Comscore Tracker

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola Basket

Yuk, belajar passing basket yang benar di sini!

Teknik mengoper bola dalam olahraga bola basket adalah salah satu hal penting yang harus diketahui bagi kamu yang ingin menekuni olahraga ini. Teknik mengoper bola atau passing ini adalah hal dasar dalam olahraga bola basket. Tanpa adanya teknik passing, maka sebuah strategi dalam permainan basket tidak akan berjalan.

Passing dalam bola basket biasa dilakukan dengan satu ataupun kedua tangan. Lalu gimana sih teknik passing bola basket dapat dilakukan? Untuk mengetahui hal tersebut lebih lanjut, yuk simak 9 teknik passing dalam bola basket yang bisa kamu praktekkan berikut ini.

1. Baseball Pass

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola BasketIlustrasi teknik Baseball Pass (penjasorkes.com)

Teknik pertama yang bisa kamu kuasai adalah baseball pass. Teknik ini digunakan untuk mengoper bola kepada rekan satu tim dalam jarak jauh. Caranya dengan memposisikan salah satu kaki kamu ke depan, lalu tangan kanan memegang bola yang digunakan untuk mengoper bola. Jangan lupa posisi tubuh dalam keadaan yang seimbang.

Setelah itu, pusatkan berat badan mu ke belakang dan lakukan ancang-ancang, lalu lempar bola ke rekan satu tim yang dituju. Lepaskan bola saat tangan lurus ke depan.

2. Behind the Back Pass

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola BasketIlustrasi Teknik Behind the Back Pass (penjasorkes.com)

Teknik passing bola basket selanjutnya adalah bertujuan untuk mengelabui lawan, teknik ini membutuhkan jam terbang yang cukup tinggi karena tidak semua pemain bisa melakukannya dengan benar.

Kamu bisa menggunakan satu tangan dengan posisi tepat di belakang punggung. Lalu oper bola dengan cepat kepada rekan satu tim. Pastikan sebelum melempar bola kamu harus memastikan bahwa rekan satu tim kamu harus siap menerima bola agar teknik ini berhasil.

3. Bounce Pass

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola BasketIlustrasi Teknik Bounce Pass (penjasorkes.com)

Teknik passing selanjutnya adalah bounce pass yang bisa dipakai jika lawan menjaga kamu dengan ketat. Teknik ini dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai. 

Caranya, kamu bisa memegang bola dengan kedua tangan setinggi dada. Lalu lakukan lemparan menggunakan kedua tangan dengan cara mendorong bola ke arah bawah dengan jarak sekitar 1/3 ke rekan satu tim yang akan menerima bola.

4. Chest Pass

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola BasketIlustrasi Teknik Chest Pass (penjasorkes.com)

Chest Pass merupakan teknik mengoper bola dari arah depan dada. Biasanya teknik ini digunakan saat dalam keadaan bebas.

Cara menggunakan teknik ini adalah dengan mencondongkan badan ke depan lalu melempar bola dari dada ke dada rekan satu tim. Jangan lupa sesuaikan lemparanmu dengan jarak rekan satu tim.

Baca Juga: 4 Faktor yang Bikin Tim Basket Menang, Apa Saja?

5. Hand Off Pass

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola BasketIlustrasi Hand Off Pass (okezone.com)

Teknik passing bola basket ini memberikan bola secara langsung kepada rekan satu tim yang akan menerima tanpa melakukan pelemparan. Teknik Hand off pass ini cocok digunakan ketika dalam keadaan sudah tidak bisa lagi melakukan dribble atau dalam keadaan terjaga ketat oleh lawan.

Cara melakukan teknik ini yaitu rekan satu tim mu akan menjemput bola yang kamu pegang, pada saat melakukan hand off pass, kamu dan temanmu harus melakukan teknik pick and roll. Teknik ini dapat dilakukan dengan catatan tidak memberikan sedikitpun ruang untuk lawan ketika ingin merebut bola yang sedang kamu pegang sampai rekan satu tim mu dapat mengambilnya.

6. Hook Pass

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola BasketIlustrasi Hook Pass (okezone.com)

Teknik ini menggunakan satu lengan yang didahului dengan lompatan. Pertama kamu dan rekan satu tim mu harus sama-sama melakukan drive atau transisi. Lalu, taruh bola di dekat pundak dan telinga. Kemudian angkat bola lalu oper bola dengan akurat kepada rekan setim.

7. Shoulder Pass

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola BasketIlustrasi Teknik Shoulder Pass (haloedukasi.com)

Teknik mengoper bola selanjutnya yaitu mengoper bola dengan satu tangan pada saat posisi triple threat. Hal itu dikarenakan pada kondisi inilah dibutuhkan passing yang cepat agar tidak kena lawan.

Sepintas, teknik ini terlihat sama dengan baseball pass, tetapi sebenarnya berbeda. Salah satu kunci menggunakan teknik passing shoulder push yaitu pada ketepatan tekukan siku, sebab untuk melakukan passing yang cepat dan kuat kamu harus menggunakan tekukan siku yang pas.

Baca Juga: 5 Pemain Basket Terbaik yang Dipilih dari NBA Draft 1992

8. Overhead Pass

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola BasketIlustrasi Teknik Overhead Pass (penjasorkes.com)

Overhead pass merupakan teknik passing bola basket yang digunakan untuk menghindari serangan atau kejaran lawan yang berada tepat di depan kita. Teknik ini dilakukan pada saat mengoper dan rekan satu tim memiliki postur lebih tinggi dari lawan yang sedang menghadang, menyerang ataupun lawan yang sedang menjaga.

Pertama, posisikan tubuhmu di depan rekan satu tim lalu buka kedua kaki selebar bahu. Selanjutnya kamu harus memposisikan bola di atas kepala, lalu lempar melewati kepala lawan. Untuk menambah kekuatan lemparan, luruskan kedua lutut kaki ketika melempar.

9. Underhand Pass

Harus Tau! 9 Macam Teknik Passing Bola BasketIlustrasi Teknik Underhand Pass (haloedukasi.com)

Teknik melempar bola selanjutnya ini merupakan teknik melempar bola dari bawah dengan posisi tangan kamu di belakang dan melakukan dorongan ke depan sehingga bola meluncur ke rekan satu tim mu. Teknik ini bisa kamu lakukan dengan fake shot agar lawan terkecoh dan melakukan posisi blok sehingga lawan tidak bisa menjangkau bagian bawahnya.

Itulah 9 macam teknik passing bola basket. Kalau kalian udah bisa passing pakai teknik apa nih? Selamat mencoba, ya!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Satria Permana
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya