Didukung PB ISSI, Velocity Criterium Bakal Digelar

Velocity Criterium berharap bisa kembangkan olahraga sepeda

Jakarta, IDN Times - Komunitas pecinta olahraga sepeda diprediksi akan sangat senang. Sebab, akan ada balapan sepeda yang bertajuk sport tourism yang akan segera digelar, yakni Velocity Criterium.

Event itu diselenggarakan oleh Velocity, yang merupakan media digital dengan fokus pada aktivitas olahraga sepeda. Ajang ini akan dimulai 26 Juni mendatang, di Meikarta Central Park, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

1. Didukung penuh PB ISSI

Didukung PB ISSI, Velocity Criterium Bakal DigelarKonferensi Pers Velocity Criterium, di Senayan Park, Kamis (16/6/2022). (IDN Times/Tino)

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), mendukung penuh acara ini. Sebab, acara ini bisa menjadi pelopor peningkatan komunitas olahraga sepeda di tanah air.

Dengan dukungan ini, Velocity Criterum menjadi bagian dari agenda resmi PB ISSI itu sendiri. Ke depannya, federasi juga menanti ekspektasi yang lebih besar dari ajang tersebut.

"Kami mendukung penuh inisiatif ini untuk kemajuan olahraga sepeda di Indonesia," kata Wasekjen PB ISSI, Sondi Sampurno dalam konferensi pers di Senayan Park, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Sepeda Gravel dengan Road Bike

2. Bisa memantau talenta-talenta baru untuk PB ISSI

Didukung PB ISSI, Velocity Criterium Bakal DigelarAtlet balap sepeda Indonesia, Ayustina Delia Priatna (Instagram.com/ayustinadelia)

PB ISSI juga memiliki keuntungan. Velocity Criterum dinilai menjadi wadah untuk memantau talenta atlet sepeda yang potensial. Sebab, selama ini, PB ISSI kesulitan untuk membidik calon atlet berprestasi.

"Dari sini, kami harap bisa muncul talenta-talenta baru, menumbuhkan minat-minat baru. Kita bisa lebih dikenal lagi di dunia jika berprestasi lewat olahraga sepeda," kata dia.

3. Diharapkan jadi ajang promosi potensi pariwisata Indoensia

Didukung PB ISSI, Velocity Criterium Bakal DigelarGFNY menjadi salah satu event sport tourism yang bisa menyedot wisatawan ke Danau Toba (IDN Times/Prayugo Utomo)

Bertajuk sport tourism, Velocity Criterum juga dirancang untuk menggelar event di 10 kota ke depannya. Enam di antaranya sudah diketahui, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Flores.

Agenda ini juga didukung penuh oleh Kemenpora. Sebab, rancangan itu sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, yang mendorong sport tourism untuk mendorong dan memajukan produk lokal.

Hal itu diungkapkan oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti yang turut hadir dalam konferensi pers. Dia dan Menpora Zainudin Amali juga disinyalir hadir pada 26 Mei mendatang.

"Olahraga sepeda kemarin menyumbang emas di SEA Games, Asian Games juga waktu itu. Kita harus kembangkan dan bersentuhan dengan sport tourism. Saya harapkan dari velocity bisa memanfaatkan ini dan mendorong produk lokal sesuai arahan Presiden," kata Chandra.

Baca Juga: 8 Event Sport Tourism di Jawa Tengah, Ajang Piknik Sambil Olahraga

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya