Trik Pivot yang Benar, Biar Lincah dan Jago di Basket

Coba gerakan ini untuk teknik pivot yang sempurna

Jakarta, IDN Times - Pivot dalam olahraga bola basket merupakan sebuah teknik yang dilakukan demi mengelabui hingga mencetak poin ke ring lawan. Teknik ini merupakan gerakan berputar yang berporos pada salah satu kaki dengan kedua tangan memegang bola demi melindunginya.

Pivot sebenarnya jadi teknik dasar untuk melakukan manuver alias gocekan buat lawan. Butuh kecermatan, kelenturan, dan kecepatan buat melakukannya.

Agar bisa melakukan pivot dengan benar, kamu perlu tahu tekniknya. Jika asal melakukannya, kamu bisa dianggap foul. Berikut IDN Times rangkum cara melakukan pivot agar kamu dapat mencetak poin sebanyak-banyaknya!

  1. Gunakan salah satu kaki yang akan dijadikan sebagai tumpuan
  2. Lalu, angkat kaki dan pindahkan kaki untuk melakukan gerakan memutar dengan catatan satu kaki tidak boleh bergeser.
  3. Posisi tangan dalam keadaan memegang dan menjaga bola dari sergapan awan
  4. Pastikan badan berada di antara bola dan lawan yang ingin merebut. Hal ini bertujuan untuk menghalangi lawan merebut bola.
  5. Setelah melakukan pivot dan jika ada kesempatan bergerak, kamu bisa melanjutkannya dengan passing, dribbling atau shooting.
  6. Usahakan kaki yang menjadi tumpuan tidak boleh bergeser. Tumpuan ini hanya diperbolehkan memutar mengikuti gerakan tubuh atau memutar badan.
  7. Satu hal yang perlu diketahui, saat kamu menempati posisi penyerang dalam permainan bola basket kamu harus mampu menguasai gerakan pivot dengan baik dan benar. Karena gerakan pivot bisa menjadi salah satu keuntungan saat melakukan serangan karena akan sulit untuk dibendung bek atau pemain bertahan lawan.
Trik Pivot yang Benar, Biar Lincah dan Jago di BasketInstagram/@perbasi.ina

Pivot bisa kamu digunakan saat dribble, passing atau shooting. Berikut ini caranya :

1. Pivot dan dribble

Setelah seorang pemain memutar badannya dengan gerakan pivot, maka bola akan digiring menggunakan teknik dribble ke tempat lain.

2. Pivot dan umpan

Baca Juga: Langkah Kecil Berdampak Besar di NBA 2021/22

Trik Pivot yang Benar, Biar Lincah dan Jago di BasketTwitter Clippers

Gerakan ini biasa dilakukan oleh pemain dengan insting umpan yang bagus. Biasanya ketika killer pass datang setelah melakukan pivot ke pemain bertipe finisher seperti bigman dan small forward.

3. Pivot dan shooting

Trik Pivot yang Benar, Biar Lincah dan Jago di BasketNBA draft 2021, Houston Rockets boyong shooting guard terbaik G League, Jalen Green. (nba.com).

Pivot juga bisa dilakukan untuk melepaskan shooting atau menembakkan bola. Gerakan ini cukup sulit dilakukan karena akan berdampak kepada keseimbangan yang kurang baik.

Baca Juga: 6 Teknik Tembakan Basket yang Harus Dikuasai Biar Jago

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya