Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Dunia

Apakah kidal ada hubungannya dengan prestasi?

Kalian pasti tidak asing lagi jika mendengar nama-nama olahragawan seperti Pele, Larry Bird, atau Many Pacquiao. Yak, benar sekali! Mereka adalah atlet hebat yang sukses menorehkan prestasi hingga di tingkat dunia. Tapi, pernah gak sih kalian memperhatikan ada yang berbeda dari mereka?

Mereka adalah para atlet yang menggunakan kaki atau tangan kiri sebagai kekuatan utama mereka atau yang biasa disebut dengan kidal. Sekitar 10 persen dari populasi penduduk di dunia adalah kidal.

Orang yang kidal menggunakan tangan atau kaki kirinya di dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menulis, menendang, atau menyisir. Menurut Profesor psikologi dari Pennsylvania State University, Clare Porac, orang terlahir kidal karena adanya faktor genetik biologis. Mereka mengendalikan tubuh dengan belahan otak kanan, sehingga penggunaan anggota tubuh tertumpu di tangan kiri. 

Menurut pakar bernama Daniel M. Abrams dan Mark J. Pannagio, seperti dilansir dari Huffingtonpost, orang kidal memiliki kelebihan tersendiri. Mereka menghabiskan waktunya untuk bersaing melawan orang kebanyakan tangan kanan. Sebaliknya, orang kebanyakan hanya memiliki sedikit pengalaman dalam menghadapi orang kidal.

Agaknya hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para atlet kidal untuk bisa menorehkan prestasi. Berikut ini adalah para atlet kidal dengan prestasi dunia.

1. Rafael Nadal

Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Dunianewsfirst.lk

Mantan petenis nomor 1 di dunia sebenarnya bukan merupakan orang kidal. Nadal masih menggunakan tangan kanannya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun pelatih sekaligus pamannya, Toni Nadal, mengajarkannya bermain dengan tangan kiri agar memiliki backhand yang kuat.

Saran itu ternyata berbuah manis. Nadal tercatat telah mengantongi juara Grand Slam sebanyak 10 kali dan mencetak rekor 31 kali kemenangan secara berturut-turut pada kejuaraan French Open.

2. Lin Dan

Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Duniasportskeeda.com

Meskipun Tiongkok memiliki banyak bintang bulu tangkis, mustahil rasanya melupakan sosok Lin Dan. Sosoknya memang terbilang fenomenal.

Sejak menjalani karier professional di tahun 2002, Lin Dan berhasil mengantongi lebih dari 60 gelar juara. Ia juga merupakan satu-satunya pemain tunggal putra yang berhasil memperoleh emas olimpiade dua kali  berturut-turut, yakni Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

Selain performa fisik yang optimal dan pengusaan teknik bermain yang mumpuni, menjadi pemain kidal memberikan keuntungan tersendiri bagi Lin Dan dalam mempersulit lawan-lawannya.

3. Lionel Messi

Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Duniableacherreport.com

Pemain asal Argentina ini telah berhasil memperoleh trofi Ballon d’Or sebanyak 5 kali. Meskipun memiliki tubuh yang tergolong mungil, namun dengan kaki kirinya ia mampu merobek pertahanana lawan.

Pemain lain yang juga memiliki kaki kidal adalah Diego Maradona, Sir Boby Charlton, Johan Cruyff, Michele Platini, Romario, dan Marco van Basten.

4. Oscar de la Hoya

Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Duniasportsoutwest.com

Petinju yang berjuluk “The Golden Boy” ini tercatat telah mengoleksi 10 gelar juara dunia di enam kelas yang berbeda sepanjang kariernya. Oscar merupakan petinju kidal atau southpaw boxer yang mampu mengeluarkan pukulan jab dan hook kiri yang keras.

5. Randy Johnson

Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Dunianewsweek.com

Pemain berjuluk “The Big Unit” ini merupakan salah satu dari 50 pemain baseball kidal terbaik yang pernah ada menurut Major League Baseball. Sepanjang kariernya, Randy mampu mencetak 2000 strike out.

 

6. Martina Navratilova

Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Duniacnn.com

Petenis asal Ceko ini merupakan salah satu legenda tenis yang menggunakan tangan kiri dalam bermain. Dikutip dari CNN, Martina berhasil memenangkan 18 kali Grand Slam dalam nomor tunggal putri, 31 kali Grand Slam dalam nomor ganda putri, dan 10 kali Grand Slam pada nomor ganda campuran.

7. Babe Ruth

Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Duniapbs.org

Berbicara baseball, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas George Herman Ruth, Jr., alias Babe Ruth. Pemain yang dijuluki “The Bambino” ini merupakan pemain base ball pertama yang mampu mencetak home run sebanyak 60 kali dalam satu musim pertandingan. Di luar lapangan, ia merupakan sosok yang karismatik sehingga mampu menarik perhatian dari kalangan luas.

 

8. Bill Russel

Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Duniacnn.com

Selain dikenal sebagai seorang aktivis hak asasi manusia, Bill merupakan salah satu dari 50 pemain terbaik NBA sepanjang masa. Dalam kariernya, ia telah memenangkan 5 penghargaan Most Valuable Player (MVP), 12 kali masuk NBA All-Stars, serta merevolusi konsep bertahan pemain berupa short blocker super.

Karena prestasinya, NBA menganugerahinya penghargaan Lifetime Achievement Award pada Juni 2017.

9. Phil Mickhelson

Nadal hingga Messi, Ini 9 Atlet Kidal yang Torehkan Prestasi Duniacelebfamily.com

Phil merupakan salah satu dari 16 pegolf terhebat sepanjang sejarah. Dalam kariernya, Phil berhasil memenangkan 42 kali kejuaraan PGA Tour, Sama seperti Rafael Nadal, Phil Michelson bukanlah seorang kidal. Namun di lapangan golf, ia mengandalkan tangan kirinya dalam mengayunkan tongkat golf.

Bermain dengan kaki atau tangan kidal mungkin memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka. Karena konon katanya, serangan dari atlet kidal itu sulit ditebak. Tapi tentu saja hal tersebut bukan merupakan satu-satunya penentu kemenangan mutlak. Keras, disiplin, dan semangat pantang menyerah menjadi faktor penting di dalam menentukan prestasi mereka di dunia mereka masing-masing.

 

 

darajingga Photo Verified Writer darajingga

Underdog

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya