Comscore Tracker

Jokowi Minta Menpora Bentuk Komite Khusus Bidding Host Olimpiade 2032

Pemerintah akan fokus agar RI bisa jadi tuan rumah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta jajarannya untuk segera membentuk komite persiapan pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032. Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali usai rapat terbatas mengenai persiapan Olimpide 2032.

"Presiden memberikan arahan, pertama siapkan tim dalam wujud komite khusus untuk persiapan bidding tuan rumah Olimpiade 2032," ujar Zainudin dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/11/2020).

1. Jokowi minta dibentuk tim khusus agar Indonesia lolos jadi tuan rumah Olimpiade 2032

Jokowi Minta Menpora Bentuk Komite Khusus Bidding Host Olimpiade 2032Menpora Zainudin Amali saat melakukan rapat dengan President of the World Anti-Doping Agency (WADA), Witold Banka, Rabu (7/10/2020) (Dok. Kemenpora)

Zainudin menjelaskan, tim dan komite khusus dibentuk guna persiapan tim bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Ia menuturkan, komite khusus bidding ini akan berbeda dengan tim khusus penyelenggara apabila Indonesia sudah terpilih sebagai tuan rumah.

"Sekarang yang segera kita persiapkan adalah tentang bagaimana kita menang dalam bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Nanti tentang penyelenggaraan itu lain lagi, konsentrasi kita di urusan bidding dulu," kata Politisi Partai Golkar itu. 

2. Komite khusus disiapkan untuk bidding tuan rumah Olimpiade 2032

Jokowi Minta Menpora Bentuk Komite Khusus Bidding Host Olimpiade 2032Menpora Zainudin Amali saat melakukan rapat dengan President of the World Anti-Doping Agency (WADA), Witold Banka, Rabu (7/10/2020) (Dok. Kemenpora)

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia juga meminta disiapkan anggaran pencalonan Indonesia untuk proses bidding. Serta, disiapkan pula proposal untuk proses pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032.

"Mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan proses bidding dalam bentuk proposal atau studi kelayakan yang harus disiapkan bersama KOI dan kementerian/lembaga terkait," bebernya.

Baca Juga: Indonesia Lamar Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Ini Perintah Jokowi

3. Jokowi minta jajarannya siapkan roadmap tuan rumah Olimpiade 2032

Jokowi Minta Menpora Bentuk Komite Khusus Bidding Host Olimpiade 2032Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Rabu (4/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan ada beberapa negara yang bersaing dengan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, mulai dari Qatar, Australia, India, Unifikasi Korea, China, dan Jerman. Oleh sebab itu, Jokowi meminta jajarannya untuk menyiapkan roadmap pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032.

"Saya minta roadmap pencalonan kita untuk tuan rumah Olimpiade 2032 betul-betul disiapkan dengan baik berdasarkan timeline yang telah ditetapkan oleh IOC (International Olympic Committee)," kata Jokowi. 

Jokowi menuturkan bahwa persiapan roadmap tuan rumah Olimpiade 2032 sangat penting guna persiapan proses seleksi. Sebab, proses seleksi kan ditetapkan pada 2024 mendatang.

"Ini penentuan tuan rumah akan ditetapkan pada tahun 2024 dan proses seleksi dimulai selambat-lambatnya 2023. Ini yang perlu saya kira roadmap-nya perlu disiapkan," ujar eks Walikota Solo itu.

4. Jokowi sebut momen olimpiade bukan ajang gagah-gagahan

Jokowi Minta Menpora Bentuk Komite Khusus Bidding Host Olimpiade 2032Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Rabu (4/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

International Olympic Committee (IOC) menetapkan norma baru untuk tuan rumah Olimpiade 2032, yaitu menggelar Olimpiade secara sederhana dan hemat biaya. Terkait hal itu, Jokowi meminta jajarannya untuk mempelajari lebih lanjut dan beradaptasi.

"Kelihatannya filosofi yang baru ini, Olimpiade bukan lagi untuk menunjukkan gebyar kemewahan, tetapi sejauh mana kreativitas inovasi itu bisa dilakukan dalam mengimplementasikan norma baru yang diharapkan lebih hemat biaya dan lebih sederhana," ujar Jokowi.

Jokowi menuturkan, menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bukan ajang gagah-gagahan, tapi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa. Sehingga, Jokowi mau momen pencalonan ini dijadikan kesempatan untuk menata diri.

"Memperbaiki berbagai hal yang selama ini masih kurang mulai dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, kemudian  yang berkaitan dengan prestasi atlet, peningkatan visibilitas global sebagai kota penyelenggara dan lain sebagainya," tukas Jokowi.

Baca Juga: Demi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Indonesia Siap Bangun Lab Anti-Doping

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya