Comscore Tracker

Jago di Lapangan, 7 Atlet ini Juga Dikenal Dermawan

The more you give, the more you earn

Ketenaran, kekayaan, dan segudang prestasi telah mereka dapatkan. Segala jerih payah, keringat, dan air mata, telah mereka korbankan demi mendapatkan itu semua. Namun semua kesuksesan yang telah mereka dapatkan, tidak serta merta menjadikan mereka sebagai sosok yang sombong.

Di balik kemakmuran hidup para atlet kenamaan ini, ternyata mereka tidak lupa menyisihkan pendapatan mereka untuk membantu orang yang membutuhkan. Bahkan beberapa dari mereka, tidak ragu untuk terjun membantu secara langsung.

Siapa saja mereka?

1. Cristiano Ronaldo

Jago di Lapangan, 7 Atlet ini Juga Dikenal Dermawanfoxsportsasia.com

Cristiano disebut-sebut sebagai atlet yang paling dermawan yang pernah ada. Ia pernah menyumbangkan uang sebesar $83,000 kepada seorang anak berusia 10 tahun yang membutuhkan operasi bedah otak. Ia juga pernah memberikan donasi lebih dari $ 165,000 kepada sebuah pusat perawatan kanker yang pernah merawat ibunya.

Jika sejenak kita mengingat peristiwa tsunami yang terjadi di Aceh pada bulan Desember 2014, ditemukan seorang anak bernama Martunis yang bertahan hidup terombang-ambing selama berhari-hari, dimana saat itu ia tengah mengenakan jersey Cristiano untuk timnas Portugal. Mendengar peristiwa tersebut, Cristiano lantas terbang menuju Aceh dan mengangkat Martunis sebagai anak angkatnya.

Pada sebuah wawancara yang dilansir Telegraph.co.uk, Cristiano pernah berkata, “Ayahku selalu mengajariku bahwa jika kamu membantu orang lain, maka Tuhan akan memberimu lebih banyak.” Cristiano mengaku telah membuktikan hal tersebut. ia mengatakan disaat ia menolong orang lain yang membutuhkan, Tuhan selalu menolongnya lebih sering.

2. John Cena

Jago di Lapangan, 7 Atlet ini Juga Dikenal Dermawanaminoapps.com

Bagi bintang WWE ini, uang bukanlah segala-galanya. Dengan kekayaan yang dimilikinya, John mendirikan yayasan “Make A Wish”, yang mengabulkan harapan terakhir anak-anak yang memiliki keterbatasan. Saat ini, John telah mengabulkan lebih dari 500 permintaan anak-anak.

Selain itu, ia juga banyak terlibat pada Susan G. Komen Foundation, dan berhasil mengumpulkan donasi untuk kepentingan riset kanker.

3. Serena Williams

Jago di Lapangan, 7 Atlet ini Juga Dikenal Dermawanthespun.com

“Ratu Tenis” ini tidak hanya dikenal piawai ketika berada di lapangan. Di luar lapangan, ia ternyata sosok yang dermawan. Serena aktif terlibat dalam Serena Williams Foundation dan juga sebagai duta besar untuk UNICEF. Ia mengkampanyekan perluasan akses pendidikan di negara-negara berkembang seperti Bangladesh, Indonesia, dan Nepal.

4. Neymar

Jago di Lapangan, 7 Atlet ini Juga Dikenal Dermawanindependent.co.uk

Meski sudah menjadi atlet profesional dengan bayaran yang tinggi, tidak membuat Neymar lupa akan negara asalnya, Brazil. Bersama keluarganya, ia mendirikan sebuah yayasan yang bernama “The Instituto Projeto Neymar Jr.”, yang bekerja sama dengan FC Barcelona Foundation untuk memperkenalkan olahraga, terutama bagi anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Tidak hanya itu, Neymar juga membantu negaranya dalam upaya memberantas virus ebola dengan cara menyediakan air bersih.

5. LeBron James

Jago di Lapangan, 7 Atlet ini Juga Dikenal Dermawanfoxnews.com

LeBron James merupakan salah satu pemain basket terhebat di zamannya. Tidak disangka, LeBron ternyata memiliki dedikasi yang tinggi untuk bisa membantu sesama. Di tahun 2011, LeBron James Family Foundation mengumpulkan uang sebesar $ 3juta untuk membantu anak-anak yang membutuhkan di seantero negeri. Di tahun 2015, ia berhasil mengumpulkan $41 juta untuk menyekolahkan lebih dari 1000 orang anak.

6. Michael Phelps

Jago di Lapangan, 7 Atlet ini Juga Dikenal Dermawanhometown-pasadena.com

Hingga saat ini, belum ada perenang yang mampu menyaingin prestasi Michael Phelps. Perenang yang berhasil meraih 8 medali emas pada Olimpiade Beijing 2008 ini, diketahui telah mengeluarkan dana pribadi sebesar US$ 1 juta untuk membuat yayasan sosial yang fokus untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengenal olahraga renang.

7. Yuna Kim

Jago di Lapangan, 7 Atlet ini Juga Dikenal Dermawans-korea.jp

Yuna merupakan atlet skater pertama yang berhasil medali emas untuk pertama kali di cabang olahraga ini bagi negaranya, Korea Selatan. Yuna merupakan duta untuk UNICEF yang vokal dalam memperjuangkan hak anak-anak di Suriah. Ia juga diketahui telah memberikan uang sebesar ratusan ribu dollar yang digunakan untuk bantuan kemanusian di Filipina, Haiti, Jepang, dan Nepal.

Itu masih belum seberapa. Masih banyak atlet-atlet lain yang juga peduli kepada orang yang membutuhkan. Dari berbagai kegiatan sosial yang dilakukan para atlet di atas, semoga bisa memotivasi kita untuk bisa terus membantu orang yang membutuhkan.

darajingga Photo Verified Writer darajingga

Underdog

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya