Comscore Tracker

41 Arti Isyarat Wasit Bola Basket, Wajib Dipahami Pemain

Pahami kode dari wasit saat bermain bola basket

Demi bermain basket dengan baik, setiap pemain tak hanya harus punya kemampuan mumpuni secara teknis. Setiap pemain juga wajib mengetahui isyarat wasit bola basket karena berkaitan dengan aturan dalam sebuah pertandingan.

Setiap gerak tubuh wasit tentu memiliki makna. Makanya, kamu harus paham dengan setiap gerakan tubuh wasit tersebut agar tidak terjadi salah paham. Berikut IDN Times jelaskan setiap isyarat wasit bola basket beserta artinya. Simak, yuk!

1. Isyarat skor pertandingan

41 Arti Isyarat Wasit Bola Basket, Wajib Dipahami Pemainilustrasi angka-angka (unsplash.com/Volkan Olmez)

Isyarat wasit bola basket yang pertama berkenaan dengan skor pertandingan. Berikut beberapa isyarat yang biasanya diberikan wasit bola basket:

  1. One point: Dilakukan dengan menggerakkan pergelangan tangan seperti kibasan bendera dan jari telunjuk tangan kanan mengarah ke atas dan jari yang lainnya mengepal.
  2. Two point: Dilakukan dengan menggerakkan pergelangan tangan seperti mengibas menggunakan dua jari telunjuk dan tengah. Sedangkan jari lainnya mengepal.
  3. Three point attempt: Dilakukan dengan mengacungkan ibu jari, telunjuk, dan tengah tangan kanan. Sedangkan jari manis dan jari kelingking tetap mengepal.
  4. Three point successful: Dilakukan dengan mengacungkan jari telunjuk, tengah, dan ibu jari dari kedua tangan.
  5. Cancel score: Dilakukan dengan memeragakan gerakan menggunting di depan dada menggunakan kedua lengan.

2. Isyarat waktu pertandingan

41 Arti Isyarat Wasit Bola Basket, Wajib Dipahami Pemainilustrasi jam (unsplash.com/@goumbik)

Kemudian isyarat wasit bola basket berikutnya berkaitan dengan waktu dan jalannya pertandingan. Isyarat-isyarat tersebut adalah:

  1. Stop play: Wasit akan memberikan isyarat dengan meniup peluit sambil mengangkat tangan kanan dengan telapak terbuka.
  2. Stop clock for foul: Penghentian jalannya permainan karena pelanggaran. Dilakukan dengan meniup peluit sambil mengangkat tangan kanan dengan telapak mengepal dan tangan kiri lurus menunjuk kearah terjadinya pelanggaran.
  3. Time in: Tanda untuk memulai lagi pertandingan. Dilakukan dengan melambaikan tangan kanan lurus berada di atas kepala.
  4. Twenty for second reset: Keputusan wasit untuk mengundurkan waktu permainan selama 24 detik. Dilakukan dengan cara memutar telapak tangan kanan di atas kepala dengan posisi jari telunjuk mengacung ke atas, telapak tangan dalam keadaan terbuka dengan jari-jari merapat.

3. Isyarat administratif

41 Arti Isyarat Wasit Bola Basket, Wajib Dipahami PemainNBA Finals (twitter.com/Lakers)

Berikutnya, terdapat beberapa isyarat wasit bola basket yang berhubungan dengan masalah administratif pertandingan, seperti pergantian pemain, waktu habis, dan sebagainya. Berikut penjelasannya:

  1. Substitutions: Tanda jika ada pergantian pemain. Dilakukan dengan cara meniup peluit sambil menyilangkan lengan di depan dada.
  2. Beckoning-in: Saat wasit mempersilakan pemain pengganti masuk ke lapangan. Dilakukan dengan cara melambaikan tangan kanan dengan posisi telapak terbuka dan jari-jari merapat ke arah depan dada.
  3. Charged time out: Tanda kalau waktu pertandingan telah habis. Wasit memberikan isyarat dengan cara meniup peluit sambil membentuk huruf T menggunakan kedua teapak  tangan.
  4. Communication between officials: Isyarat yang diberikan dengan mengacungkan ibu jari tangan kanan ke arah meja official.
  5. Visible count (five and eight seconds): Isyarat dari wasit dengan menekuk lengan kanan ke arah dada, lalu meluruskannya ke depan secara horizontal.

4. Isyarat free throw

41 Arti Isyarat Wasit Bola Basket, Wajib Dipahami PemainFree throw dalam bola basket (pexels.com)

Dalam permainan bola basket dikenal free throw atau lemparan bebas, yaitu lemparan langsung ke ring yang diberikan kepada salah satu tim, biasanya saat setelah terjadi pelanggaran. Ada beberapa isyarat wasit bola basket yang berkaitan dengan free throw, yaitu sebagai berikut.

  1. Free throw pada area terlarang: Jika pelanggaran terjadi pada area terlarang, wasit akan memberi isyarat dengan menunjuk satu, dua, atau tiga jari ke depan. Angka tersebut menandakan berapa jumlah free throw yang diberikan kepada tim yang dilanggar.
  2. Free throw di luar area terlarang: Wasit akan mengacungkan ibu jari ke atas yang menandakan satu free throw. Lalu, mengangkat kedua tangan jika diberikan dua free throw dan menunjuk dengan tiga jari di samping kepala untuk tiga free throw.
  3. One free throw: Wasit mengangkat tangan kanan sampai membentuk siku 90 derajat dengan jari telunjuk menghadap ke atas.
  4. Two free throw: Wasit mengangkat kedua tangan hingga membentuk siku 90 derajat dengan semua jari menghadap ke atas.
  5. Three free throw: Wasit akan mengangkat kedua tangan hingga membentuk siku 90 derajat dengan 3 jari menghadap ke atas (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah).

Baca Juga: Sejarah Bola Basket Dunia dan Indonesia, Cari Tahu yuk!

5. Isyarat pelanggaran

41 Arti Isyarat Wasit Bola Basket, Wajib Dipahami PemainWasit bola basket (pixabay.com/heungsoon)

Dalam pertandingan bola basket tentu tidak akan terlepas dari terjadinya pelanggaran, baik yang sengaja maupun tidak sengaja. Ada beberapa istilah wasit bola basket yang berkaitan dengan pelanggaran oleh pemain. Berikut daftarnya!

  1. Travelling: Pelanggaran oleh pemain yang berjalan lebih dari dua langkah saat melakukan lay up. Dilakukan dengan gerakan memutar kedua telapak tangan yang menggenggam di depan dada.
  2. Double driving: Pelanggaran ketika pemain menggiring bola lagi setelah sebelumnya berhenti. Tangan wasit akan memberikan isyarat dengan cara menggerakkan kedua tangan yang seolah-olah melakukan dribble.
  3. Illegal dribble: Pelanggaran saat pemain membawa bola tanpa men-dribble terlebih dulu. Wasit akan memberikan isyarat dengan mengayunkan lengan kanan ke arah depan setengah putaran.
  4. Three seconds: Isyarat wasit bola basket saat pemain berada di area terlarang dan tidak menguasai bola selama 3 detik. Wasit akan memberikan isyarat dengan menunjukkan lima jari terentang di samping kepala.
  5. Five seconds: Pelanggaran pemain yang menguasai bola selama 5 detik atau lebih. Wasit akan memberi isyarat dengan merentangkan lima jari dan menunjuk dari samping kepala.
  6. Eight seconds: Pelanggaran oleh tim yang memainkan bola di area sendiri selama 8 detik atau lebih. Wasit akan memberikan isyarat dengan mengangkat delapan jari dua tangan berada di samping kepala.
  7. Twenty four seconds: Wasit akan mengangkat satu tangan sampai siku membentuk 90 derajat, lalu jari-jarinya memegang bahu atau pundak.
  8. Ball returned to backcourt: Dilakukan wasit dengan menggeser tangan dari kanan dalam posisi telapak menghadap atas menuju arah kiri. Gerakannya seperti gerakan tangan seseorang yang mengajak orang lain pergi ke suatu tempat.
  9. Deliberate foot ball: Isyarat oleh wasit dengan menunjuk ujung sepatu.
  10. Out-of-bounds and direction of play: Isyarat oleh wasit dengan menunjuk ke depan menggunakan satu tangan.
  11. Jump ball situation: Gerakan isyarat oleh wasit dengan mengangkat kedua tangan ke atas, lalu mengangkat kedua jempol. Setelah itu, turunkan kedua tangan dan satu tangan menunjuk ke depan.

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Permainan Bola Basket? Cari Tahu di Sini!

6. Isyarat laporan kesalahan di meja official

41 Arti Isyarat Wasit Bola Basket, Wajib Dipahami PemainPermainan bola basket (Pexels/Gabby K)

Selain isyarat wasit saat terjadi pelanggaran, ada juga beberapa isyarat yang dilakukan wasit untuk melapor terjadinya pelanggaran ke meja official. Berikut isyarat-isyaratnya:

  1. Excessive swinging of elbow: Pelanggaran ketika pemain sengaja menyikut tim lawan agar tidak bisa merebut bola atau menguasai bola. Wasit akan memberikan isyarat berupa mengangkat siku dan menggunakannya.
  2. Blocking: Pelanggaran pemain yang sengaja menghalangi jalan tim lawan. Wasit memberikan isyarat dengan menaruh kedua tangannya di pinggang.
  3. Illegal use of hands: Wasit mengarahkan sebelah pergelangan tangan menyentuh telapak lain yang terbuka.
  4. Holding: Tangan kanan wasit memegang pergelangan tangan kiri atau tempat biasanya memasang jam tangan.
  5. Pushing or charging without the ball: Wasit akan mengangkat kedua tangan ke depan dengan posisi telapak tangan juga menghadap ke depan, seperti simbol stop atau berhenti.
  6. Charging with the ball: Satu tangan wasit mengepal, sedangkan satu tangan lagi terbuka. Kemudian tangan yang mengepal dipertemukan dengan telapak tangan satunya.
  7. By team in control of the ball: Isyarat wasit berupa tangan kanan yang diangkat ke depan dengan keadaan mengepal.
  8. Double: Kedua tangan diangkat ke atas dan membentuk huruf X.
  9. Technical: Isyarat wasit bola basket dengan kedua tangan ke atas dan membentuk huruf T. Caranya adalah ujung jari salah satu tangan mengenai telapak tangan yang terbuka.
  10. Unsportsmanlike: Wasit mengangkat kedua tangan ke atas. Lalu, salah satu tangan memegang pergelangan tangan satunya.
  11. Disqualifying: Isyarat wasit yang mengangkat kedua tangan ke atas dan keduanya dalam posisi mengepal

Nah, demikianlah arti dan penjelasan tentang isyarat wasit bola basket yang wajib kamu ketahui. Sekarang kamu siap bermain basket dengan teman-temanmu!

Baca Juga: 4 Pola Penyerangan Bola Basket, Kunci Dominasi Pertandingan

Topic:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana
  • Yogama W
  • Yunisda D. Saputri

Berita Terkini Lainnya