Comscore Tracker

Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Pemula Ketahui!

Ini dia peraturan dalam permainan bola basket.

Jakarta, IDN Times Peraturan dalam olahraga memiliki peran penting, termasuk dalam pertandingan basket. Olahraga yang cukup banyak digemari di Indonesia ini memiliki peraturan yang dibuat secara sah oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Adanya peraturan permainan ini untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam bermain basket. Bagi kamu yang baru menekuni olahraga ini, kamu bisa mempelajari beberapa aturan permainan dalam bola basket berikut ini.

1. Formasi

Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Pemula Ketahui!pemain Atlanta Hawks Trae Young (hoopshype.com)

Peraturan dan cara bermain bola basket tergantung dari kemampuan setiap individu di dalam, tim itu sendiri, setiap individu akan mempengaruhi kekuatan dan kelemahan posisi di dalam sebuah tim. Formasi yang biasa dipakai dalam pertandingan olahraga bola basket yaitu 2-1-2 atau 1-2-2 dengan posisi sebagai guard, centre dan forward.

2. Waktu

Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Pemula Ketahui!twitter.com/nbacom

Mengenai aturan waktu dalam pertandingan bola basket yaitu terdiri dari dua babak. Masing-masing memiliki kuarter dengan durasi bermain 15 menit dengan lima menit waktu istirahat. Jam pengatur waktu permainan akan berhenti ketika wasit meniupkan peluit.

3. Jumlah pemain

Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Pemula Ketahui!obsev.com

Setiap tim terdiri dari lima sampai 10 pemain. Namun hanya ada lima pemain yang boleh jadi starter dan sisanya duduk di kursi cadangan. Kelima pemain ini dibagi dengan posisi dasar guard, centre, dan forward.

4. Aturan pemain cadangan

Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Pemula Ketahui!NBA draft 2021, Houston Rockets boyong shooting guard terbaik G League, Jalen Green. (nba.com).

Setiap pertandingan berlangsung di lapangan, pemain dalam bola basket bisa diganti kapanpun oleh pelatih sesuai kebutuhan. Syarat saat dilakukannya pergantian pemain ini ketika bola mati atau sedang break kuarter.

5. Pelanggaran

Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Pemula Ketahui!potret Russell Westbrook (nba.com)

Peraturan pelanggaran dalam permainan bola basket ketika terjadi sebuah pelanggaran seperti offense, blocking, foul dan lainnya. Setiap tim yang melanggar tidak diberi wewenang untuk menyerang.

6. Three seconds

Dalam pertandingan basket, offside tidak berlaku. Hal ini menjadi celah dan peluang besar bagi para pemain yang memiliki postur tinggi. Mereka cukup menunggu di bawah ring lawan untuk melakukan shooting. Tapi, aturan three seconds dibuat agar pemain tidak diperbolehkan diam lebih dari tiga detik.

7. Cetak poin

Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Pemula Ketahui!NBA draft 2021, Golden State Warriors boyong jebolan G League, Jonathan Kuminga. (nba.com).

Saat bola masuk ke dalam ring, maka poin yang didapat bisa mencapai satu hingga tiga poin. Shooting bernilai satu angka biasanya diperoleh dari free throw.

Sedangkan poin yang bernilai dua diperoleh dari tembakan dalam lingkaran. Sedangkan untuk memperoleh tiga poin, saat berhasil shoot bola ke ring dari luar lingkaran.

8. Wasit

Perwasitan turut diatur dalam peraturan permainan bola basket. Dibutuhkan dua wasit yang dikenal dengan sebutan referee dan umpire dengan tugas yang berbeda. Keputusan wasit adalah mutlak, bila tim melakukan protes akan dikenakan denda berupa membayar sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan sebelum pertandingan dilaksanakan.

9. Out

Jika bola keluar dari garis lapangan, maka tidak bisa dimainkan. Oleh sebab itu, tim yang anggotanya terakhir bersentuhan dengan bola akan kehilangan kesempatan memainkannya.

10. Usai cetak poin

Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Pemula Ketahui!Satria Muda vs Pelita Jaya. (Dok. IBL)

Jika seorang pemain berhasil menciptakan gol, maka seseorang dari tim lawan harus melempar atau mengoper bola dari belakang garis pantul. Saat ini terjadi, wasit tidak perlu meniup peluit jika bola berhasil masuk ke dalam ring.

11. Ukuran Bola Basket

Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Pemula Ketahui!Pebasket putri DKI Jakarta Sophia Rebecca Adventa (tengah) menghadang gerakan pebasket Sulawesi Selatan Sitti Fatimah (kiri) dalam pertandingan penyisihan bola basket 5 on 5 PON XX PAPUA di Mimika Sport Complex, Kamis (30/9/2021). Dok. PB PON XX Papua/ Rommy Julianto

Untuk keliling bola sebesar 75 hingga 78 sentimeter. Sedangkan berat bola basket harus antara 600 sampai 650 gram. Selain berat dan ukuran bola, pantulan ke atas juga ditentukan. Pantulan yang sesuai standar FIBA adalah pantulan keatas 1,2 sampai 1,4 meter.

12. Time out

Time out bertujuan supaya memungkinkan sebuah tim mengatur ulang strategi sampai beristirahat. Aturan ini dilakukan paling banyak dua kali untuk setiap kuarter.

Baca Juga: Buat Pemula, Yuk Ketahui 50 Istilah dalam Basket

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya