Dongkrak Skill Individu, Timnas Basket Indonesia Bakal TC ke Amerika

Timnas Basket Indonesia asah talente muda

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia bakal melakoni pemusatan latihan (TC) ke Las Vegas, Amerika Serikat, pada bulan depan. Kiat ini dilakukan demi mendongkrak kualitas individu Indonesia Patriots.

Tapi, Perbasi tidak memberangkatkan banyak pemain. Dari 20 pemain yang tergabung dalam TC bulan ini, hanya 15 nama yang bakal berlatih di Negeri Paman Sam selama dua bulan.

"Minggu pertama bulan depan (Oktober), kamp pelatihan akan diselenggarakan di Las Vegas," kata pelatih Milos Pejic selepas latihan di GBK Arena, Rabu (21/9/2022).

1. Untuk mengasah talenta muda

Dongkrak Skill Individu, Timnas Basket Indonesia Bakal TC ke AmerikaPelatih Timnas Basket Indonesia, Milos Pejic selepas sesi latihan, Rabu (21/9/2022). (IDN Times/Tino).

Nantinya, kualitas individu para penggawa Indonesia Patriots bakal diasah di Impact Basketball. Kamp itu sendiri sudah banyak melatih pemain NBA seperti Kayle Lowry, Kevin Garnett, Chauncey Billups.

Sebanyak 15 pemain yang bakal diberangkatkan akan diseleksi terlebih dulu oleh Milos. Incarannya, yakni para pemain muda untuk senjata Timnas Basket di masa depan.

"TC ini untuk meningkatkan kualitas mereka. Ini adalah grup yang kami harapkan di masa depan, untuk mengisi roster timnas. Ini adalah kelompok usia di bawah 22 tahun," ujar Milos.

Baca Juga: Siapa Penemu Bola Basket? Ini Profil Lengkap dan Sejarahnya

2. Sebagai persiapan SEA Games 2023

Dongkrak Skill Individu, Timnas Basket Indonesia Bakal TC ke AmerikaTimnas basket Indonesia merayakan keberhasilan raih emas di SEA Games 2021 / Dokumentasi Komite Olimpiade Indonesia

Pun, kiat ini juga bertujuan untuk mematangkan tim menjelang SEA Games 2023 di Kamboja mendatang. Sebab, mereka yang bertolak ke Amerika berkesempatan tampil pada ajang tersebut.

"Mungkin beberapa dari mereka akan bermain di SEA Games Kamboja, mungkin. Kami akan mencoba mencari pemain baru untuk masa depan," kata Milos.

Baca Juga: Cara Melakukan Bounce Pass dalam Basket, Pahami Tekniknya!

3. Pemain senior bakal menyusul

Dongkrak Skill Individu, Timnas Basket Indonesia Bakal TC ke AmerikaMarques Bolden di FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Sementara itu, pemain senior serta naturalisasi yang acap menjadi andalan Indonesia Patriots juga bakal dilibatkan dalam TC. Jika sesuai rencana, Arki Wisnu dan kolega bakal menyusul pada November 2022.

"Pemain senior akan join di November. Kami juga ada empat pemain yang sekarang bermain di luar negeri, Brandon Jawato, Marques Bolden, Derrick Michael, dan Agassi Goantara. Jadi nama-nama itu tidak kami lupakan," kata manajer timnas basket, Jeremy Imanuel Santoso.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya