12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badan

Olahraga aman untuk ibu, pasca melahirkan dan ibu menyusui

Olahraga merupakan aktivitas yang kerap dilakukan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Olahraga kerap dilakukan oleh seseorang yang memang memiliki bobot tubuh yang berlebih untuk hidup lebih sehat. Bobot berlebih juga sering terjadi pada ibu yang telah melahirkan.

Mengembalikan berat badan ideal setelah melahirkan tidaklah mudah. Ibu yang setelah melahirkan harus memenuhi ASI untuk sang buah hati, banyak diantara ibu-ibu yang enggan melakukan olahraga karena berpikir akan mempengaruhi ASI, padahal kegiatan olahraga ini disarankan dan aman untuk dilakukan. Dengan melakukan olahraga untuk ibu menyusui, tubuh ibu bisa mendapatkan tenaga yang cukup untuk memberikan ASI pada bayi.

Namun, sebelum melakukannya sebaiknya ibu harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebab olahraga tentu akan membakar energi. Olahraga untuk ibu menyusui dapat menjaga kebugaran tubuh, melepas stress dan juga menjaga mood ibu menyusui agar tetap baik.

Tidak ada jenis olahraga tertentu yang harus dilakukan oleh ibu menyusui. Namun, ibu dapat melakukan beberapa olahraga untuk ibu menyusui berikut ini.

Baca Juga: 5 Jenis Gerakan Dumbbell Mudah untuk Olahraga di Rumah

1. Yoga

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanilustrasi yoga (freepik.com/freepik)

Aktivitas menyusui bayi dalam waktu yang cukup lama kadang membuat punggung terasa sakit. Yoga dapat membantu ibu untuk melawan rasa nyeri tersebut.

Yoga juga terbukti dapat membakar kalori, namun perlu diperhatikan agar memilih yoga yang berintensitas rendah untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. Ada banyak gerakan yoga yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui, yaitu Chakravakasana, pose sphinx dan pose jembatan.

2. Jalan santai

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanolahraga saat puasa dengan jalan santai (unsplash.com/esdesignisms)

Olahraga untuk ibu menyusui yang tanpa sadar sering dilakukan oleh para ibu adalah jalan santai. Untuk ibu yang melahirkan caesar jalan santai masih aman dilakukan berkeliling rumah atau berkeliling komplek.

Dengan rutin melakukan jalan santai, aliran darah lebih lancar. Selain itu, suasana hati pun jauh lebih baik sehingga membuat ASI untuk sang bayi semakin lancar.

3. Senam

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanunsplash.com/Bruce Mars

Senam dapat dilakukan di rumah sendirian dengan gerakan yang mudah. Senam membawa manfaat bagi ibu menyusui salah satunya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Bersepeda

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanilustrasi bersepeda (unsplash.com/Coen Van De Broek)

Olahraga outdoor satu ini selalu menyenangkan, ketika kondisi ibu pasca melahirkan sudah pulih maka bisa melakukan olahraga ini. Bersepeda selain menyenangkan juga membawa manfaat yaitu bisa membakar kalori dan lemak yang menyebabkan kenaikan berat badan.

5. Pemanasan di pagi hari

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanpexels.com/Julian Jagtenberg

Olahraga untuk ibu menyusui lainnya yaitu melakukan pemanasan setiap paginya. Ibu bisa melakukan ini agar otot-otot tidak tegang dan sirkulasi darah menjadi lancar. Ibu bisa melakukan pemanasan di pagi hari dengan cara angkat satu kaki bergantian, gelengkan kepala bergantian dan gerakan sederhana lainnya yang bisa dilakukan sambil berjemur.

6. Sit up

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanunsplash.com/brucemars

Olahraga dengan posisi gerakan terlentang di mana badan mengangkat beban tubuh hingga setengah duduk. Latihan gerakan sit up ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut. Tapi, olahraga ini tidak disarankan untuk ibu menyusui yang memiliki masalah otot dan organ reproduksi pasca melahirkan, ya!

Baca Juga: 10 Olahraga Paling Menyehatkan di Dunia, Cobain Mulai Sekarang! 

7. Menggendong bayi

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanilustrasi menggendong bayi (pexels.com/Jonathan Borba)

Menggendong bayi bisa menjadi pilihan mudah jika ibu ingin berolahraga namun tidak bisa meninggalkan bayi. Menggendong bayi akan memperkuat otot tangan dan lengan ibu, maka dari itu menggendong bayi sambil berjalan-jalan setiap pagi dan sore dapat membakar lemak ibu dan juga membantu meningkatkan hubungan dekat antara ibu dan bayi.

8. Aerobik

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanilustrasi senam aerobik bersama (pexels.com/Kate Trysh)

Aerobik bisa menjadi alternatif pilihan bagi ibu menyusui yang ingin melakukan olahraga yang sedikit ekstra, namun tetap aman. Aerobik merupakan olahraga kardiovaskular yang bermanfaat untuk meningkatkan suplai oksigen ke jantung dan darah. Aerobik juga mampu lho, untuk menurunkan berat badan dengan signifikan serta membuat tubuh ibu menjadi bugar.

9. Senam kegel

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanilustrasi latihan kegel (pexels.com/Anna Shvets)

Senam yang menitikberatkan untuk penguatan otot panggul serta rahim. Gerakan senam ini dapat meningkatkan kesuburan serta menjaga kesehatan reproduksi, gerakan senam ini juga dapat mengencangkan vagina usai bersalin. Untuk hasil yang maksimal, ibu bisa rutin melakukan senam ini.

10. Squat

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanilustrasi gerakan squat (pexels.com/Anthony Shkraba)

Squat dapat dipilih sebagai olahraga untuk ibu menyusui. Dengan melakukan squat 8 kali di pagi hari setiap harinya bisa memberikan manfaat berupa mengencangkan otot paha serta betis.

11. Cardio dance

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat Badanilustrasi cardio dance (unsplash.com/bruce mars)

Olahraga jenis ini selain membantu membakar kalori bagi ibu juga sangat menyenangkan. Cardio dance mampu membakar lemak sekaligus menghilangkan stres. Mood yang baik setelah cardio dance dapat meningkatkan serta memperlancar ASI.

12. Berenang

12 Olahraga untuk Ibu Menyusui, Aman dan Bisa Turunkan Berat BadanIlustrasi berenang (unsplash.com/Drew Dau)

Olahraga untuk ibu menyusui yang tergolong aman untuk dilakukan adalah berenang. Dengan berenang dapat melepaskan stres dan penat serta membakar kalori pada tubuh ibu. Dengan catatan olahraga ini dilakukan setelah tubuh ibu sudah siap untuk melakukannya.

Itulah beberapa olahraga untuk ibu menyusui di atas bisa dilakukan dengan santai. Menjaga kesehatan bagi ibu menyusui memang penting, nih. Selain untuk menguatkan daya tahan tubuh, juga menjaga kualitas ASI bagi si kecil.

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya