5 Legenda NBA dengan Signature Move Paling Ikonik!

Bikin mereka stand-out selama berkarier di NBA

Penggemar basket tentunya akan lebih mudah mengingat pemain NBA favorit mereka ketika sang pemain menunjukkan impresi yang memukau. Impresi tersebut bisa berasal dari performa ciamik yang membantu tim meraih kemenangan, torehan statistik di atas rata-rata yang sukar disamai oleh pemain lain, hingga teknik gerakan ikonik yang diasah khusus sebagai signature moves.

Khusus yang terakhir, sederet legenda NBA sukses mempatri citra di benak penggemar lewat gaya signature moves yang tak biasa dan sukar diimatisi. Saking ikoniknya, tak jarang pegiat basket meneriakkan nama sang pemain saat mencoba mengimitasi signature moves tersebut di atas lapangan.

Lantas, siapa saja legenda NBA yang dimaksud? Langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Jason Williams (elbow pass)

https://www.youtube.com/embed/kHsd2OPIADo

Jason Williams merupakan mantan pemain NBA yang namanya sangat identik dengan tim Sacramento Kings. Gaya permainan Williams saat di lapangan layaknya pemain streetball, dimana ia sering menampilkan permainan yang sangat menghibur sebagai seorang point guard. Pemain berjuluk White Chocolate ini pun mempunyai signature move dengan nama elbow pass.

Gerakan elbow pass pertama kali ia tampilkan saat musim rookie di NBA. Gerakan ini sendiri adalah cara mengumpan kepada rekan satu tim menggunakan siku yang "tersembunyi" di balik punggung. Berkat aksi mengesankan tersebut, banyak penggemar basket yang masih mengingat namanya meski ia telah lama pensiun dari dunia basket profesional.

2. Manu Ginobili (eurostep)

https://www.youtube.com/embed/qAguwobJJfs

Berbicara tentang San Antonio Spurs, tentu tidak bisa terlepas begitu saja dari topik seputar Manu Ginobili. Pemain asal Argentina ini berhasil meraih ring bersama Spurs sebanyak empat kali selama berkarier di NBA.

Bermain selama 16 tahun di NBA adalah bukti konsistensi dari pemain jenius satu ini. Selain dikenal karena kehebatannya, ia juga dikenal karena memiliki signature move bernama eurostep yang melegenda.

Eurostep merupakan gerakan melangkah maju, kemudian membuat langkah kedua secara cepat dengan arah yang berbeda, lantas diakhiri dengan layup, dunk, atau assist. Sangking ikoniknya, eurostep sangat melekat dengan Ginobili meski ia bukan pemain yang pertama kali melakukannya.

3. Kareem Abdul-Jabbar (skyhook)

https://www.youtube.com/embed/OTL8dW6PqPE

Kareem Abdul-Jabbar merupakan salah satu center terbaik yang pernah bermain di NBA. Ia pernah bermain untuk tim Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers semasa berkarier sekaligus sukses menjadi juara sebanyak enam kali.

Bersama Lakers, ia menjadi juara NBA sebanyak lima kali. Di masa-masa itulah ia mulai mempopulerkan signature move yang populer dengan sebutan skyhook.

Skyhook adalah gerakan jump shot yang menggunakan satu tangan. Kareem pertama kali menunjukkan gerakan tersebut di tahun 1979 kala bertandem dengan legenda Lakers lainnya, Magic Johnson, yang kala itu berstatus rookie NBA.

4. Dirk Nowitzki (one-legged fadeaway)

https://www.youtube.com/embed/5XrbKIdbf0o

Dirk Nowitzki adalah legenda NBA yang berasal dari Jerman. Pemain yang terbiasa memainkan peran sebagai power forward ini hanya membela Dallas Maverick selama berkarier di NBA.

Lebih dari signature move, Nowitzki punya satu ciri khas khusus ketika bermain yang sepenuhnya merepresentasikan bagaimana ia sanggup mendominasi NBA di masa jayanya. Gerakan itu populer disebut one-legged fadeaway

Gerakan one-legged fadeaway merupakan cara menembak dua atau tiga poin menggunakan tumpuan hanya pada satu kaki. Bikin lebih sulit untuk diantisipasi, Nowitzki melakukan jump shot spesial ini sambil mencodongkan badannya ke belakang. Tentu pemain bertahan harus meloncat lebih ekstra jika ingin mem-block pemain yang melakukan one-legged fadeway ini. Di era baru NBA yang banyak mengandalkan kemampuan tembakan jarak jauh ini, one-legged fadeway ala Nowitzki pun menginspirasi sederet pemain untuk ikut menguasai teknik tersebut. 

5. Jamal Crawford (shake and bake)

https://www.youtube.com/embed/7vxCWBL-eRU

Jamal Crawford merupakan mantan pemain NBA yang dikenal sebagai pemain cadangan terbaik di NBA karena berhasil menjadi Sixth Man of the Year sebanyak tiga kali. Crawford biasa bermain sebagai point guard dan mempunyai gaya bermain yang begitu atraktif.

Miliki kemampuan dribbling bak freestyler, Crawford punya signature move yang populer disebut dengan shake and bake. Bahkan, atas gerakan tersebut, Crawford juga punya julukan JCrossover saat masih aktif di NBA.

Shake and bake adalah gerakan tipuan yang ampuh bikin lawan terkena ankle breaker. Crawford memadukan aksi crossover dengan langkah yang sangat gesit sehingga sangat sulit bagi lawan untuk mengantisipasi kemana arah dan tujuan Crawford sesungguhnya saat ia tengah menguasai bola. Ternyata, Jamal Crawford sudah menguasai teknik ini sejak ia masih duduk di bangku SMA, lho!

Gerakan-gerakan para legenda NBA di atas sudah mereka pelajari dan latih sejak belia hingga bisa menjadi gerakan mematikan kala mereka terjun di panggung NBA. Dari kelima signature move milik legenda NBA tersebut, manakah yang menurut kamu paling menarik dan ingin kamu coba?

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya