5 Manfaat Tenis Meja yang Harus Diketahui, Bisa Jadi Hiburan

Mampu membakar 272 kalori dalam satu jam

Jakarta, IDN Times - Tenis meja atau yang dikenal pingpong merupakan cabang olahraga bola kecil yang dapat dimainkan oleh semua usia. Dapat dimainkan tunggal maupun ganda, konsep permainan tenis meja sejatinya sama seperti olahraga tenis lapangan.

Namun demikian, peralatan dan arena yang digunakan di permainan tenis meja dan tenis lapangan tentu jauh berbeda.

Selain bermanfaat sebagai hiburan sesaat, tenis meja juga baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Olahraga bola kecil ini memberi stimulasi pikiran-tubuh, latihan aerobik, dan interaksi sosial. 

Keunggulan lain dari tenis meja adalah risiko cedera yang relatif rendah. Karenanya, olahraga ini aman untuk melatih kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan tanpa menimbulkan cedera serius. Yuk, kenali manfaat tenis meja lainnya dengan menyimak informasi berikut sampai akhir.

Baca Juga: 10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!

1. Mengurangi berat badan berlebih

5 Manfaat Tenis Meja yang Harus Diketahui, Bisa Jadi HiburanMengurangi berat badan berlebih sebagai manfaat tenis meja (freepik.com)

Mengurangi berat badan dapat dilakukan melalui olahraga tenis meja. Manfaat tenis meja ini dapat diperoleh dengan bermain secara konsisten. Terbukti rutin bermain tenis meja selama satu jam mampu membakar 272 kalori.

Karena termasuk olahraga aerobik, tenis meja membutuhkan lebih banyak oksigen supaya proses pembakaran lemak berjalan efektif. Untuk hasil maksimal, tentu saja permainan ini perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat.

2. Mengasah fungsi otak

5 Manfaat Tenis Meja yang Harus Diketahui, Bisa Jadi HiburanMengasah fungsi otak sebagai manfaat tenis meja (canva.com)

Salah satu manfaat tenis meja yang utama adalah mengasah fungsi otak. Saat bermain tenis meja, secara tidak langsung kamu merangsang sel-sel otak yang mengatur pergerakan, motorik, dan strategi.

Selain itu, tenis meja juga baik untuk melatih fungsi kognitif alias berpikir koordinasi mata dan tangan, serta refleks. Dengan manfaat tenis meja ini, kamu bisa menyiapkan strategi dan merespons gerakan dengan cepat.

Baca Juga: 4 Teknik Memegang Bet dalam Tenis Meja yang Benar

3. Meningkatkan refleks tubuh

5 Manfaat Tenis Meja yang Harus Diketahui, Bisa Jadi HiburanMeningkatkan refleks tubuh sebagai manfaat tenis meja (canva.com)

Tak sedikit yang menggandrungi olahraga ini karena praktis dalam melatih ketangkasan. Gerakan cepat dan tepat yang dihasilkan saat permainan merangsang refleks tubuh dalam merespons setiap gerakan.

Tah kanya itu, ciri khas tenis meja yang dilakukan dalam jarak dekat dan cepat mampu meningkatkan performa gerakan otot motorik dan otot halus. Manfaat tenis meja ini dapat dirasakan lewat otot-otot yang berubah berkedut saat kamu bermain tenis meja.

Baca Juga: 9 Merek Bet Tenis Meja Terbaik, Dibawah Rp1,5 Juta

4. Merangsang pertumbuhan tulang

5 Manfaat Tenis Meja yang Harus Diketahui, Bisa Jadi HiburanMerangsang pertumbuhan tulang sebagai manfaat tenis meja (canva.com)

Tak banyak yang tahu, tenis meja ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Intensitas permainan yang tinggi merangsang pertumbuhan tulang dan meminimalkan risiko terkena penyakit osteogenesis.

Uniknya, efek ini bisa meningkat saat kamu bergerak ke arah yang berlawanan dengan jeda beberapa detik. Manfaat tenis meja ini menghasilkan tulang yang lebih kuat, dapat, dan tidak rentan cedera.

Baca Juga: 3 Teknik Dasar Golf untuk Pemula, Jangan Asal Main!

5. Tenis meja jadi sarana bersosialisasi

5 Manfaat Tenis Meja yang Harus Diketahui, Bisa Jadi HiburanBersosialisasi sebagai manfaat tenis meja (freepik.com)

Selain baik untuk kesehatan jasmani, tenis meja juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana bersosialisasi. Saat olahraga, kamu cenderung akrab dan mudah berinteraksi dengan teman, kenalan, hingga orang asing sekalipun.

Interaksi yang dijalin saat bermain tenis meja mampu memperkuat keakraban dan kebersamaan. Berkat manfaat tenis meja ini, tak mengherankan bila perusahaan maupun sekolah kerap mengadakan pertandingan tenis meja.

Itulah lima manfaat tenis meja yang penting diketahui. Bila rutin bermain tenis meja, kamu bisa merasakan seluruh manfaat ini.

Baca Juga: 5 Tips Fundamental Bermain Tenis Meja, Auto Jago Instan! 

Topik:

  • Bella Manoban
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya