Teknik Memukul Bola dalam Permainan Softball

Ada 2 teknik yang bisa kamu gunakan saat bermain softball

Memukul adalah salah satu bagian penting dalam permainan softball. Teknik memukul dalam permainan softball dilakukan memakai pemukul kayu atau tongkat bat. Bola yang akan dipukul harus benar-benar mengenai bidang pukulan pada pemukul kayu tersebut.

Pada umumnya ada 2 teknik memukul bola dalam permainan softball, yaitu pukulan swing dan bunt. Untuk mengetahui lebih lanjut simak cara menguasai teknik memukul bola dalam permainan softball berikut ini.

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Permainan Kasti, Jadi Kunci Kemenangan

1. Teknik pukulan swing

Teknik Memukul Bola dalam Permainan Softballpexels.com/Pixabay

Swing atau ayunan dimulai dengan kaki dan pinggul sedangkan untuk tangan dan bahu tetap berada di belakang. Batter (pemukul) kemudian akan memukul bola dengan bantuan kaki belakang saat bola mendekati bat yang merupakan salah satu perlengkapan permainan softball. Berikut cara melakukan teknik pukulan swing.

a. Memegang bat dengan grip yang benar, rileks dan tidak menimbulkan ketegangan pada lengan serta pergelangan tangan.

b. Sesuaikan posisi berdiri dengan panjang lengan dan pegangan pemukul.

c. Berdiri dalam posisi kuda-kuda di dalam batter box. Pada posisi kuda-kuda, kaki dibuka tidak terlalu lebar dan tidak terlalu rapat.

d. Geser kaki ke depan sesuai arah datangnya bola dari pitcher.

e. Lalu, ayunkan ke depan disertai putaran badan ke depan setelah bola datang. Arah putaran pemukul lurus apabila menginginkan bola terpukul lurus dan diayun ke arah atas jika mengingnkan bola terpukul melambung.

f. Setelah itu, kamu bisa pindahkan berat badan dari belakang untuk menambah kekuatan pukulan.

2. Teknik pukulan bunt

Teknik Memukul Bola dalam Permainan Softballilustrasi bermain softball (pixabay.com/Keithjj)

Bunt adalah teknik memukul bola yang dilakukan dimana bola secara sah disentuh dengan pemukul tanpa ayunan. Teknik ini biasa digunakan untuk menghadang atau menumbuk bola dengan pemukul secara perlahan sehingga bola jatuh. Untuk lebih detail, kamu bisa melakukan teknik pukulan bunt sebagai berikut.

a. Batter (pemukul) memposisikan diri seolah-olah seperti melakukan pukulan dengan ayunan sebelum melakukan pukulan bunt yang sesungguhnya.

b. Jika pemukul berdiri sejajar dengan home plate, maka geserlah kaki depan ke arah diagonal belakang. Kemudian disusul oleh kaki belakang sehingga kedua kaki dalam posisi sejajar.

c. Bersamaan dengan pivot foot, kamu bisa menggeser tangan yang belakang ke arah ujung lutut.

d. Dengan pivot foot yang cepat akan menghasilkan pukulan bunt yang sempurna.

Teknik memukul bola menjadi salah satu kunci mencetak poin dalam pertandingan softball. Karena itu, setiap pemain mesti berlatih dan menguasai dengan baik teknik permainan softball satu ini agar bisa membawa tim meraih kemenangan.

Baca Juga: 7 Teknik Dasar Permainan Softball yang Harus Dikuasai

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya