6 Peralatan Permainan Rounders, Dari Bola Hingga Papan Pencetak Skor 

Mirip dengan olahraga kasti dan softball

Rounders mungkin menjadi salah satu olahraga yang kurang familiar dan jarang disebut. Padahal rounders adalah olahraga yang mirip dengan kasti, softball, dan baseball. Olahraga ini termasuk ke dalam permainan bola kecil dan juga dilakukan oleh dua regu yang terdiri dari regu pemukul dan regu penjaga. 

Rounders adalah olahraga yang berasal dari Inggris dan kini telah tersebar ke banyak negara. Permainan ini dilakukan di atas lapangan berbentuk segi lima dengan panjang sisi sebesar 15 meter dan pada setiap sudutnya diberikan base yang berbentuk bujur sangkar sebagai tempat hinggap.

Lalu, selain memerlukan lapangan serta base untuk hinggap, peralatan apa lagi yang diperlukan dalam permainan rounders? Berikut ini adalah enam peralatan yang perlu kamu persiapkan sebelum bermain rounders.

1. Bola

6 Peralatan Permainan Rounders, Dari Bola Hingga Papan Pencetak Skor ilustrasi bola baseball dan rounders (unsplash.com/Mark Tegethoff)

Tentu bola menjadi hal yang penting dalam permainan rounders. Biasanya, bola yang digunakan dalam permainan rounders adalah bola yang terbuat dari bahan kulit dan berisikan sabut kelapa. Namun, kamu juga bisa menggunakan bola rounders dari bahan karet ketika hendak bermain.

Bola yang digunakan dalam permainan ini hampir mirip dengan bola yang digunakan pada permainan kasti. Yang membedakan adalah beratnya, dimana berat bola dalam permainan kasti adalah sebesar 70-80 gram, sedangkan bola yang digunakan dalam permainan rounders mempunyai berat sebesar 80-100 gram. 

Keliling bola juga perlu diperhatikan dimana keliling bola rounders umumnya adalah 19-22 cm dan juga dalam satu pertandingan rounders, perlu disiapkan bola lebih dari satu untuk mengantisipasi bola rounders yang rusak. 

Baca Juga: 12 Peraturan Permainan Rounders yang Harus Diketahui, Catat!

2. Tongkat pemukul

6 Peralatan Permainan Rounders, Dari Bola Hingga Papan Pencetak Skor ilustrasi permainan rounders (stockportgrammar.co.uk)

Setelah terdapat bola untuk digunakan dalam permainan rounders, maka dibutuhkan juga tongkat pemukul. Tongkat pemukul ini akan digunakan untuk memukul bola yang dilemparkan oleh pemain pelambung dari regu lawan. 

Tongkat ini terbuat dari kayu yang berbentuk bulat memanjang dengan salah satu ujungnya yang lebih kecil. Terdapat perbedaan ukuran antara tongkat pemukul rounders dengan tongkat pemukul kasti dimana tongkat pemukul rounders mempunyai ukuran sebesar 50-80 cm untuk bagian panjangnya dan diameternya sebesar 7 cm, sedangkan ukuran tongkat pemukul kasti mempunyai ukuran sebesar 52 cm dengan diamter 5 cm. Baik tongkat pemukul kasti maupun rounders sama-sama terbuat dari kayu.

3. Tiang hinggap serta bendera

6 Peralatan Permainan Rounders, Dari Bola Hingga Papan Pencetak Skor ilustrasi tiang hinggap dalam permainan rounders (youtube.com)

Selanjutnya terdapat tiang hinggap dan bendera yang juga termasuk ke dalam perlengkapan dalam permainan rounders. Tiang serta bendera digunakan sebagai penanda base dalam permainan rounders. 

Tinggi tiang yang digunakan mempunyai ukuran 1,5 meter dari permukaan tanah, lalu pada bagian atasnya diberikan bendera penanda. Tiang hinggap perlu ditancapkan dengan kuat di tanah agar tidak mudah tercabut ketika pemain memegangnya.

4. Nomor dada atau nomor urut pemain

6 Peralatan Permainan Rounders, Dari Bola Hingga Papan Pencetak Skor ilustrasi permainan rounders (wesport.org.uk)

Nomor dada atau nomor urut pemain digunakan oleh para pemain rounders dengan tujuan sebagai penanda bagi para pemain yang akan melakukan pukulan ketika menjadi regu penyerang. Biasanya, dalam permainan rounders menggunakan nomor urut mulai dari 1 hingga 12.

5. Peluit

6 Peralatan Permainan Rounders, Dari Bola Hingga Papan Pencetak Skor ilustrasi peluit (campsandtrails.com)

Peluit menjadi peralatan yang digunakan oleh wasit dalam permainan rounders. Biasanya, wasit akan menggunakan peluit untuk memberikan tanda atau aba-aba pada permainan. Selain menggunakan peluit, wasit juga bisa memberikan tanda dengan teriakan.

Baca Juga: Ini Bentuk Lapangan Rounders dan Ukurannya, Terlengkap!

6. Papan pencatat skor

6 Peralatan Permainan Rounders, Dari Bola Hingga Papan Pencetak Skor ilustrasi papan pencatat skor (Pexels.com/Sides Imagery)

Peralatan yang diperlukan selanjutnya adalah papan pencatat skor yang berisikan informasi mengenai nama regu yang bertanding beserta skor atau nilai yang diperoleh selama pertandingan berlangsung. 

Biasanya papan pencatat skor terbuat dari kertas, papan tulis, atau bisa juga menggunakan papan pencatat skor digital. 

Beberapa peralatan tadi lebih baik kamu persiapkan terlebih dahulu agar ketika kamu melakukan permainan rounders, permainannya akan menjadi lebih maksimal.

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya