Buat Pemula, Begini Peraturan Billiard Bola 9

Penggemar permainan billiard harus paham aturan-aturan ini!

Billiard merupakan salah satu cabang olahraga yang berfokus pada konsentrasi. Dalam bermain billiard dibutuhkan ketahanan, pemahaman mental dan juga harus ditunjang dengan kemampuan fisik yang prima agar dapat berkonsentrasi penuh. 

Di dalam olahraga billiard, terdapat sistem dan aturan tersendiri. Ada dua sistem permainan, yaitu sistem bola delapan dan sistem bola sembilan. Untuk memainkan billiard bola 9, maka ikuti peraturan billiard bola 9 berikut yang sudah dirangkum oleh IDN Times.

1. Pemain

Buat Pemula, Begini Peraturan Billiard Bola 9pinterest

Billiard 9 ball pool biasanya dilakukan dengan pertandingan satu lawan satu. Jika pemain lebih dari satu akan dibentuk dua kelompok.

Pembagian kelompok ini dilakukan dengan adil sesuai dengan kemampuan masing-masing pemain. Pembagian kelompok yang adil dapat membuat suasana permainan semakin seru, lho.

2. Susunan bola

Buat Pemula, Begini Peraturan Billiard Bola 9pinterest

Bola disusun dengan bentuk wajik atau diamond. Dengan posisi bola 1 diletakkan pada bagian atas. Sedangkan bola 9 diletakkan di tengah. Sisa dari bola lainnya boleh disusun secara acak.

Susunan ini berbeda dengan susunan permainan billiard bola 8. Kalau pada bola 9, bola disusun seperti wajik, namun di bola 8, berbentuk segitiga.

3. Menembak Bola

Buat Pemula, Begini Peraturan Billiard Bola 9billiard

Dalam permainan billiard bola 9, bola dimasukkan dengan menembak melalui bola lain atau bola putih. Bola yang dimasukkan harus berurutan mulai dari angka yang kecil hingga angka yang besar.

Untuk melakukan tembakan, lakukan dengan tenaga yang tidak terlalu pelan agar bola sasaran menyentuh dinding meja. Dalam menembak bola, memang dibutuhkan latihan yang cukup lama untuk mahir dalam bermain.

4. Giliran

Buat Pemula, Begini Peraturan Billiard Bola 9billiard

Pemain boleh melakukan tembakan setiap kali berhasil memasukkan bola ke dalam lubang. Giliran baru diberikan ketika pemain gagal memasukkan bola ke lubang atau terbukti melakukan pelanggaran.

Kalau kamu udah jago, semua bola bisa kamu ambil, nih. Tetapi jangan sampai curang, ya!

Baca Juga: 6 Olahraga yang Aman untuk Sendi Penderita Artritis

5. Pemenang

Buat Pemula, Begini Peraturan Billiard Bola 9billiard

Kamu bisa menjadi pemenang dengan hanya memasukkan bola bernomor 9, lho. Bahkan kamu tidak perlu menghabiskan semua bolanya terlebih dahulu.

Hal ini bisa terjadi jika terdapat bola dengan angka 1 di atas meja, lalu bola putih menyentuh bola 1 dan memantul ke bola 9. Dari pantulan tersebut, jika membuat bola 9 masuk ke dalam lubang, maka kamu dianggap sebagai pemenang.

6. Pelanggaran

Buat Pemula, Begini Peraturan Billiard Bola 9billiard

Di dalam aturan permainan billiard bola 9, kamu perlu memperhatikan aturan permainan agar tidak melakukan pelanggaran. Berikut beberapa pelanggaran dalam billiard bola 9:

  • Tidak ada bola yang menyentuh dinding meja saat melakukan tembakan
  • Bola putih atau bola berwarna, keluar dari meja
  • Meletakkan tongkat biliar di atas meja
  • Bola putih tidak menyentuh bola sasaran
  • Bola yang ditembak bukan bola dengan angka yang paling kecil di atas meja
  • Bagian tubuh atau pakaian pemain menyentuh bola
  • Bola putih masuk ke dalam lubang
  • Menganggu pemain yang akan melakukan tembakan

Nah, itu dia peraturan billiard bola 9 yang harus kamu ketahui sebelum bermain. Latihan terus supaya makin jago main billiardnya, ya! 

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya