Tim U-20 Israel ke Indonesia, Ini Kata Kemlu RI 

Posisi Indonesia tak berubah soal Palestina

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri RI angkat bicara soal rencana kedatangan tim U-20 Israel ke Indonesia. Juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah menegaskan hal ini tak akan mengubah posisi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-20 rencananya digelar dua bulan lagi di Indonesia. Namun polemik soal kedatangan tim Israel sudah memanas saat ini.

Hal ini dikarenakan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang konsisten memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan Israel Dilayani di Piala Dunia U-20

1. Posisi Indonesia ke Palestina tidak akan berubah

Tim U-20 Israel ke Indonesia, Ini Kata Kemlu RI Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah. (IDN Times/Sonya Michaella)

Faizasyah mengatakan bahwa posisi Indonesia ke Palestina tidak akan pernah berubah.

“Posisi indonesia soal isu Palestina tidak pernah berubah dan konsisten. Indonesia termasuk sedikit negara yang konsisten dukung rakyat Palestina,” tegas Faizasyah, dalam jumpa pers di Kemlu RI, Jumat (10/3/2023).

Faiza menekankan soal beberapa hal teknis terkait kedatangan tim Israel ini sudah direspons Menkopolhukam dan disiapkan segala teknisnya.

Baca Juga: Alasan Indonesia Wajib Layani Israel di Piala Dunia U-20

2. Erick Thohir minta rakyat Indonesia terima kedatangan Israel

Tim U-20 Israel ke Indonesia, Ini Kata Kemlu RI Menteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, meminta masyarakat Indonesia untuk menerima kedatangan Israel dalam gelaran Piala Dunia U-20 yang bakal digelar di Indonesia, 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Itu karena Indonesia punya misi yang lebih besar.

Indonesia dan Israel memang belum mempunya hubungan secara diplomatik. Konsistensi Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina, membuat hal tersebut sulit terwujud. Namun, Erick menegaskan pihaknya akan menyambut Israel dengan baik.

"Sebagai tuan rumah, kita harus menyiapkan sebaik mungkin untuk semua tim yang berlaga nanti," kata Erick saat ditemui di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga: PKS Sentil Erick Thohir yang Tetap Terima Israel Main di Piala U-20

3. Indonesia mau gelar Piala Dunia Senior dan Olimpiade

Tim U-20 Israel ke Indonesia, Ini Kata Kemlu RI Erick Thohir memberikan keterangan terkait kedatangan vaksin tahap 14 di Bandara Soetta pada Senin (31/5/2021). (youtube.com/SekretariatPresiden)

Target Indonesia adalah menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 yang akan dihelat di enam kota berbeda, Palembang, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, dan Bali.

Indonesia harus membangun citra yang bagus di kancah internasional. Apalagi, Piala Dunia U-20 menjadi event kedua yang paling penting dari FIFA setelah Piala Dunia senior.

Dengan begitu, kans Indonesia bertambah untuk menggelar event yang lebih prestisius lagi. Targetnya adalah Piala Dunia senior dan Olimpiade.

"Kalau mereka (Israel atau negara lainnya) tidak dilayani dengan baik, bagaimana bisa kita menggelar yang namanya Piala Dunia. Jangan sampai, mimpi kita menyelenggarakan Piala Dunia atau Olimpiade itu sirna," ujar Erick.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya