Jokowi Ucapkan Selamat ke Windy Cantika Penyumbang Medali Pertama RI

Windy dapat medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020

Jakarta, IDN Times - Windy Cantika Aisah sukses mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 dari cabor angkat besi nomor 49 kg putri. Atas prestasinya itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengucapkan selamat melalui akun Instagram-nya, @jokowi, pada Sabtu (24/7/2021).

"Kabar baik datang dari Tokyo, hari ini. Atlet angkat besi putri Indonesia, Windy Cantika Aisah, mempersembahkan medali pertama dari ajang Olimpiade Tokyo dengan merebut medali perunggu di kelas 49 kg. Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat," tulis Jokowi di akun Instagram-nya.

1. Windy sukses meraih medali perunggu

Jokowi Ucapkan Selamat ke Windy Cantika Penyumbang Medali Pertama RIPesona Windy Cantika (instagram.com/windycantika11)

Windy Cantika yang bertanding di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021), berhasil mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 dari cabor angkat besi nomor 49 kg putri. Windy finish di posisi ketiga dengan total angkatan 194 kg.

Dalam tiga kali percobaan angkatan snatch, Windy mengalami dua kali gagal, tepatnya di angkatan pertama dan ketiga. Di angkatan ketiga, saat Windy menambah beban menjadi 87 kg, dia gagal melakukan angkatan. Alhasil, total angkatan snatch Windy hanya 84 kg saja.

Berlanjut ke angkatan clean and jerk, Windy mulai menunjukkan kekuatannya. Bersaing dengan atlet dari Amerika Serikat, Jourdan Delacruz, Windy menunjukkan kekuatan mental yang apik. Dia mampu memeragakan angkatan yang apik.

Dari total tiga angkatan yang Windy lakukan, dia mampu mengangkat beban sebesar 110 kg. Atlet asal Jawa Barat itu pun menorehkan total angkatan 194 kg. Dia pun sukses finish di posisi ketiga, sekaligus berhak atas medali perunggu di Olimpiade 2020 ini.

Baca Juga: 3 Fakta Windy Cantika, Peraih Medali Indonesia di Olimpiade Tokyo

2. Menpora ucapkan terima kasih dan apresiasi prestasi Windy

Jokowi Ucapkan Selamat ke Windy Cantika Penyumbang Medali Pertama RIMenteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (2/6/2021). (Dok. Kemenpora)

Selain Presiden Jokowi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali turut mengapresiasi prestasi yang diraih Windy. Bahkan, ia langsung melakukan video call dengan Windy.

Zainudin mengucapkan terima kasih kepada prestasi yang ditorehkan Windy. Dia pun berharap agar atlet-atlet dari cabang olahraga lain juga bisa meraih prestasi di Olimpiade Tokyo.

"Saya sudah video call dengan Pak Dirdja, Pak Rosan, dan Windy. Alhamdulillah (meraih medali perunggu). Kepada Windy, pelatih, CdM dan ofisial saya ucapkan terima kasih atas pencapaian yang membanggakan Indonesia. Ini hasil dari kerja keras selama ini," ujar Zainudin dalam keterangan resminya, Sabtu (24/7/2021).

3. Ketum KONI ucapkan selamat dan terima kasih pada Windy serta PB PABSI

Jokowi Ucapkan Selamat ke Windy Cantika Penyumbang Medali Pertama RIKetua KONI Pusat, Marciano Norman (IDN Times/Sandy Firdaus)

Tak hanya itu, Ketua Umum KONI Marciano Norman juga turut mengapresiasi prestasi Windy. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada PB PABSI atas kerja keras dari cabor angkat besi atas pembinaan yang sudah dilakukan.

"Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya sampaikan selamat kepada Windy Cantika Aisah, pelatih, dan PB PABSI yang dipimpin Bapak Rosan Roeslani. Terima kasih atas kerja keras dan pembinaan olahraga prestasi yang dilakukan selama ini untuk Indonesia," ujar Marciano.

Baca Juga: [BREAKING] Windy Cantika Sumbang Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya