Comscore Tracker

ANOC World Beach Games Jadi Multievent Terbesar di Indonesia

Dimeriahkan lebih dari 100 negara

Jakarta, IDN Times - ANOC World Beach Games 2023 bakal digelar di Bali, 5 sampai 12 Agustus 2023 mendatang. Ajang ini bisa menjadi multievent terbesar yang pernah digelar di Indonesia.

Nantinya, ANOC World Beach Games akan dimeriahkan 1.554 atlet dengan lebih dari 100 negara yang berpartisipasi. Jumlah itu lebih banyak ketimbang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, yang hanya diikuti 46 negara.

Pun, menurut Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, hanya atlet berkualitas yang akan mentas di ajang tersebut. Sebab, mereka harus melalui fase kualifikasi terlebih dahulu.

"Kami bisa menunjukkan kepada dunia, apalagi akan datang 1.554 atlet dari lebih 100 negara. Ini jauh lebih banyak dibanding edisi pertama (Qatar 2019). Semua yang tampil harus lolos kualifikasi, artinya hanya atlet terbaik yang tampil di sini," kata Okto dalam konferensi pers virtual, Minggu (25/9/2022).

1. Usung konsep ramah lingkungan

ANOC World Beach Games Jadi Multievent Terbesar di IndonesiaPantai Uluwatu, Bali (IDN Times/Lia Hutasoit)

Konsep ANOC World Beach Games juga terbilang menarik. Richard Sam Bera, selaku Games Opration Coordination, memastikan ajang tersebut bebas dari plastik alias ramah lingkungan.

"Gelaran ANOC World Beach Games nanti akan menggunakan konsep nol plastik. Tidak ada plastik yang dibawa ke area pertandingan. Para peserta maupun penonton bisa membawa tumbler dan dapat mengisi di stasiun pengisian air minum yang kami sediakan," kata Richard.

Selain itu, pihak penyelenggara menyiasati penginapan atlet bakal berdekatan dengan venue pertandingan. Ini demi mengurangi polusi asap kendaraan bermotor.

"Tempat-tempat pertandingan tentu saja akan dibuat memenuhi standar internasional," ujar mantan perenang Indonesia tersebut.

Baca Juga: Termasuk AirBadminton, Ini 4 Cabor Baru untuk World Beach Games 2023

2. Kembali gairahkan pesta olahraga air dan pantai di Indonesia

ANOC World Beach Games Jadi Multievent Terbesar di IndonesiaIlustrasi Tim voli pantai (IDN Times/Vanny El Rahman)

Okto menyatakan Indonesia memiliki kesan yang bagus sebagai pelopor multievent olahraga air dan pantai. Dia berharap World Beach Games menjadi obat rindu pecinta olahraga di Tanah Air.

"Indonesia memiliki catatan sebagai pelopor multi-event olahraga air dan pantai. Di Bali, embrio multievent olahraga air dan pantai lahir, tepatnya ketika Indonesia menjadi tuan rumah 1st Asian Beach Games 2008," kata Okto.

Baca Juga: KOI Tuntut Sinkronisasi SEA Games 2023 dengan Olimpiade

3. Yakin ANOC World Beach Games berjalan sukses

ANOC World Beach Games Jadi Multievent Terbesar di IndonesiaANOC World Beach Games 2019. (anocolympic.org).

Karena catatan tersebut, ANOC World Beach Games tahun depan diyakini bakal berjalan sukses. Ajang ini diharapkan membuat harum Indonesia di mata dunia.

"World Beach Games ini digelar di lokasi terbaik, Bali. Banyak negara dari seluruh dunia yang akan ikut. Setelah pertandingan, Bali akan memiliki warisan. Saya yakin ini akan sukses. Terima kasih kepada KOI untuk venue yang sangat bagus ini," kata Haidar Farman, perwakilan ANOC.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya