Comscore Tracker

6 Pemanjat Indonesia Tembus Semifinal Lead IFSC World Cup 2022

Hanya enam dari 20 wakil di nomor lead

Jakarta, IDN Times - Indonesia meloloskan enam pemanjat ke semifinal nomor lead IFSC World Cup 2022 yang digelar di kawasan SCBD, Jakata, Minggu (25/9/2022). Catatan mereka masuk dalam 26 besar dan akan bersaing lagi demi menembus fase final yang hanya melibatkan delapan pemanjat. 

Sebanyak empat pemanjat putra dan dua putri, sukses ke semifinal setelah melewati fase kualifikasi. Meski harus susah payah, setidaknya mereka bisa membuka asa buat menciptakan kejutan di nomor lead.

Baca Juga: Comeback, Aspar Jaelolo Jadi Juara IFSC World Cup Jakarta

1. Bukan tak mungkin mengejutkan

6 Pemanjat Indonesia Tembus Semifinal Lead IFSC World Cup 2022Kualifikasi nomor lead IFSC World Cup 2022, Minggu (25/9/2022). (IDN Times/Tino).

Empat pemanjat putra Indonesia yang ke semifinal di nomor lead adalah Ravianto Ramadhan, Raviandi Ramadhan, Musauwir, dan Muhammad Rizky Syahrafli Simatupang. Mereka lolos usai menempati urutan 14, 15, 23, dan 25 di kualifikasi.

Nomor lead di kategori putra dikuasai Jepang, dengan Satone Yoshida dan Yoshiyuki Ogata menempati posisi pertama dan kedua.

Sementara, di kategori putri, Indonesia mengirimkan Fujiyanti Widia, dan Sukma Lintang Chayani. Mereka lolos setelah menempati urutan 23 dan 25.

Lead putri dikuasai oleh Janja Garnbret (Slovenia) dan Seo Chae Hyun (Korea Selatan). Mereka sama-sama mampu memanjat hingga puncak di dua rute.

2. Persaingan nomor lead begitu ketat

6 Pemanjat Indonesia Tembus Semifinal Lead IFSC World Cup 2022Kualifikasi nomor lead IFSC World Cup 2022, Minggu (25/9/2022). (IDN Times/Tino).

Pelatih lead Indonesia, Triyanto Budi Santoso, mengaku persaingan di kategori putri begitu sengit. Sebab, mereka bersaing dengan pemanjat teratas dunia, seperti Janja dan Chae Hyun.

Namun, Triyanto meminta kepada anak-anak asuhnya untuk tidak silau dengan prestasi keduanya. Fujiyanti dan Lintang dituntut untuk tampil lepas dan percaya diri agar bisa menciptakan kejutan.

"Persaingan di kategori putri memang ketat. Peringkat atas dunia, turun semua. Semoga saja, anak-anak bisa menampilkan performa yang bagus, sehingga kami bisa mendapat evaluasi agar bisa tampil lebih baik di event selanjutnya," kata Triyanto kepada awak media, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: Veddriq Leonardo Jadi yang Terbaik di Kualifikasi IFSC World Cup

3. Indonesia memang masih banyak PR di nomor lead

6 Pemanjat Indonesia Tembus Semifinal Lead IFSC World Cup 2022Pemanjat asal Slovenia, Janja Garnbret di kualifikasi nomor lead IFSC World Cup 2022, Minggu (25/9/2022). (IDN Times/Tino).

Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, mengakui kalau kualitas atlet Indonesia di nomor lead masih tertinggal. Namun, Yenny yakin Indonesia bisa mengejarnya. Modalnya cukup bagus, karena saat ini Indonesia ada di peringkat 27 dunia dalam kategori lead.

"Kami memang masih agak jauh. Tapi, target kami, terutama untuk lead, di Olimpiade LA 2028," ujar Yenny saat ditemui usai pembukaan Piala Dunia Panjat Tebing 2022, Sabtu (24/9/2022).

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya