Comscore Tracker

5 Pemain Arsenal yang Karirnya Menurun di Bawah Asuhan Arteta

Mikel Arteta belum mampu gantikan sosok Arsene Wenger?

Arsenal merupakan tim asal kota London yang kini dinahkodai oleh pelatih asal Spanyol, Mikel Arteta. Arsenal berjaya pada era Arsene Wenger yang memutuskan berhenti menjadi seorang manajer pada tahun 2018 di Arsenal setelah 22 tahun mengabdi.

Di bawah asuhan Wenger, Arsenal pernah meraih tiga gelar juara liga pada tahun 1998, 2001, dan 2004. Mikel Arteta menjadi kesikian pelatih yang kini masih dipercaya oleh kubu The Gunners. Sempat terperosok di zona degradasi di awal musim, perlahan The Gunners bangkit mampu berada di papan tengah klasemen. 

Arteta terbilang belum bisa disamakan dengan Arsene Wenger yang mampu mencetak pemain sepak bola top. Beberapa diantaranya malah semakin meredup setelah berada di tangan Arteta. Berikut lima pemain yang karirnya menurun di bawah asuhan Arteta. 

1. Mesut Ozil

5 Pemain Arsenal yang Karirnya Menurun di Bawah Asuhan Artetapotret Mesut Ozil (instagram.com/m10_official)

Mesut Ozil merupakan Arsenal yang kini bermain untuk tim asal Turki, Fenerbahçe S.K. Bermain sebagai gelandang, dia memiliki kreativitas untuk menciptakan peluang berubah menjadi gol alias asisst. Kehebatannya terlihat ketika masih berseragam Real Madrid, menjadi pelayan untuk Cristiano Ronaldo menciptakan gol.

Pada tahun 2013 dia bergabung bersama Arsenal di era Arsene Wenger. Sempat berkembang dibawah Wenger dengan memberikan 3 gelar juara FA Cup, ia menjadi idola baru penggemar The Gunners. Namun, setelah Mikel Arteta datang dia tak pernah dilirik. Bahhkan pada musim 2020/2021, Arteta tanpa mengungkapkan alasan mengapa, Ozil tak dimasukkan daftar pemain di Premier Lague. 

 

2. Willian

5 Pemain Arsenal yang Karirnya Menurun di Bawah Asuhan Artetapotret Willian (instagram.com/willianbroges88)

Willian merupakan mantan pemain The Blues, Chelsea. Bersama The Blues, dia mampu meraih berbagai gelar juara, diantaranya dua gelar liga Inggris dan satu gelar Piala Eropa. Menjadi pemain The Blues sejak 2013 hingga 2020, ia mampu mengoleksi 63 gol dari 339 penampilan.

Setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh Chelsea, Arteta berhasil meyakinkan Willian untuk bergabung ke tim rival sekota, Arsenal. Namun, Willian gagal menunjukkan performa terbaiknya dengan hanya mencetak satu gol dari 25 pertandingan. Joorabchian sebagai agen Willian menilai Arteta memberikan harapan palsu, karena Arteta tidak memasukkan ke dalam inti 'proyek Arteta' yang dijanjikannya kepada Willian sebelum resmi bergabung. 

Baca Juga: 6 Pemain Arsenal yang Akan Habis Kontrak di Akhir Musim Ini

3. Lucas Torreira

5 Pemain Arsenal yang Karirnya Menurun di Bawah Asuhan Artetapotret Torreira (instagram.com/ltorreira34)

Lucas Torreira di datangkan Arsenal pada tahun 2018 pada masa kepelatihan Unay Emery. Tampil apik bersama timnas Uruguay pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Arsenal harus menebus dengan nilai transfer sekitar 496 miliyar. Emery menyebutkan bahwa ia pemain muda potensial, mengingat pada waktu itu Torreira masih berusia 22 tahun.

Meski diawal musim debutnya bersama Arsenal tampil apik di bawah asuhan Emery, ia terpinggirkan ketika Arteta datang. Hingga akhirnya, ia harus rela dipinjamkan ke klub Spanyol, Atletico Madrid. Dan kini, ia dipinjamkan lagi ke Fiorentina dengan biaya pinjaman sekitar 26 Miliyar.

4. Hector Bellerin

5 Pemain Arsenal yang Karirnya Menurun di Bawah Asuhan Artetapotret Bellerin (instagram.com/HectorBellerin)

Hector Bellerin merupakan termasuk pemain senior The Gunners. Bergabung sejak tahun 2013, ia langsung menjadi andalan The Gunners diposisi bek sayap. Dan Bellerin pernah bermain bersama Arteta ketika masih aktif sebagai pemain Arsenal di tahun 2013 dengan memenangkan gelar juara Piala FA dua kali.


Kedatangan Arteta sebagai pelatih tak menjadi keberuntungan bagi Bellerin. Pada tahun 2019 ia dipaksa menepi dari tim utama karena cedera lutut dialaminya di bawah asuhan Emery. Setelah sembuh, ia mencoba kembali ke performa terbaiknya. Namun, tak membuat Arteta tertarik hingga akhirnya dia harus di pinjamkan ke Real Betis. 

5. Matteo Guendouzi

5 Pemain Arsenal yang Karirnya Menurun di Bawah Asuhan Artetapotret Matteo Guendouzi (instagram.com/metteoguendouzi)

Matteo Guendouzi berposisi sebagai gelandang yang kini masih berusia 22 tahun. Bermain apik sebelum diasingkan karena melakukan tindakan tak terpuji seusai The Gunners mengalami kekalahan 1-2 dari Brighton & Hove Albion di Liga Inggris pada Juni 2020. Saat itu, ia ribut dan mencekik leher Neal Maupay seusai laga tersebut.

Sejak kejadian itu, ia tak pernah mendapat menit bermain dari Arteta. Tak masuk dalam skema tim, Herta Berlin tim Bundesliga mendatangkannya dengan status pemain pinjaman. Sehabis masa pinjamannya di Herta Berlin, ia kini dipinjamkan lagi ke Marseille dengan opsi dipermanenkan. Dan itu membuat karirnya sedikit menurun, mengingat di awal kedatangannya di Arsenal ia  sebagai pemain muda potensial.

Dan itulah lima pemain yang karirnya semakin meredup setelah bergabung dengan Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta. Meski demikian, Mikel Arteta masih menyisakan kontrak dengan Arsenal hingga Juni 2023. 

Baca Juga: 10 Fakta Charlie Patino, Wonderkid Arsenal yang Siap Curi Perhatian!

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya