Usai Piala Dunia, Panjat Tebing Indonesia Bidik Tembus Olimpiade 2024

Incar jadi tuan rumah di kualifikasi Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Panjat Tebing Indonesia memiliki target besar di ajang internasional. Selain menargetkan medali emas di IFSC World Cup 2022 atau Piala Dunia Panjat Tebing 2022, mereka ingin menembus Olimpiade Paris 2024.

Sebagaimana diketahui, Indonesia bakal bertanding di IFSC World Cup 2022. Tampil sebagai tuan rumah, rangkaian ini akan dilaksanakan di kawasan SCBD, Jakarta pada 24-26 September 2022.

"Panjat Tebing ini masuk cabang olahraga andalan DBON. Kami sudah targetkan dan sampaikan, kita harus masuk di Olimpiade Paris 2024," kata Menpora RI, Zainudin Amali, di Kantor Kemenpora RI, Rabu (14/9/2022).

1. Bidik target jadi tuan rumah kualifikasi Olimpiade 2024

Usai Piala Dunia, Panjat Tebing Indonesia Bidik Tembus Olimpiade 2024Rapat persiapan IFSC World Cup 2022, Rabu (14/9/2022). (IDN Times/Tino).

Sebelum berjuang ke Olimpiade, Panjat Tebing Indonesia akan berjuang keras di IFSC World Cup. Bukan hanya soal prestasi, tapi kesuksesan dalam menggelar event sebagai tuan rumah juga jadi target.

Sebab, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) sedang membidik misi menjadi host di Kualifikasi Olimpiade tahun depan. Makanya, demi mencuri hati IFSC, selaku federasi panjat tebing dunia, Piala Dunia di Jakarta harus terlaksana dengan baik.

"Kesuksesan acara ini akan menentukan kepercayaan dari federasi internasional agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah di acara-acara ke depan. Nah, tahun depan ada kualifikasi Olimpiade. Kami akan kembali mencalonkan diri sebagai tuan rumah," kata Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid.

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Indonesia Pecahkan Rekor Dunia di IFSC World Cup

2. Demi memuluskan jalan ke Olimpiade Paris

Usai Piala Dunia, Panjat Tebing Indonesia Bidik Tembus Olimpiade 2024Cabang olahraga panjat tebing PON XX Papua 2021 (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Menurut Amali, akan sangat menguntungkan jika Indonesia menjadi tuan rumah di kualifikasi Olimpiade. Hanya saja, bidding tersebut tidak akan berjalan mulus lantaran Korea Selatan muncul sebagai pesaing.

"Mudah-mudahan kita bisa menjadi tuan rumah di kualifikasi, sehingga memudahkan kita untuk mendorong persiapan atlet-atlet yang dimiliki FPTI," kata Amali.

3. Optimisme FTPI soal kans lolos ke Olimpiade Paris 2024

Usai Piala Dunia, Panjat Tebing Indonesia Bidik Tembus Olimpiade 2024Atlit panjat tebing Indonesia Katibin Kiromal (kiri ) dan rekannya Veddriq Leonardo (kanan). (ANTARA FOTO/ Reuters-Jeffrey Swinger-USA TODAY Sports/hp.)

Pun, jika tidak menjadi tuan rumah, FPTI optimistis Panjat Tebing Indonesia bisa berkiprah di Olimpiade Paris 2024. Yenny menilai, atlet Panjat Tebing Indonesia memiliki kualitas jempolan.

Namun, sebelum menatap kualifikasi Olimpiade, FPTI menegaskan fokus atlet meraih prestasi di Piala Dunia. Mereka bertekad memecahkan rekor dunia, dan mendulang medali.

"Jiwa kompetitif semakin terbentuk. Mental atlet kita sudah sangat kuat, prestasinya juga sangat konstan. Target kita kalau tidak memecahkan rekor dunia lagi, ya meraih medali. Putra emas, dan putri tiga besar," ujar Yenny.

Baca Juga: Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing, Indonesia Targetkan Medali Emas 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya