Fajar/Rian Tertahan, 6 Wakil Indonesia Dipastikan Lolos WTF 2018

Hanya peringkat 8 besar rangking "Race to Guangzhou"

Tak terasa turnamen BWF World Tour yang berlangsung sepanjang tahun 2018 akan segera berakhir di bulan Desember nanti. Puncak dari BWF World Tour akan dilaksanakan pada 12-16 Desember 2018 di Guangzhou, Tiongkok. Hanya peringkat delapan rangking besar "Race to Guangzhou" yang lolos ke BWF World Tour Final 2018.

Dilansir dari Badmintonindonesia.org, enam wakil Indonesia berhasil lolos ke BWF World Tour Final 2018. Penghitungan poin dilakukan sejak awal tahun 2018 mulai dari turnamen Thailand Masters pada bulan Januari 2018 hingga turnamen Syed Modi International Badminton Championships 2018.

Berikut ini beberapa fakta lolosnya enam wakil Indonesia ke BWF World Tour Final 2018, meski tanpa Fajar/Rian yang akhir-akhir ini kurang stabil performanya.

1. Enam wakil Indonesia 'dipastikan' lolos

Fajar/Rian Tertahan, 6 Wakil Indonesia Dipastikan Lolos WTF 2018twitter.com/INABadminton

Peringkat terbaru "Race to Guangzhou" yang dirilis BWF, keenam wakil Indonesia yang lolos adalah Tommy Sugiarto dan Anthony Sinisuka Ginting di sektor tunggul putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di sektor ganda putra, Greysia Polii/Apriyani Rahayu di sektor ganda putri, dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di sektor ganda campuran/

2. Korea Masters 2018 tidak akan masuk hitungan poin

Fajar/Rian Tertahan, 6 Wakil Indonesia Dipastikan Lolos WTF 2018badmintonindonesia.org

Syed Modi International Badminton Championships 2018 adalah turnamen terakhir untuk memperebutkan tiket ke BWF World Tour Final 2018. Baru-baru ini BWF menuturkan bahwa Korea Masters tidak masuk hitungan poin menuju BWF World Tour Final 2018 karena waktunya yang terlalu mepet untuk penghitungan poin dan persiapan turnamennya.

3. Hadiah untuk pemenang BWF World Tour Final 2018

Fajar/Rian Tertahan, 6 Wakil Indonesia Dipastikan Lolos WTF 2018twitter.com/INABadminton

Dilansir dari Badmintonindonesia.org, BWF World Tour Final 2018 menawarkan jumlah poin yang tidak main-main untuk para pemenang yaitu 12.000 poin. Tak hanya itu, uang hadiah yang ditawarkan juga cukup menggiurkan sebesar 1,5 juta dollar AS.

Baca Juga: Kevin/Marcus Rebut 9 Gelar Sepanjang 2018, Ini Daftarnya!

4. Fajar/Rian 'dipastikan' tidak lolos

Fajar/Rian Tertahan, 6 Wakil Indonesia Dipastikan Lolos WTF 2018badmintonindonesia.org

Sempat bersaing dengan Ahsan/Hendra, tetapi keberuntungan rupanya belum berpihak kepada mereka. Fajar/Rian tidak termasuk dalam peringkat delapan besar ranking "Race to Guangzhou". Saat ini Fajar/Rian merupakan salah satu unggulan Indonesia di Syed Modi International Badminton Championships 2018. Namun, sayangnya Fajar/Rian meski menjadi juara di Syed Modi International Badminton Championships 2018, mereka tidak 'dipastikan' lolos ke BWF World Tour Final 2018.

5. Jonatan Christie yang kehilangan peluang

Fajar/Rian Tertahan, 6 Wakil Indonesia Dipastikan Lolos WTF 2018twitter.com/INABadminton

Jonatan Christie yang sempat mengalahkan teman sekamarnya di Pelatnas, Anthony Sinisuka Ginting, di R2 dan berhadapan dengan Kento Momota di perempat final Hong Kong 2018 'dipastikan' tidak lolos BWF World Tour Final 2018. Awalnya Jonatan dan Ginting memang dipersiapkan untuk berperang di Korea Masters 2018, tetapi sayangnya kebijakan baru BWF yang menyatakan Korea Masters tidak termasuk hitungan poin menuju BWF World Tour Final 2018.

Jonatan terpaksa harus kehilangan peluangnya karena vakum dari Syed Modi International Badminton Championships 2018. Dia seharusnya mampu mengumpulkan poin di Syed Modi International Badminton Championships 2018 untuk berpeluang lolos ke BWF World Tour Final 2018.

Baca Juga: Catat, Ini Jadwal Turnamen Bulu Tangkis Selama November 2018

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya