10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!

Yuk, belajar tekniknya dulu sebelum bermain tenis meja

Tenis meja atau pingpong adalah olahraga yang cukup populer di Indonesia. Olahraga ini juga mudah dimainkan dan tidak membutuhkan tempat yang luas untuk memainkannya. Namun, bagi kamu yang baru ingin mencoba olahraga ini, kamu harus mengetahui teknik-teknik dasar bermainnya, ni.

Terdapat beberapa teknik dasar dalam bermain tenis meja. Teknik diperlukan agar kamu bisa bermain tenis meja dengan baik dan benar. Mengetahui teknik dasar ini juga bisa mengurangi resiko cedera, lho. Berikut ini pembahasan mengenai 10 teknik dasar tenis meja yang perlu kamu tau! Yuk, disimak sampai akhir!

1. Teknik Memegang Bet (Grip)

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!Inalum jadi tuan rumah turnamen bulu tangkis dan tenis meja (IDN Times/Inalum)

Teknik dasar pertama yang harus kamu kuasai adalah cara memegang bet atau grip. Dalam teknik ini, kamu bisa melakukannya dengan tiga cara yaitu shakehand grip, seemiller grip dan penhold grip.

a. Shakehand Grip

Shakehand grip dikenal juga dengan teknik berjabat tangan yang paling sering digunakan oleh sejumlah pemain tenis meja. Teknik ini akan memberikan peluang untuk melakukan pukulan backhand secara mudah dan cepat.

Cara melakukan teknik ini adalah kamu hanya perlu memposisikan tanganmu di gagang bet seperti sedang berjabat tangan dan memposisikan bet ke atas.

b. Seemiller Grip

Teknik ini hampir mirip dengan teknik jabat tangan. Kamu hanya perlu memposisikan telunjukmu di bagian sisi bet seolah telunjuk menjadi penyangga kepala bet, sementara posisi jari menyerupai berjabat tangan.

c. Penhold Grip

Teknik ketiga yang bisa kamu gunakan adalah teknik penhold grip. Teknik ini dilakukan dengan cara membentuk posisi tangan seperti saat memegang pena. Untuk melakukannya, kamu harus memposisikan jari-jarimu seperti memegang pena. Sementara itu, kepala bet mengarah ke bawah.

2. Teknik Sikap Tubuh

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!focustaiwan.tw

Teknik dasar selanjutnya yaitu posisi tubuh. Ada dua sikap tubuh yang bisa kamu pelajari sebelum memainkan olahraga tenis meja.

1. Side Stance

Teknik ini memposisikan tubuh yang menyamping ke kiri atau kanan. Posisi ini biasa digunakan ketika akan menyerang.

2. Square Stance

Teknik square stance membutuhkan ketepatan posisi yang baik. Kamu bisa memposisikan tubuh di tengah-tengah menghadap net. Posisi ini biasanya dilakukan ketika blocking dan membalikkan servis.

3. Teknik Gerakan Kaki

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!olympic.org

Gerakan kaki perlu menjadi perhatian penting lantaran gerakan kaki berpengaruh terhadap teknik dan posisi tubuh yang diinginkan. Latihlah untuk bisa menekukkan kaki kemudian menyeimbangkan berat tubuh pada masing-masing kaki.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja dan Sejarah Singkatnya

4. Teknik Servis

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!ilustrasi olahraga tenis meja (freepik.com)

Teknik selanjutnya adalah melakukan servis. Servis merupakan hal pertama yang dilakukan untuk memulai permainan tenis meja. Untuk melakukan servis, kamu bisa melakukan teknik berikut ini:

  1.  Saat melakukan servis, bola berada di atas telapak tangan dalam kondisi tidak bergerak
  2. Bola kemudian dilambungkan tanpa adanya putaran secara vertikal. Bola kira-kira dilambungkan dengan ketinggian 16 cm
  3. Selanjutnya, bola dipukul setelah turun sebelum menyentuh meja terlebih dahulu

5. Teknik Serangan

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!mediaindonesia.com

Untuk mendapatkan skor lebih mudah, kamu bisa melakukan gerakan menyerang. Ada beberapa teknik serangan yang bisa kamu gunakan dalam permainan ini, yaitu :

1. Teknik Forehand Attack

Teknik forehand attack ini dilakukan dengan cara memukul bola dari samping atau area luar tubuh secara kuat.

2. Teknik Backhand Attack

Teknik ini merupakan kebalikan dari forehand attack. Pukulan bola dari dalam atau bawah dada secara kuat untuk menggunakan teknik backhand attack.

6. Teknik Pertanahan

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!potret bermain tenis meja (unsplash.com/Proxyclick Visitor Management System)

Ketika pemain lawan menyerang, maka kamu bisa melakukan teknik pertahanan, yaitu dengan melakukan teknik forehand block dan backhand block. Teknik forehand block memungkinkan kamu untuk menggerakkan bet ke arah depan net terlebih dahulu lalu bersiaga untuk bola yang datang.

Sedangkan untuk backhand block, kamu bisa menggerakkan bet dari sisi bawah atau kiri tubuh lalu gerakan ke depan net untuk melemparkan kembali serangan bola lawan.

7. Teknik Pukulan Drive

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!unsplash.com/Elisey Vavulin

Teknik dasar selanjutnya yang bisa kamu pelajari yaitu, teknik pukulan dari ayunan panjang yang kuat dan cepat. Teknik pukulan ini bisa dilakukan dengan mudah dan memberikan hasil yang efektif karena memberikan kejutan kepada lawan.

8. Teknik Pukulan Push

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!kabarsport.com

Teknik ini dilakukan untuk memantulkan balik bola lawan. Kamu bisa melakukan teknik ini dengan cara forehand ataupun backhand dengan memposisikan bet ke arah depan net dan pukul dengan cara mendorong bola yang datang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik, Cocok untuk Pemula

9. Teknik Pukulan Flick

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!Pasangan Doni/Imran menjuarai turnamen tenis meja (Dok.IDN Times/istimewa)

Teknik selanjutnya adalah pukulan flick yang dapat dilakukan dengan cara memukul bola ke arah lawan, namun bola harus terpantul ke area meja pemukul terlebih dahulu sebelum bola menyeberangi net ke area meja lawan.

10. Teknik Chop

10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!Ilustrasi Aktivitas Olahraga di Kantor (IDN Times/Athif Aiman)

Teknik dasar terakhir yang harus kamu ketahui adalah teknik chop. Teknik chop cenderung dilakukan ketika posisi tengah genting. Contohnya seperti saat serangan lawan yang cukup sulit untuk ditangkis. Jika hal ini terjadi, kamu bisa melakukan teknik ini dengan cara membuka pukulan agar dapat segera menangkis bola yang akan datang.

Itu dia 10 teknik dasar tenis meja yang harus kamu ketahui sebelum bermain. Pelajari teknik-teknik ini agar kamu terhindar dari cidera, ya! Selamat bermain!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya