5 Trik Melakukan Spike Tajam di Voli

Smash lawanmu untuk dapatkan poin!

Jakarta, IDN Times - Sebagai salah satu olahraga bola besar yang banyak digemari, voli kerap menampilkan berbagai aksi menarik untuk ditonton. Tak cuma atraktif, voli juga sering menyajikan teknik pukulan yang tajam.

Biasanya, spike jadi salah satu senjata andalan para pemain voli, atau umumnya dikenal sebagai smes. Spiker menjadi pemain yang punya tanggung jawab untuk melakukan hal tersebut.

Perlu teknik mumpuni untuk melakukannya, agar lawan kesulitan buat mengembalikan bola. IDN Times sajikan buat kamu seperti dilansir berbagai sumber.

1. Teknik awalan spike

5 Trik Melakukan Spike Tajam di VoliTahapan gerakan smash bola voli (yuksinau.id)

Gerakan awalan ini adalah dimaksudkan untuk mendapat sudut pukulan yang ideal. Untuk umpan tinggi, pemain bisa mengambil dua atau tiga langkah untuk membuat momentum horizontal.

Setelah melakukan dua atau tiga langkah dengan cepat, kemudian momentum horizontal tersebut diubah menjadi vertikal dengan melompat menggunakan satu kaki.

Baca Juga: Trik Umpan dan Servis dalam Permainan Voli

2. Teknik spike

5 Trik Melakukan Spike Tajam di VoliBartosz Kurek saat berlaga bersama timnas voli Polandia. (eurovolley.cev.eu)

Pada saat ingin melompat, pemain harus menggunakan gerakan eksplosif supaya bisa mencapai ketinggian maksimal. Sambil melompat, pemain dapat mengayunkan lengan untuk menambah gaya lompatan. Ayunan tangan tersebut dapat dilakukan dengan lengan ditekuk atau lurus.

3. Saat melayang di udara

5 Trik Melakukan Spike Tajam di VoliSaat melayang di udara (purovoley.com)

Pada saat bersamaan, setelah berhasil melompat dengan tinggi, tangan yang digunakan untuk memukul bola voli digerakan ke belakang badan. Hal ini dimaksudkan supaya pemain memiliki cukup tenaga ketika memukul bola.

4. Perhatikan teknik pukulannya

5 Trik Melakukan Spike Tajam di VoliSaat memukul bola voli (vollyballfull.blogspot.com)

Pada saat kontak dengan bola, tangan yang digunakan untuk memukul kemudian diayunkan ke depan. Pastikan memukul bola sekeras mungkin. Usahakan, pukul bola di depan atas dahi, dengan tangan relatif lurus untuk mendapatkan kecepatan maksimal dan sudut pukulan yang tepat.

Setelah memukul bola, sebisa mungkin tubuh, tangan atau kaki tidak sampai menyentuh net. Hal tersebut dapat mengakibatkan pelanggaran, dan membuat lawan mendapatkan poin.

5. Mendarat

Saat mendarat, usahakan menggunakan kedua telapak kaki dengan tujuan untuk memperluas permukaan mendarat dan menghindari kemungkinan cedera. Kemudian tekuk persendian pinggul, lutut, persendian kaki untuk menyerap gaya mendarat.

Itulah langkah-langkah untuk melakukan smash atau spike pada permainan bola voli. Gunakan spike jika kamu ingin mencetak poin dalam permainan bola voli. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Pemain Voli Pria dengan Bayaran Termahal di Dunia Tahun 2021

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya