Jokowi Sanjung Papua Usai Sukses Gelar PON dan Peparnas

Jokowi ucapkan selamat atas suksesnya PON dan Peparnas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyaksikan sejumlah pertandingan di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua  2021. Usai menyaksikan pertandingan blind judo di Gelanggang Olahraga (GOR) Trikora dan GOR Cendrawasih, Kota Jayapura, Jokowi mengapresiasi kesuksesan PON dan Peparnas yang digelar di Papua.

"Sore ini, saya hadir kembali di Papua untuk melihat secara langsung pertandingan-pertandingan, di akhir Peparnas. Saya tadi, alhamdulillah, masih bisa melihat dua pertandingan di judo, dan kami harapkan dengan Peparnas bisa dilalui dengan baik," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (13/11/2021).

1. Jokowi ucapkan selamat atas suksesnya PON dan Peparnas

Jokowi Sanjung Papua Usai Sukses Gelar PON dan PeparnasPuluhan warga menari tarian adat saat menyambut kedatangan api PON di Dermaga Kalkhote, Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Api PON Papua tiba di Kabupaten Jayapura untuk nantinya dibawa ke Stadion Lukas Enembe untuk upacara penyalaan Kaldron pada pembukaan PON Papua. (ANTARA FOTO/Fauzan/aww.)

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan selamat atas keberhasilan penyelenggaraan dua pesta olahraga terbesar di Indonesia itu. Dia bahkan menyebut Papua saat ini menempati posisi paling atas.

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada Papua yang sukses menyelenggarakan PON dan Peparnas. Saat Peparnas, Papua menempati tempat yang paling atas. Selamat," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Tutup Peparnas di Papua Hari Ini

2. Peparnas jadi wadah penyandang disabilitas untuk tunjukan bakat dan potensi

Jokowi Sanjung Papua Usai Sukses Gelar PON dan PeparnasKontingen Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti defile upacara pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). Pembukaan Peparnas Papua tersebut bertemakan "Cahaya Kemenangan Dari Timur Papua". ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.

Sementara, Staf Khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudistia menyampaikan Peparnas XVI merupakan wadah bagi penyandang disabilitas untuk menunjukkan bakat dan potensinya. Kehadiran Jokowi di penutupan Peparnas XVI Papua ini dinilainya sebagai bentuk dukungan kepada atlet penyandang disabilitas.

"Bapak Presiden juga selalu berpesan untuk semua teman-teman atlet di seluruh Indonesia untuk selalu meningkatkan potensi-potensinya," ujar Angkie.

3. Angkie: Jokowi bangga pada seluruh atlet disabilitas

Jokowi Sanjung Papua Usai Sukses Gelar PON dan PeparnasSuasana persiapan venue pembukaan Peparnas XVI Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Kamis (4/11/2021). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Angkie menuturkan, Jokowi sangat bangga dengan seluruh atlet penyandang disabilitas. Angkie menyebut atlet disabilitas bisa mewakili Indonesia di kancah internasional apabila potensinya terus diasah.

"Maka dari itu sukses terus untuk semua atlet, dan Pak Presiden apresiasi dan berterima kasih terhadap seluruh ofisial, pelatih, atlet yang mendukung. Pemerintah pusat dan daerah melakukan sinergi yang sangat luar biasa menghadirkan Peparnas ke-16 ini," tutur Angkie.

Baca Juga: Jokowi Tantang Sean Gelael Balapan di Formula E Jakarta

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya