7 Mantan Gelandang Jempolan Premier League yang Masih Menganggur

Ada dua mantan pemain Chelsea lho!

Premier League merupakan liga paling ketat di dunia. Para pebola yang berkiprah di sana dituntut untuk selalu konsisten agar mampu bersaing di level teratas. Tak jarang para 'one season wonder' kerap bermunculan di kompetisi tersebut karena gagal mempertahankan performanya.

Ada pula para bintang sepak bola yang perlahan mengalami kemunduran setelah cabut dari Premier League. Berikut para mantan gelandang jempolan Premier League yang masih menganggur.

1. Nabil Bentaleb

7 Mantan Gelandang Jempolan Premier League yang Masih MenganggurNabil Bentaleb saat berkostum Tottenham Hotspur. (talksport.com)

Nabil Bentaleb merupakan jebolan akademi Tottenham Hotspur yang diorbitkan ke tim utama pada tahun 2013. Sempat jadi andalan Mauro Pocchettino pada musim 2014/15, Bentaleb kemudian pindah ke Schalke pada tahun 2017 setelah kehilangan tempat di tim utama. Bahkan, ia sempat kembali ke Premier League sebagai pemain pinjaman di Newcastle pada pertengahan musim 2019/20. Selama berkiprah di Premier League, gelandang Aljazair tersebut berhasil mencatatkan 58 penampilan.

Di level tim nasional, Bentaleb juga sempat menunjukkan sinarnya. Ia merupakan gelandang andalan Aljazair di Piala Dunia 2014 dan dua edisi Piala Afrika (2015 dan 2017). Pemain berusia 26 tahun itu kini masih belum menemukan klub baru usai dilepas Schalke pada awal Juli lalu.

2. Jack Rodwell

7 Mantan Gelandang Jempolan Premier League yang Masih MenganggurJack Rodwell saat tampil membela Everton. (skysports.com)

Jack Rodwell pernah jadi permata Premier League dalam rentang 2007 hingga pertengahan 2012. Berkat penampilan yang menjanjikan bersama Everton, pada tahun 2011 ia dipanggil ke timnas Inggris dan sempat mencatatkan 3 penampilan. Namun, sejak kepindahannya ke Manchester City pada awal musim 2012/13, perlahan sinar produk akademi Everton ini mulai memudar. Ia gagal bersaing dengan Gareth Barry, Yaya Toure dan Fernandinho.

Rodwell kemudian hijrah ke Sunderland dan Sheffield United untuk menata kembali kariernya, tetapi penampilannya di sana tergolong 'biasa saja'. Setelah kontraknya di Sheffield United habis pada awal Juli lalu, hingga kini gelandang berusia 31 tahun tersebut masih berstatus free agent. Selama berkiprah di Premier League, Rodwell menorehkan 10 gol dan 4 assist dari 167 pertandingan.

3. John Obi Mikel

7 Mantan Gelandang Jempolan Premier League yang Masih MenganggurJohn Obi Mikel saat berkostum Chelsea. (planetfootball.com)

Fans Chelsea tentu tak asing lagi dengan nama John Obi Mikel. Pemain berusia 34 tahun tersebut merupakan mantan andalan The Blues di lini tengah selama satu dekade (2006-2016). Obi Mikel sukses mempersembahkan 2 Premier League, 1 Liga Champions, 4 Piala FA, 2 Piala Liga, 1 Europe League, dan 1 Community Shield.

Total selama berkiprah di Premier League, ia mampu tampil dalam 249 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 10 assist. Kini, gelandang yang sukses mempersembahkan gelar Piala Afrika 2013 untuk Nigeria itu belum terikat dengan klub manapun usai dilepas Kuwait SC pada 5 November lalu.

4. Nigel de Jong

7 Mantan Gelandang Jempolan Premier League yang Masih MenganggurNigel de Jong saat tampil membela Manchester City. (mancity.com)

Nigel de Jong merupakan mantan gelandang Manchester City dan tim nasional Belanda yang terkenal dengan permainannya yang keras. Semua tentu masih ingat aksinya saat menerjang dada Xabi Alonso di final Piala Dunia 2010. Saat itu ia beruntung hanya diganjar kartu kuning.

Selama membela ManCity (2009-2012), De Jong tampil dalam 104 pertandingan di Premier League. Ia berhasil mempersembahkan 1 gelar Premier League, 1 Piala FA, dan 1 Communty Shield. Setelah kontraknya di Al-Sahania SC habis pada 1 Juli lalu, hingga kini gelandang berusia 36 tahun tersebut belum punya klub baru.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bersinar bersama Ajax setelah Tinggalkan Premier League

5. Ramires

7 Mantan Gelandang Jempolan Premier League yang Masih MenganggurRamires mengangkat trofi Premier League. (twitter.com/chelseafc)

Ramires sempat mentas di Premier League dalam 159 laga dengan torehan 17 gol dan 8 assist. Gelandang asal Brazil itu diangkut Chelsea dari Benfica pada 2010 dengan tebusan Rp382 miliar. Tidak sia-sia, Ramires sukses memberikan 1 gelar Premier League, 1 Liga Champions, 1 Piala FA, 1 Piala Liga, dan 1 Europe League.

Kini, mantan gelandang berusia 34 tahun tersebut masih berstatus tanpa klub. Terakhir kali ia bermain untuk Palmeiras di Liga Brazil. Kontraknya di sana kadaluarsa sejak 27 November 2020.

6. Mohamed Diame

7 Mantan Gelandang Jempolan Premier League yang Masih MenganggurMohamed Diame saat tampil membela Newcastle United. (sportskeeda.com)

Mohamed Diame merupakan jebolan akademi Lens yang berkiprah di Premier League sejak tahun 2009 hingga 2019. Total ia telah mengoleksi 18 gol dan 5 assist dari 239 laga bersama Wigan, West Ham, Hull City, dan Newcastle.

Di level internasional, Diame sempat membukukan 35 penampilan dengan torehan 1 gol untuk timnas Senegal. Kini, gelandang berusia 34 tahun tersebut belum terikat kontrak dengan klub manapun usai dilepas Al-Ahli pada awal Juli lalu.

7. Jack Wilshere

7 Mantan Gelandang Jempolan Premier League yang Masih MenganggurJack Wilshere saat berkostum Arsenal. (skysports.com)

Tak ada yang menyangkal jika Jack Wilshere merupakan salah satu talenta terbaik Inggris. Di usia 16 tahun, produk asli Arsenal tersebut sudah menjalani debut Premier League. Bahkan, ia merupakan langganan timnas Inggris di semua jenjang usia hingga ke timnas senior.

Namun, semenjak berpisah dengan Arsenal pada 2018, karier Wilshere terus mengalami kemerosotan. Puncaknya, gelandang berusia 29 tahun itu berstatus tanpa klub sejak dilepas Bournemouth awal Juli lalu. Padahal, selama berkiprah di Premier League, Wilshere telah mencatatkan 8 gol dan 18 assist dari 182 penampilan.

Catatan penampilan mereka di Premier League dan tim nasional masing-masing terbilang luar biasa. Namun, performa yang menurun membuat mereka belum menemukan klub baru hingga saat ini. Semoga saja kita bisa melihat kiprah mereka di atas lapangan hijau dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris dengan Torehan Gol Terbanyak di Liga Champions

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya