Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Dilepas Jokowi Besok

Pelepasan kontingen akan dilakukan secara virtual

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan akan melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020. Rencananya, pelepasan kontingen tersebut akan digelar secara virtual di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (8/7/2021).

"Iya betul (Presiden akan melepaskan kontingen besok)," ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kastepres), Heru Budi Hartono, saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (7/7/2021).

1. Terpaksa dilakukan secara virtual karena PPKM Darurat

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Dilepas Jokowi BesokPetugas kesehatan mendampingi pasien COVID-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tiba di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Karena adanya pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, pelepasan atlet ke Olimpiade Tokyo terpaksa harus digelar secara daring karena tidak memungkinkan dilakukan secara tatap muka.

Dari jadwal yang diterima, pelepasan kontingen besok akan diawali dengan pengukuhan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada pukul 08.00 WIB, dilanjutkan dengan pelepasan kontingen oleh Presiden Jokowi dari Istana Negara pukul 11.00 WIB.

Sebanyak 28 atlet dari delapan cabang olahraga akan turut hadir secara virtual dari tempat pelatnas masing-masing. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) awalnya berencana menggelar pelepasan dan pengukuhan kontingen Indonesia pada 5 Juli 2021, namun diundur ke tiga hari berikutnya.

Baca Juga: Chen Long, Juara Bertahan Tersisa di Olimpiade Tokyo 2020

2. Keberangkatan kontingen terbagi menjadi lima kloter

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Dilepas Jokowi BesokJonatan Christie di Simulasi Olimpiade Tokyo 2020 (youtube.com/Badminton Indonesia)

Sebelumnya, KOI mengumumkan jadwal keberangkatan kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo yang akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

Sekretaris Jenderal KOI, Ferry J Kono, menjelaskan saat ini belum ada perubahan terkait jadwal keberangkatan kontingen Indonesia ke Tokyo. Menurut Ferry, keberangkatan terbagi menjadi lima kloter.

Pertama, tim bulu tangkis yang menjalani pemusatan latihan di Kumamoto pada 8 Juli, dilanjutkan tim advance, yang bertugas meninjau lokasi, bertolak pada 15 Juli.

Penerbangan selanjutnya adalah tim panahan, menembak, dayung, surfing, angkat besi, serta renang pada 17 Juli. Penerbangan keempat adalah Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari dan CdM bersama tim pada 20 Juli, dan terakhir adalah atletik pada 24 Juli.

3. Kontingen Indonesia ke Olimpiade berjumlah 84 orang

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo Dilepas Jokowi BesokIDN Times/Hasudungan

Kontingen Indonesia ke Olimpiade yang dipimpin Chef de Mission (CdM), Rosan P Roeslani, berjumlah 84 orang, yakni 54 orang merupakan atlet dan ofisial, serta 30 lainnya adalah tim dokter, masseur, dan atase.

Khusus atlet, Indonesia memberangkatkan 28+1 atlet yang akan tampil pada delapan cabang olahraga, yakni bulu tangkis (11), panahan (4), menembak (1), dayung (2), angkat besi (5), renang (2), atletik (2), dan selancar (1+1 atlet cadangan).

Baca Juga: Indonesia Masuk Kategori Risiko COVID-19 Tinggi di Olimpiade Tokyo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya