Comscore Tracker

MotoGP Mandalika Gerbang Percepatan Industri Balap Indonesia

Dunia otomotif bisa menjadi aset negara

Jakarta, IDN Times - Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyampaikan beberapa programnya kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat sowan ke Istana Negara, Rabu (14/4/2021). Wakil Ketua IMI, Rifat Sungkar, menjelaskan Indonesia akan memiliki banyak kegiatan otomotif ke depannya.

Salah satu yang paling dinanti adalah perhelatan MotoGP Mandalika pada 2022 mendatang. Rifat mengungkapkan, banyaknya ajang otomotif di Indonesia, baik itu skala lokal maupun internasional, merupakan salah satu cara untuk menggerakkan industri nasional. Selain MotoGP Mandalika, sudah ada sejumlah ajang otomotif lain yang rencananya akan dihelat di Indonesia.

"Seperti kita tahu, tahun depan Indonesia akan menggelar MotoGP Mandalika. Tapi, itu masih Maret 2022, sementara untuk November direncanakan sudah ada World Superbike. Selain itu, kami juga gelar kejuaraan dunia Motocross dan Insya Allah ada Asia Pacific Rally Championship," kata Rifat di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: MotoGP Indonesia di Mandalika Resmi Digelar 2022

1. Dunia otomotif bisa menjadi salah satu aset negara

MotoGP Mandalika Gerbang Percepatan Industri Balap IndonesiaIkatan Motor Indonesia (instagram.com/imi_id)

Selain itu, Rifat juga memaparkan banyaknya kegiatan otomotif di Indonesia bisa menjadi peluang di masa mendatang. Menurut dia, hal itu justru bisa menjadikan dunia otomotif sebagai salah satu aset negara.

"Jadi, sebetulnya banyak kegiatan otomotif di Indonesia. Bisa menjadi satu aset negara karena dituntut berprestasi melalui berbagai event yang ada," jelas Rifat.

2. Bamsoet minta dukungan pembinaan atlet dan pembangunan sirkuit balap

MotoGP Mandalika Gerbang Percepatan Industri Balap IndonesiaIkatan Motor Indonesia (instagram.com/imi_id)

Lebih lanjut, Ketua IMI, Bambang Soesatyo, juga meminta dukungan untuk pembinaan atlet. Termasuk dalam hal pembangunan sirkuit balap di beberapa lokasi.

Memang, di sejumlah kawasan, ada rencana untuk membangun sirkuit baru. Kehadiran sirkuit-sirkuit ini pastinya bakal menunjang proses pembinaan dalam bidang otomotif.

"Dari IMI, kami sudah datang ke Bali untuk coba membuat sirkuit gokart baru di daerah Pecatu. Kemudian, di Pantai Indah Kapuk juga sedang direncanakan untuk melakukan pembangunan sirkuit untuk drag race. Kemarin, di Tanjung Lesung, kami baru mengadakan event sprint rally itu untuk fokusnya trek tanah, dan bekerja sama dengan elemen lain supaya roda ekonominya bisa berjalan dengan baik," jelas Rifat.

3. IMI bertemu Presiden Jokowi di Istana hari ini

MotoGP Mandalika Gerbang Percepatan Industri Balap IndonesiaIkatan Motor Indonesia (instagram.com/imi_id)

Siang tadi, para pengurus IMI bertemu dengan Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat. Rifat mengatakan pertemuan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kepengurusan baru yang diketuai oleh Bambang Soesatyo kepada Jokowi.

Selain memperkenalkan kepengurusan baru, IMI juga menjelaskan sejumlah program kepada Jokowi. Setidaknya, ada 1.400 program yang digaungkan IMI sepanjang 2021. Salah satu programnya berkaitan dengan keselamatan berkendara dan akan menggandeng Korlantas Polri serta Dinas Perhubungan.

Baca Juga: Proyek JKK MotoGP Mandalika Lombok Diterjang Banjir 

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya