Menpora: Saya Sangat Kehilangan atas Meninggalnya Lukman Niode

Meski sudah pensiun, almarhum aktif di dunia olahraga

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengucapkan rasa duka atas meninggalnya salah satu atlet renang legendaris Indonesia, Lukman Niode. Lukman dikabarkan meninggal dunia karena penyakit paru-paru yang dideritanya.

"Sebagai pribadi mau pun sebagai Menpora RI, saya sangat berduka atas berpulangnya sahabat baik saya, Lukman Niode. Sebagian besar hidupnya didekasikan untuk olahraga," kata Zainudin, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/4).

1. Zainudin sebut pengabdian Lukman di bidang olahraga sangat luar biasa

Menpora: Saya Sangat Kehilangan atas Meninggalnya Lukman NiodeIDN Times/Ilyas Mujib

Zainudin menyampaikan bahwa pengabdian Lukman di dunia olahraga sangat luar biasa. Prestasi juga banyak diraih Lukman saat menjadi atlet di cabang olahraga renang.

"Sangat sedikit orang yang seperti almarhum, yang mendedikasikan hidupnya untuk olahraga. Sebagai menteri yang mengurus olahraga dan sebagai teman almarhum, saya sangat merasa kehilangan," ujar Zainudin.

Baca Juga: [BREAKING] Mantan Perenang Nasional, Lukman Niode, Meninggal Dunia

2. Zainudin sempat ingin bertemu Lukman namun tertunda

Menpora: Saya Sangat Kehilangan atas Meninggalnya Lukman NiodeMenteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat kunjungan fasilitas olahraga milik Unesa Senin (17/2). IDN Times/Tarida Alif

Zainudin mengungkapkan, dia sempat mengatur janji dengan Lukman untuk bertemu dan berdiskusi banyak tentang perkembangan dunia olahraga. Namun, kesempatan itu harus tertunda karena wabah virus corona.

"Sebenarnya kami itu sudah janjian mau diskusi lebih banyak lagi untuk pengembangan olahraga, hanya keburu ada COVID-19, gak jadi ketemu. Memang sekarang ini Kemenpora sedang menyusun grand design olahraga, jadi saya butuh banyak masukan, salah satunya dari almarhum," jelasnya.

3. Zainudin katakan Indonesia kehilangan sosok Lukman

Menpora: Saya Sangat Kehilangan atas Meninggalnya Lukman NiodeMenteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali bersama Rektor Unesa, Nurhasan saat kunjungan fasilitas olahraga milik Unesa Senin (17/2). IDN Times/Tarida Alif

Tak hanya prestasinya, Zainudin juga menuturkan bahwa Lukman telah memberikan masukan yang banyak untuk mengembangkan olahraga di Tanah Air. Menurutnya, Indonesia akan kehilangan sosok Lukman.

"Semoga tauladan yang sudah ditunjukkan selama ini akan menjadi panduan buat para atlet dan pengurus olahraga di Tanah Air," ucap dia.

Baca Juga: [BREAKING] Lukman Niode Meninggal karena Masalah pada Paru-parunya

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya