Juarai Dubai Championship, Federer Genapi 100 Gelar ATP-nya

Kalahkan Stefanos Tsitsipas straight set 6 - 4, 6 - 4

Setelah gagal mencapainya di Australia Terbuka 2019, Januari lalu, Roger Federer akhirnya mampu menggenapkan gelar juara ATP-nya menjadi 100 di Dubai. Roger Federer menjuarai Dubai Championship setelah menundukkan petenis Yunani, Stefanos Tsitsipas pada pertandingan final, Sabtu (02/03). Federer menang dua set langsung, 6 - 4, 6 - 4.

Federer memulai pertandingan dengan mematahkan serve Tsitsipas di game pertama dan menyelesaikan serve-nya di game berikutnya. Federer langsung unggul 2 - 0. Selanjutnya kedua petenis mampu menyelesaikan serve masing-masing hingga game ke-10, saat Tsitsipas sempat memaksakan 2 kali break point. Namun akhirnya Federer mampu mengatasinya dan menutup set pertama dengan 6 - 4.

Di set berikutnya, kedua petenis terlibat pertarungan ketat hingga kedudukan 4 - 4 hingga kemudian Federer berhasil mematahkan serve Tsitsipas pada game ke-9. Akhirnya Federer menyelesaikan serve-nya di game berikutnya dan menyelesaikan pertandingan dalam waktu 69 menit.

1. Revans atas kekalahan di Australia Terbuka 2019

Juarai Dubai Championship, Federer Genapi 100 Gelar ATP-nyafoxsports.com.au

Kemenangan atas Tsitsipas menjadi pembalasan Federer atas kekalahan yang dialaminya di Australia Terbuka 2019, Januari lalu. Waktu itu, Tsitsipas menaklukkan Federer di babak ke-4 melalui pertarungan 4 set, 6 - 7, 7 - 6 (7 - 3), 7 - 5, dan 7 - 6 (7 - 5).

Usai pertandingan Federer memuji Stefanos Tsitsipas dengan menyebutnya sebagai calon juara masa depan. Federer menyadari betul beda generasi di antara mereka berdua dengan berkomentar: "Saya tidak tahu apakah dia telah lahir saat saya meraih gelar pertama saya." 

Tsitsipas sendiri baru saja memenangkan gelar ke-2 dirinya dengan menjuarai Marseille Open minggu lalu. Tsitsipas meraihnya tanpa kehilangan satu set pun sepanjang turnamen.

Baca Juga: 5 Petenis Tunggal Putra yang Mengoleksi Gelar ATP Finals Terbanyak

2. Petenis ke-2 yang meraih 100 gelar ATP

Juarai Dubai Championship, Federer Genapi 100 Gelar ATP-nyastandard.co.uk

Federer menjadi petenis ke-2 yang mampu mencapai prestasi memenangkan 100 gelar ATP sepanjang sejarah tenis modern. Orang pertama yang mendahuluinya adalah legenda tenis dunia Jimmy Connors yang mencapainya pada tahun 1983.

Federer memenangkan gelar pertamanya pada tahun 2001dengan memenangkan turnamen Milan Indoors. Saat itu Federer mengalahkan Julien Boutter di final dengan tiga set. Sejak saat itu, Federer mengoleksi satu demi satu gelar juara hingga yang ke-100 tadi di Dubai Championship. 

Sebelum menjuarai Dubai Championship, Federer telah mengoleksi 20 gelar juara grand slam, 6 juara Master Cup, 27 gelar juara Master Series, 21 gelar juara International Series Gold, dan 25 gelar juara International Series.

3. Kejar rekor Jimmy Connors

Juarai Dubai Championship, Federer Genapi 100 Gelar ATP-nyathetennischannel.com

Roger Federer membutuhkan 10 gelar lagi untuk malampaui rekor Jimmy Connors. Legenda tenis yang juga berasal dari Amerika Serikat tersebut mengoleksi 109 gelar juara sepanjang karirnya. Namun tak ada satupun gelar juara Perancis Terbuka pada koleksi Connors.

Jimmy Connors meraih gelar terakhirnya pada usia 37 tahun. Roger Federer pun saat ini berusia 37 tahun. Menarik untuk ditunggu, mampukah Federer menyamai atau bahkan melewati rekor Jimmy Connors.

Baca Juga: Musim Tenis Berakhir, Ini 5 Petenis Putra Terbaik Dunia 2018

Sori Siregar Photo Verified Writer Sori Siregar

Menulis untuk mengekspresikan pikiran, ide dan gagasan. Syukur, kalau bisa menebarkan kemaslahatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya