Comscore Tracker

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!

Desainnya gak kaleng-kaleng, lho

Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar diikuti sebanyak 32 negara partisipan. Uniknya, setiap negara mengenakan jersey Piala Dunia 2022 yang sarat akan ciri khas negara masing-masing.

Jersey yang dikenakan pada Piala Dunia tak hanya memiliki desain yang unik, tapi juga mengandung makna mendalam guna memberikan semangat lebih kepada para pemain. Tak hanya itu, memakai jersey juga menciptakan rasa kedekatan dengan negara masing-masing.

Menariknya, jersey kerap dijadikan sebagai cendera mata bagi para penggemar sepak bola. Biar gak penasaran, yuk intip 13 jersey Piala Dunia 2022 yang memiliki desain terbaik berikut ini. 

Baca Juga: 22 Bola yang Dipakai di Piala Dunia, Ada Buatan Indonesia!

1. Argentina (Away)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Argentina sebagai jersey Piala Dunia 2022 (instagram.com/officialfootballfashion)

Salah satu jersey Piala Dunia 2022 yang terlihat sederhana adalah jersey Argentina. Meski begitu, jersey ini mengandung makna yang mendalam.

Hal ini terlihat pada pilihan warna yang digunakan, yaitu ungu cerah yang biasa dimaknai sebagai kesetaraan dunia dan kesetaraan gender. Tak ketinggalan, jersey Argentina juga mengilustrasikan grafis motif api yang terinspirasi dari bendera nasional Argentina, yaitu "Sun of May".

2. Brazil (Home)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Uruguay sebagai jersey Piala Dunia 2022 (nike.com)

Jersey Brazil identik dengan warna kuning. Untuk Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar, jersey ini muncul dengan warna dasar kuning dengan hiasan aksen hijau-biru di area kerah dan lengan.

Kerennya lagi, terdapat pola jaguar embossed yang mengelilingi seluruh bagian jersey Piala Dunia 2022 ini. Biar makin keren, jersey Brazil juga dilengkapi dengan detail kancing yang menyerupai bendera negara Brasil.

3. Ekuador (Home)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Ekuador sebagai jersey Piala Dunia 2022 (worldsoccertalk.com)

Tak kalah unik, jersey Ekuador juga dirancang dengan pilihan warna kuning. Bedanya dengan jersey Brazil, jersey ini menampilkan warna dasar kuning cerah dengan aksen biru dan merah.

Sebagai ciri khas jersey Piala Dunia 2022, logo nasional baru disematkan di bagian dada kiri dengan detail bendera di manset lengan. Sebagai tambahan, jersey Ekuador didukung dengan peta negara yang bisa kamu temui di bagian punggung atas.

Baca Juga: Lirik dan Makna Lagu Piala Dunia 2022, Bangkitkan Semangat!

4. Jepang (Home)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Jepang sebagai jersey Piala Dunia 2022 (instagram.com/officialfootballfashion)

Salah satu jersey Piala Dunia 2022 yang memiliki motif unik adalah jersey Jepang. Jersey ini hadir dengan grafis glitched yang terinspirasi dari seni origami dan gagak berkaki tiga yang melambangkan kecepatan.

Sebagai pelengkap, motif ini dibalut dengan warna dasar biru putih yang identik dengan kesan tradisional ala Jepang. Jersey ini juga karya kolaborasi dengan serial manga Blue Lock, lho.

5. Meksiko (Home)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Meksiko sebagai jersey Piala Dunia 2022 (ijersey.co)

Selanjutnya, ada juga jersey Meksiko yang bisa kamu saksikan saat Piala Dunia 2022. Jersey ini dirancang dengan desain zigzag dan garis-garis rumit yang melengkapi hiasan kepala berbulu dewa Aztec Quetzalcoatl.

Tak hanya itu, jersey Piala Dunia 2022 ini juga mengusung warna hijau sebagai warna dasarnya. Sebelumnya, desain jersey Timnas Meksiko didominasi warna hitam dan merah muda.

6. Portugal (Home)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Portugal sebagai jersey Piala Dunia 2022 (instagram.com/officialfootballfashion)

Jersey Portugal menggabungkan dua warna bendera nasional, yaitu Pepper Red dan Gorge Green. Terletak di bagian atas, warna merah membentuk garis horizontal yang membentang hingga bagian bawah jersey Piala Dunia 2022 ini.

Di bawahnya, warna hijau berlanjut hingga bagian celana. Terdapat logo emas Nike di bagian atas jersey. Nike sendiri telah memasok jersey Portugal selama 25 tahun.

Baca Juga: 5 Peraih Bola Emas Terakhir di Piala Dunia, Termasuk Messi dan Modric!

7. Prancis (Away)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Prancis Away (instagram.com/nikeparis)

Jersey Perancis termasuk salah satu jersey Piala Dunia 2022 yang identik dengan kebudayaan negara. Jersey berwarna putih ini diperindah dengan aksen royan blue yang dilengkapi desain grafis yang menarik.

Terinspirasi dari kain tradisional Toile de Jouy, jersey ini memiliki motif landmark. Ada juga ikon Italia lainnya, misalnya Arc de Triomphe, ayam jantan, dan Clairefontaine.

8. Senegal (Away)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Senegal sebagai jersey Piala Dunia 2022 (instagram.com/officialfootballfashion)

Jersey Piala Dunia 2022 berikutnya adalah jersey Senegal. Meski didominasi warna hijau, jersey ini juga berhiaskan aksen warna merah dan kuning di bagian kerah dan lengan.

Tak cuma itu, terdapat juga logo asosiasi sepak bola Senegal lengkap dengan slogannya, "Les Lions de la Teranga". Logo tersebut berada di dalam kotak nomor pada bagian tengah jersey.

9. Spanyol (Away)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Spanyol sebagai jersey Piala Dunia 2022 (instagram.com/officialfootballfashion)

Unik adalah pilihan kata yang tepat untuk menggambarkan jersey Spanyol. Jersey tersebut menambahkan logo Piala Dunia 1982 yang kala itu digelar di Spanyol.

Jersey ini juga didesain menggunakan art-deco berwarna biru bubblegum yang menimpa warna dasar biru langit. Untuk mewakilkan warna bendera Spanyol, logo tiga garis Adidas yang ikonik di kedua sisi lengan yang diberi warna merah dan kuning.

10. Uruguay (Home)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Uruguay sebagai jersey Piala Dunia 2022 (instagram.com/officialfootballfashion)

Identik dengan warna biru langit, jersey Uruguay tampil dengan aksen kerah dan manset berwarna putih. Selain itu, logo puma emas terpampang di bagian dada sebelah kanan.

Sebagai bentuk apresiasi, jersey Piala Dunia ini juga menambahkan kancing dan empat bintang di atas lambang negara yang mewakilkan kesuksesan Uruguay dalam memenangkan Piala Dunia dan medali emas Olimpiade tahun 1924, 1928, 1930 dan 1950.

11. Inggris (Away)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Inggris Away (instagram.com/officialfootballfashion)

Timnas Inggris kembali mengenakan seragam tandang berwarna merah di Piala Dunia 2022. Jersey-nya terlihat klasik karena ada sentuhan berwarna biru tua di bagian kerah dan lengan bagian bawah yang membuatnya nampak lebih indah.

Dikatakan bahwa model ini terinspirasi dari jersey Inggris pada tahun 1990-an. Pada tahun tersebut, jersey Inggris memang sempat menjadi tren. 

12. Qatar (Home)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Away Qatar (instagram.com/officialfootballfashion)

Menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar memiliki seragam kandang yang didominasi warna merah dengan pola yang mencerminkan bendera mereka di ujung lengan.

Bisa dibilang desain dari seragam ini cukup simple. Hanya terdapat logo sponsor dan logo federasi di bagian tengah. 

13. Belanda (Away)

13 Jersey Piala Dunia 2022 dengan Desain Terbaik, Filosofis Abis!Jersey Away Belanda (instagram.com/officialfootballfashion)

Belanda kembali mengenakan warna biru untuk jersey tandangnya. Dengan warna dasar biru navy membuat jersey tandangnya memberikan kesan mewah khas Negeri Kincir Angin.

Seragam tersebut memiliki kombinasi warna antara biru, hitam, dan juga merah. Desain tersebut sangat mirip dengan desain tandang negara di tahun 2000.

Itulah 13 jersey Piala Dunia 2022 dengan desain terbaik. Tak hanya memiliki desain keren, seluruh jersey ini juga menyimpan makna mendalam, lho.

Baca Juga: 5 Tim Piala Dunia 2022 yang Tampil Buruk di UEFA Nations League

Topic:

  • Bella Manoban
  • Jumawan Syahrudin
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya