaratan.

  • No charge jump shoot

No charge jump shoot adalah teknik jump shoot dengan penjagaan man to man dimana pemain harus dapat melakukan jump shoot tanpa terkena offensive foul. No charge jump shoot dapat dilakukan dengan cara yaitu, pemain mencari posisi yang nyaman dan kosong, lalu pemain mendadak berhenti berlari dan sesegera mungkin melompat dengan lompatan condong ke belakang agar tidak mengenai lawan atau mengakibatkan offensive foul.

Pemain juga harus memfokuskan diri pada ring ketika sedang melompat sambil memegang bola hingga di atas kepala. Selanjutnya, pemain melakukan tembakan ke arah ring dan melakukan pendaratan. 

  • Quick stop jump shoot

Quick stop jump shoot merupakan jump shoot yang dilakukan dengan sangat cepat. Cara untuk melakukan quick stop jump shoot adalah dengan cara pemain berlari menuju posisi nyaman dan kosong, lalu pemain berhenti berlari untuk menerima bola dengan pandangan yang juga fokus kepada ring.

Selanjutnya, pemain tersebut melompat sambil mengangkat bola hingga posisinya di atas kepala dan pemain melakukan tembakan ke arah ring. Jika telah selesai, pemain tersebut melakukan pendaratan.

Demikianlah penjelasan tentang jump shoot dalam bola basket. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu, ya.

Baca Juga: 5 Perlengkapan Wasit Bola Basket, Catat!

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya