Sejarah Senam Aerobik dan Pengertiannya

Senam aerobik udah populer sejak tahun 70-an, lho!

Senam aerobik adalah salah satu olahraga yang dilakukan dengan iringan musik. Senam aerobik merupakan gabungan antara rangkaian gerak dan musik yang dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan badan dan musik.

Bagi kamu yang ingin melakukan olahraga dengan rutin namun dengan cara yang menyenangkan, kamu bisa memilih senam aerobik sebagai olahraga rutin. Nah, berikut ini merupakan rangkuman dari sejarah aerobik dan juga pengertiannya. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Pengertian Senam Aerobik

Sejarah Senam Aerobik dan Pengertiannyapixabay.com/Luisb

Senam aerobik pertama kali dibawa oleh dr. Kenneth. Menurutnya, senam aerobik merupakan kegiatan menggerakan suatu bagian tubuh yang memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa dengan melakukan senam,  akan lebih banyak oksigen yang masuk dan berguna untuk memperpanjang waktu dalam senam.

Senam aerobik ini dapat meningkatkan detak jantung dan memompa oksigen, karena gerakannya diatur dengan menggunakan konsep ritme musik. Melakukan olahraga ini juga dapat memperlancar aliran darah, lho. 

Sejarah Senam Aerobik

Sejarah Senam Aerobik dan Pengertiannyailustrasi senam aerobik bersama (pexels.com/Kate Trysh)

Pada tahun 1960-an, dr.Kenneth Cooper memperkenalkan senam aerobik. Dari situlah senam menjadi olahraga yang populer sejak tahun 1970-an.

Senam aerobik yang identik dengan tarian dan musik ini kemudian dipelajari oleh sekelompok orang dalam beberapa minggu. Tarian ini dilakukan di tempat umum seperti taman rekreasi, tempat kebugaran dan juga sekolah-sekolah.

Seiring berjalan waktu, tarian ini terkenal dan masuk ke dalam kategori senam. Pada tahun 1980-an, senam aerobik dikompetisikan di tingkat nasional dan internasional dengan sebutan fit aerobics. Kategori yang dipertandingkan yaitu nomor individu putri dan putra.

Pertandingan  tersebut terus berlanjut hingga berganti nama menjadi aerobic competitive pada tahun 1990-an dengan sejumlah perubahan peraturan. Kategorinya pun bertambah menjadi berpasangan bahkan kelompok trio.

Aerobic competitive diatur oleh International Aerobics Federation (IAF) yang berpusat di Tokyo. Pada tahun yang sama, Federation International Gymnastique (FIG) yang menaungi senam artistik dan ritmik sportif mulai menggelar kejuaraan dunia Sports Aerobic di Paris pada tahun 1995.

Diakuinya senam aerobik oleh FIG, maka pembinaan Sports Aerobics di Indonesia dilakukan oleh PB.PERANI. kompetisi yang ada di Indonesia ini mengacu pada FIG yang dikenal dengan istilah Code of Points.

Pada tahun 2005, sports aerobics diganti menjadi aerobics gymnastics. Peraturan kerjuaraan ini juga meningkat dan berubah serta nomor yang dipertandingkan adalah single, couple, trio dan groups.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Zumba bagi Pemula, Jangan Asal Gerak!

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dan sejarah senam aerobik. Kalau kamu senang menari atau menginginkan olahraga yang menyenangkan, kamu bisa coba olahraga ini, nih!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya